kuliner khas bandung.webp

14 Rekomendasi Kuliner Khas Bandung, Wajib DIcoba Saat Wisata!

Diterbitkan23 Apr 2024

Kota Bandung, sebuah tempat di mana setiap sudutnya memancarkan aroma dan cita rasa yang menggoda serta menawarkan ragam kuliner yang tak tertandingi. Dari sate asin hingga batagor, kuliner khas Bandung memikat dengan keanekaragaman cita rasa dan kelezatan yang menggoda. 


Setiap hidangan tidak hanya memenuhi aspek rasa, tetapi juga memperlihatkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner yang kental dalam setiap sajian. Melalui artikel ini, AutoFamily akan menjelajahi berbagai kuliner khas Bandung yang menggugah selera. Simak selengkapnya di bawah ini.


Ragam Kuliner Khas Bandung

Bandung sebagai kota yang kaya akan budaya menawarkan berbagai hidangan lezat yang menggugah selera. Dari hidangan yang berbahan dasar daging hingga makanan ringan yang cocok dinikmati di sore hari, berikut adalah beberapa kuliner khas Bandung yang patut Anda coba:


1. Sate Asin

Sate asin adalah hidangan khas Bandung yang terkenal dengan cita rasa gurih dan pedasnya yang unik. Biasanya, makanan yang satu ini terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dipotong kecil-kecil kemudian dicampur dengan sambal yang kaya akan rempah. 

Setelah itu, daging tersebut ditusuk dengan bambu dan dipanggang hingga matang sempurna. Sate asin biasanya disajikan dengan lontong atau nasi putih dan dilengkapi dengan irisan bawang goreng sebagai pelengkap.


2. Batagor

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng, hidangan yang terdiri dari bakso ikan yang dibalut dengan kulit tahu dan kemudian digoreng hingga kecokelatan. Batagor biasanya disajikan dengan kuah kacang yang kental dan dicampur dengan saus pedas serta kecap manis. Rasanya yang gurih dan kenyal membuat batagor menjadi favorit banyak orang, baik sebagai makanan ringan maupun sebagai menu utama.


3. Surabi

Jika berkunjung ke Bandung, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi surabi, jajanan tradisional khas Bandung yang terbuat dari campuran tepung beras, gula, dan santan. Adonan tersebut kemudian dipanggang menggunakan cetakan khusus hingga matang dan berwarna kecokelatan. 


Surabi biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat surabi menjadi camilan favorit bagi banyak orang, terutama saat cuaca sedang dingin.


4. Cireng

Mungkin, AutoFamily banyak melihat cireng di daerah sekitar,  tetapi Anda harus mencoba cireng asli Bandung saat berkunjung. Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng, makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu-bumbu rempah seperti bawang putih, ketumbar, dan garam. 


Adonan tersebut kemudian digulung dan dipotong kecil-kecil sebelum digoreng. Cireng biasanya disajikan dengan saus kacang pedas atau saus sambal sebagai pelengkap. Rasanya sendiri gurih dan renyah sehingga cocok menjadi camilan yang bisa dinikmati kapan saja.


5. Mie Kocok

Mie kocok adalah hidangan mie yang disajikan dengan kuah kaldu sapi yang kental dan dihiasi dengan irisan daging sapi, bakso, taoge, dan daun bawang. Kuah kaldu yang kaya akan rempah membuat mie kocok memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat.


Hidangan ini biasanya disajikan dengan tambahan bawang goreng, seledri, dan sambal sebagai pelengkap. Mie kocok menjadi salah satu hidangan favorit di Bandung, terutama di musim hujan atau saat cuaca sedang dingin.


6. Cuanki

Berbeda dengan bakso biasa, cuanki adalah hidangan sup yang terdiri dari berbagai jenis isian yaitu bakso, tahu, mie, dan sayuran yang direbus dalam kuah kaldu yang kaya akan rempah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan tambahan bawang goreng, seledri, dan sambal sebagai pelengkap. Cuanki memiliki cita rasa yang gurih dan pedas sehingga cocok dinikmati sebagai hidangan utama atau camilan di siang hari.


7. Lotek dan Karedok

Ingin mencoba makanan lokal yang lebih sehat? Tentu ada. Lotek dan karedok adalah hidangan salad yang terbuat dari campuran sayuran segar seperti kacang panjang, taoge, kol, dan mentimun yang direbus sebentar kemudian dicampur dengan saus kacang atau saus petis. 


Lotek biasanya disajikan dengan tambahan kerupuk sebagai pelengkap, sedangkan karedok disajikan dengan lontong atau nasi putih. Rasanya yang segar dan teksturnya yang renyah membuat lotek dan karedok menjadi hidangan favorit di Bandung, terutama di musim panas.


8. Seblak

Seblak adalah hidangan yang terbuat dari campuran kerupuk, mie, tahu, dan sayuran yang dimasak dengan bumbu rempah seperti cabai, bawang putih, dan garam. Hidangan ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih sehingga cocok dinikmati sebagai camilan di sore hari. Seblak biasanya disajikan dengan tambahan telur rebus dan bawang goreng sebagai pelengkap.


9. Bandros

Bandung juga memiliki kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan gula merah yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang hingga matang. Kue ini bernama bandros yang memiliki tekstur lembut dan aroma yang harum sehingga cocok dinikmati sebagai camilan di sore hari atau sebagai menu penutup setelah makan malam.


10. Peuyeum

Peuyeum merupakan makanan tradisional khas Bandung yang terbuat dari fermentasi tape singkong yang kemudian dikeringkan hingga menghasilkan tekstur kenyal dan rasa yang manis. Peuyeum biasanya disajikan sebagai camilan di sore hari atau sebagai tambahan pada hidangan lain seperti es campur atau es degan. Rasanya yang unik dan teksturnya yang kenyal membuat peuyeum menjadi camilan favorit bagi banyak orang di Bandung.


11. Brownies Kukus

Bukan sekadar brownies biasa, brownies kukus memiliki tekstur yang lembut dan aroma cokelat yang khas. Hal ini membuat makanan yang satu ini cocok dinikmati sebagai camilan di sore hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan malam. Brownies kukus biasanya disajikan dengan taburan keju parut, kacang almond atau meses sebagai tambahan rasa.


12. Tahu Susu

Tahu susu Bandung terbuat dari tahu segar yang digoreng hingga kecokelatan kemudian disajikan dengan tambahan saus susu dan sirup gula merah. Rasanya yang gurih dan manis membuat tahu susu menjadi camilan favorit bagi banyak wisatawan maupun warga lokal Bandung. 


Tak hanya dijual dalam bentuk matang, AutoFamily juga bisa membelinya tahu susu mentah sebagai oleh-oleh agar lebih tahan lama. Tahu susu biasanya dinikmati sebagai camilan di tengah hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan malam.


13. Cilung

Cilung adalah makanan ringan khas Bandung memiliki tekstur yang renyah dan rasanya yang gurih sehingga cocok dinikmati sebagai camilan di sore hari atau sebagai tambahan pada hidangan lain seperti bubur ayam atau soto. Cilung sendiri terbuat dari campuran tepung tapioka, bawang putih, dan garam yang kemudian digoreng. 


14. Lontong Kari

Rekomendasi kuliner khas Bandung terakhir adalah lontong kari atau lontong yang disajikan dengan kuah kari yang kental dan dihiasi dengan irisan telur rebus, taoge, dan daun bawang. Kuah kari yang kaya akan rempah membuat lontong kari memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan tambahan kerupuk sebagai pelengkap. Lontong kari menjadi salah satu hidangan favorit di Bandung, terutama di musim hujan atau saat cuaca sedang dingin.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


Pesona Kota Bandung

Selain memiliki ragam kuliner yang menggoda selera, Kota Bandung juga menawarkan pesona yang memikat bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa pesona Kota Bandung yang patut Anda nikmati:


1. Keindahan Alam

Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan yang indah dan udara yang sejuk, menjadikannya destinasi yang populer bagi para pecinta alam. Anda dapat menikmati keindahan alam di kawasan Dago Pakar, Tangkuban Perahu, atau Kawah Putih yang menakjubkan.


2. Keanekaragaman Budaya

Kota Bandung dikenal sebagai tempat yang kaya akan keanekaragaman budaya, terutama dalam hal seni dan musik. Jika AutoFamily ingin menikmati berbagai budaya ini, kunjungi berbagai galeri seni, teater, atau festival musik yang diadakan secara berkala di berbagai tempat di kota ini.


3. Pusat Belanja

Perlu diketahui pula bahwa beberapa tempat di Bandung dikenal sebagai surga belanja dengan berbagai pusat perbelanjaan yang menawarkan beragam produk lokal maupun internasional. Anda dapat mengunjungi Pasar Baru, pusat perbelanjaan yang tersedia di Cihampelas, atau Factory Outlet di Jalan Riau untuk berbelanja oleh-oleh atau barang-barang fashion dengan harga terjangkau.


4. Kuliner Kaki Lima

Selain kuliner khasnya, Bandung juga terkenal dengan kuliner kaki lima yang menggugah selera. Anda dapat menemukan berbagai macam makanan dan minuman lezat di sepanjang jalan-jalan di kota ini, seperti es cendol, bubur ayam, atau nasi goreng.


5. Wisata Sejarah

Kota Bandung memiliki sejarah yang kaya dan AutoFamily dapat menemukan berbagai situs bersejarah di sekitar kota ini, seperti Gedung Sate, Museum Geologi, atau Kota Mini. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Kota Bandung.


Jadi itu dia berbagai rekomendasi kuliner khas Bandung yang bisa Anda nikmati saat berkunjung. Dari kelezatan sate asin hingga kenikmatan tahu susu, ragam kuliner khas ini memang tak pernah kehabisan daya tarik. 


Kota ini bukan hanya menyuguhkan cita rasa yang memikat, tetapi juga memperlihatkan pesona yang memikat hati para pengunjung. Jadi, jangan ragu untuk menjadwalkan perjalanan Anda ke Kota Bandung dan nikmati kelezatan kuliner khasnya serta jelajahi berbagai tempat wisata yang menarik. 

Tertarik untuk mencoba road trip ke Bandung? Pastikan Anda menggunkan kendaraan yang nyaman dan andal. Dalam hal ini, Toyota Yaris dan Toyota Agya adalah pilihan rekomendasi mobil hatchback yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh maupun perjalanan dalam kota sehari-hari. 


Jangan lewatkan kesempatan untuk menemukan mobil impian Anda di dealer Auto2000 melalui Auto2000 Digiroom. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan booking service mudah di Auto2000 Digiroom untuk memastikan kendaraan Anda selalu dalam kondisi terbaik. Manfaatkan juga promo PILIH AUTO2000 untuk mendapat kesempatan undian hadiah 400 paket wisata ke berbagai destinasi mulai dari Labuan Bajo, Vietnam, Eropa, hingga Umroh.


Tunggu apalagi? Jadikan perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan dengan mobil Toyota yang nyaman sekarang juga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Gambar hanya sebagai ilustrasi.



digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.