kuliner khas blitar.webp

8 Rekomendasi Kuliner Khas Blitar, Wajib Coba Saat Wisata!

Diterbitkan22 Apr 2024

Bagi Anda yang akan mengunjungi Blitar, persiapkan diri Anda untuk menjelajahi dunia kuliner yang kaya akan cita rasa dan keunikan. Terletak di Jawa Timur, kota ini tidak hanya menawarkan keindahan alam dan sejarah yang memesona, tetapi juga mempersembahkan ragam kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan. Kuliner khas Blitar memiliki rasa yang autentik dan memikat, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner Jawa Timur.


Artikel ini akan membahas delapan kuliner khas Blitar yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini. Setiap hidangan akan diulas dengan detail mengenai asal-usul, bahan-bahan utama, serta cara penyajian yang membuatnya begitu istimewa. Jadi, jika AutoFamily ingin tahu apa saja rekomendasi kuliner dari kota ini, simak langsung penjelasannya berikut ini!


8 Kuliner Khas Blitar yang Harus Anda Coba 

Blitar tidak hanya menawarkan pesona alam dan sejarahnya yang memesona, tetapi juga memanjakan Anda dengan aneka ragam kuliner. Berikut adalah kuliner khas Blitar yang wajib AutoFamily coba saat berkunjung ke kota ini:


1. Pecel Punten

Pecel punten merupakan salah satu hidangan yang sangat unik dan menarik perhatian di Blitar. Berbeda dengan pecel pada umumnya, pecel punten memiliki ciri khas yang mencolok, yaitu penggunaan punten sebagai pengganti nasi. Punten sendiri merupakan varian dari beras yang melalui proses pengolahan khusus sebelum disajikan. 


Proses ini melibatkan pemasakan beras dengan santan dan garam, kemudian dihaluskan menjadi tekstur yang lembut dan kaya akan cita rasa. Keunikan dari punten tidak hanya terletak pada proses pembuatannya, tetapi juga pada rasanya yang khas dan teksturnya yang lembut, menjadikannya sebagai pendamping sempurna untuk hidangan pecel yang kaya akan rempah-rempah dan bumbu kacang.


MAU TAHU PROMO TOYOTA TERBARU? KUNJUNGI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG!

2. Wajik Kletik

Wajik kletik adalah salah satu kue khas yang sangat terkenal di Blitar. Menggunakan bahan utama yang sama dengan wajik ketan, yaitu beras ketan, wajik kletik memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya unik. Salah satu perbedaan utama antara wajik kletik dengan wajik ketan adalah cara penyajiannya. 


Wajik kletik dibungkus kecil menggunakan kulit jagung atau klobot, memberikan tampilan yang menarik dan unik pada kue ini. Proses pembungkusannya memperkaya tekstur dan aroma khas kue ini, memberikan pengalaman rasa yang berbeda dari wajik ketan pada umumnya. Memiliki rasa yang gurih dan manis, serta tekstur yang kenyal dan lembut membuat makanan khas ini sangat dicari dan dinikmati oleh pengunjung Blitar.


3. Nasi Ampok

Nasi ampok, merupakan salah satu kuliner khas yang sangat populer di Kota Blitar. Berbeda dengan nasi biasa, nasi ampok merupakan nasi jagung yang menjadi makanan pokok pengganti beras di daerah tersebut. Anda bisa dengan mudah menemukan hidangan khas ini di sekitar alun-alun Kota Blitar.


Biasanya, makanan khas ini disajikan dengan tambahan sambal tomat, sayur rebus, dan ikan asin, memberikan kombinasi rasa yang lezat. Nasi ini dijual dengan harga yang terjangkau sehingga menjadi pilihan ideal bagi wisatawan yang ingin menjelajahi kelezatan kuliner lokal Blitar tanpa perlu menguras kantong. Proses pembuatannya pun sederhana, dengan jagung yang dihaluskan dan dikukus menjadi nasi, menjadikan nasi ampok sebagai pilihan yang praktis dan lezat untuk dinikmati.


4. Es Pleret

Es pleret merupakan salah satu minuman khas yang sangat disukai di Kota Blitar. Terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan es, minuman ini memiliki tampilan yang menarik dengan bentuk bola-bola yang biasanya diberi pewarna untuk memberikan sentuhan visual yang lebih menarik. 


Rasa es pleret semakin nikmat dengan tambahan santan yang memberikan kelezatan yang khas. Minuman ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai pelepas dahaga di tengah teriknya cuaca di siang hari. Selain itu, es pleret juga semakin populer dengan tambahan isian buah dan bahan lainnya, menambah variasi dan cita rasa yang lebih menarik. 


5. Soto Daging Blitar

Soto daging Blitar merupakan hidangan yang menggugah selera dan mengandung banyak tradisi dalam penyajiannya. Salah satu hal yang membuatnya begitu istimewa adalah warna kehitaman pada kuahnya yang khas. Warna ini berasal dari penggunaan kelapa parut yang dipanggang hingga kecoklatan sebelum ditambahkan ke dalam kuah.


Hidangan ini terdiri dari kuah kaldu yang kaya rasa, daging sapi yang empuk, dan berbagai bahan pelengkap seperti irisan telur rebus, taoge, daun seledri, dan bawang goreng. Kelezatan Soto Daging Blitar tak hanya terletak pada citarasa kuahnya yang gurih dan daging sapi yang lembut, tetapi juga pada bumbu rempah yang khas dan aroma harum.


6. Ikan Uceng Goreng

Ikan uceng goreng adalah salah satu kuliner khas yang patut dicicipi saat berkunjung ke Blitar. Hidangan ini terdiri dari ikan uceng yang dibersihkan dan kemudian digoreng hingga kecokelatan. Ikan uceng, yang merupakan jenis ikan air tawar lokal yang khas di daerah Blitar, memiliki daging yang lembut dan cita rasa yang unik. 


Meskipun ukurannya kecil, uceng memiliki potensi besar untuk diolah menjadi berbagai kudapan yang lezat. Salah satunya dengan mengolah menjadi hidangan goreng yang gurih, atau dengan memasaknya dalam bentuk botok, di mana uceng dibungkus dengan daun pisang dan bumbu rempah, kemudian dikukus untuk mendapatkan cita rasa yang khas. Selain itu, uceng juga dapat dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan sayur, menambahkan kelezatan dan keunikan pada hidangan tersebut.


7. Tahu Bumbu Lawu

Tahu bumbu lawu adalah salah satu hidangan sederhana namun menggugah selera yang dapat Anda temui di Blitar. Hidangan ini terdiri dari tahu yang digoreng setengah matang, kemudian disajikan dengan bumbu kecap dan sedikit petis untuk memberikan rasa gurih dan manis yang khas.


Selain itu, tahu bumbu lawu juga disajikan dengan tambahan taoge, kucai, serta taburan brambang goreng dan kacang, yang menambahkan tekstur dan cita rasa yang lebih beragam dan nikmat. Kombinasi antara tahu yang lembut dengan kecap yang manis, petis yang sedikit pedas, dan tambahan bahan-bahan pelengkap tersebut menciptakan harmoni rasa yang menggoda selera.


JADWALKAN TEST DRIVE MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA DENGAN MUDAH HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 


8. Susu Jahe Blitar

Susu jahe adalah minuman hangat yang sangat populer di daerah tersebut, terutama di musim hujan atau saat cuaca dingin. Minuman ini terbuat dari susu segar yang dicampur dengan jahe segar yang telah diparut dan direbus bersama dengan gula merah sehingga menghasilkan rasa manis dan hangat yang menyegarkan.


Selain itu, susu jahe Blitar juga dikenal karena khasiatnya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit flu atau pilek. Rasa jahe yang pedas memberikan efek menyehatkan dan menyegarkan, sementara susu memberikan kelembutan dan kelezatan yang membuat minuman ini menjadi favorit banyak orang.


Dari delapan rekomendasi di atas, dapat disimpulkan bahwa Blitar memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam dan menarik untuk dicoba.  Melalui mencoba berbagai hidangan khas Blitar, Anda dapat merasakan kekayaan budaya dan tradisi kuliner yang terjaga dengan baik di kota ini. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi dan menikmati ragam kuliner khas Blitar saat berkunjung ke kota ini untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Jika AutoFamily memiliki keluarga besar, pastikan perjalanan bersama semakin nyaman dan menyenangkan dengan mobil yang sesuai untuk kebutuhan. Temukan solusi ideal untuk keluarga di Auto2000 Digiroom, di mana Anda dapat menemukan berbagai pilihan jenis mobil Toyota untuk keluarga besar. Dari MPV yang luas dengan kapasitas penumpang yang besar hingga SUV yang tangguh dan nyaman, Toyota memiliki beragam opsi untuk memenuhi kebutuhan perjalanan Anda. 


Jadi, jangan biarkan ukuran keluarga menjadi hambatan untuk liburan yang menyenangkan. Segera kunjungi Auto2000 Digiroom dan temukan mobil Toyota yang sempurna untuk petualangan Anda bersama keluarga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya sebagai ilustrasi.



digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.