kuliner khas balikpapan.webp

11 Wisata Kuliner Khas Balikpapan Wajib Dicoba!

Diterbitkan28 Mei 2024

Balikpapan, sebuah kota yang terletak di pesisir timur Kalimantan, tidak hanya dikenal sebagai pusat industri dan ekonomi, tetapi juga sebagai surga bagi para pecinta kuliner. Keberagaman budaya yang ada di Balikpapan menciptakan perpaduan cita rasa unik dalam setiap hidangannya. Dari makanan laut segar hingga kudapan tradisional yang menggugah selera, wisata kuliner khas Balikpapan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.


Menjelajahi kuliner khas Balikpapan adalah salah satu cara terbaik untuk memahami kekayaan budaya dan tradisi yang ada di sini. Dalam artikel ini, Auto2000 telah merangkum 10 wisata kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Balikpapan. Setiap hidangan yang dipilih tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki cerita dan sejarah tersendiri yang menambah daya tariknya. Jadi, siapkan diri Anda untuk menjelajahi kuliner yang dapat ditemukan di Balikpapan!


11 Rekomendasi Kuliner Khas Balikpapan

Balikpapan memiliki beragam kuliner khas yang wajib dicoba oleh siapa saja yang berkunjung. Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner yang tidak boleh dilewatkan:


1. Kepiting Kenari

Kepiting Kenari adalah salah satu hidangan laut yang paling populer di Balikpapan. Kepiting segar dimasak dengan berbagai bumbu khas yang memberikan rasa pedas, gurih, dan manis yang sempurna. Kepiting ini biasanya dimasak dengan saus khas Kenari yang menggunakan campuran cabai, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. Restoran Kenari di Balikpapan terkenal dengan hidangan ini, menawarkan kepiting segar dengan cita rasa yang otentik dan porsi yang memuaskan.


2. Nasi Bakar Seafood

Nasi Bakar Seafood merupakan hidangan khas yang menggugah selera dengan nasi yang dimasak bersama bumbu-bumbu spesial dan dibakar dalam daun pisang. Nasi ini biasanya berisi berbagai jenis seafood seperti udang, cumi, dan ikan yang telah dibumbui dan dimasak hingga meresap. Proses pembakaran dalam daun pisang memberikan aroma harum yang khas dan cita rasa yang lezat. Hidangan ini dapat ditemukan di banyak rumah makan seafood di Balikpapan.


TEMUKAN MOBIL BARU TERBAIK DARI TOYOTA YANG TERSEDIA DI AUTO2000 DIGIROOM!

3. Roti Mantau

Roti mantau adalah roti kukus yang empuk dan lembut, sering disajikan sebagai pelengkap hidangan seafood di Balikpapan. Roti ini biasanya dinikmati dengan saus atau dicelupkan ke dalam kuah kepiting dan hidangan laut lainnya. Roti mantau memiliki rasa yang sedikit manis dan tekstur yang kenyal, menjadikannya pasangan yang sempurna untuk makanan laut yang kaya akan bumbu.


4. Pisang Gapit

Pisang gapit adalah camilan tradisional yang terbuat dari pisang kepok yang dibakar dan disajikan dengan saus gula merah yang kental dan santan. Pisang yang digunakan biasanya sudah matang sempurna sehingga menghasilkan rasa manis alami yang berpadu harmonis dengan sausnya. Camilan ini sering dinikmati sebagai hidangan penutup atau kudapan sore hari dan dapat ditemukan di banyak gerai makanan kaki lima di Balikpapan.


Baca Juga: 7 REKOMENDASI OLEH-OLEH KHAS BALIKPAPAN, FAVORIT WISATAWAN!


5. Bingka Kentang

Bingka kentang adalah kue tradisional khas Balikpapan yang terbuat dari kentang, santan, telur, dan gula. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis dengan sedikit aroma santan yang harum. Bingka Kentang biasanya berbentuk bulat dan agak tebal, sering dijadikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Kue ini dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional dan toko kue di Balikpapan.


6. Bubur Gunting

Bubur gunting, sebuah kuliner olahan dari tepung ketan. Nama hidangan ini berasal dari proses pembuatannya yang unik, di mana adonan tepung ketan digunting-gunting sebelum dimasak bersama rebusan kuah santan dan gula merah. Hasil akhirnya adalah bubur yang memiliki tekstur kenyal dengan rasa manis dan gurih, menjadikannya pilihan yang sempurna sebagai sarapan atau camilan sore hari. 


7. Peyek Kepiting

Peyek kepiting adalah camilan renyah yang terbuat dari adonan tepung beras dan potongan kecil kepiting yang digoreng hingga kering. Peyek ini memiliki rasa gurih yang khas dari kepiting dan tekstur yang renyah. Camilan ini sering dijadikan teman makan nasi atau sebagai kudapan ringan. Peyek kepiting banyak dijual di toko oleh-oleh khas Balikpapan.


Baca Juga: 15 TEMPAT WISATA DI SAMARINDA YANG PALING POPULER


8. Amplang

Amplang adalah kerupuk khas Balikpapan yang terbuat dari ikan tenggiri dan tepung sagu. Kerupuk ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa ikan yang gurih. Amplang sering dijadikan oleh-oleh karena daya tahannya yang cukup lama. Banyak toko oleh-oleh di Balikpapan yang menjual amplang dalam berbagai ukuran dan rasa.


9. Onde-Onde Ubi Ungu

Onde-onde ubi ungu adalah varian onde-onde yang menggunakan ubi ungu sebagai bahan utamanya. Ubi ungu memberikan warna yang cantik dan rasa yang khas pada onde-onde ini. Bagian luar onde-onde terbuat dari tepung ketan dan dilapisi wijen, sedangkan bagian dalamnya berisi pasta ubi ungu yang manis.


BOOKING SERVICE MOBIL ANDA SEKARANG JUGA SEBELUM MELAKUKAN PERJALANAN, HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 

10. Abon Kepiting

Abon kepiting adalah salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang unik dan lezat. Terbuat dari daging kepiting segar yang disuwir halus dan dimasak dengan bumbu-bumbu khas, abon ini memiliki rasa gurih yang khas dan tekstur yang lembut. Abon kepiting sering dijadikan pelengkap nasi atau bubur, atau bisa juga dimakan langsung sebagai camilan. Produk ini banyak dijual di toko oleh-oleh di Balikpapan, menjadi pilihan populer bagi wisatawan untuk dibawa pulang.


11. Keripik Iron

Keripik iron adalah camilan renyah yang terbuat dari singkong yang diiris tipis-tipis dan digoreng hingga garing. Keripik ini dikenal dengan rasa yang gurih dan teksturnya yang renyah. Namanya yang unik menambah daya tarik camilan ini. Keripik iron biasanya diberi bumbu tambahan seperti garam, bawang, atau cabai untuk menambah cita rasa. Anda bisa menemukan keripik ini di berbagai toko oleh-oleh dan pasar tradisional di Balikpapan.


Setiap kuliner khas Balikpapan menawarkan cita rasa yang unik dan menggambarkan kekayaan budaya kuliner kota ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai hidangan tersebut saat Anda berkunjung ke Balikpapan.


Nikmati kelezatan kuliner khas Balikpapan dengan perjalanan yang nyaman dan aman bersama Toyota. Mobil untuk perjalanan jauh dari Toyota memberikan kenyamanan ekstra dan performa andal yang Anda butuhkan. Segera jadwalkan test drive dan rasakan langsung pengalaman berkendara yang memuaskan di Auto2000 Digiroom. 


Kunjungi situs web Auto2000 Digiroom dan temukan berbagai model Toyota terbaru yang sesuai dengan kebutuhan AutoFamily. Jangan lewatkan kesempatan untuk menguji sendiri keunggulan mobil Toyota dengan mengatur jadwal test drive Anda hari ini!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 


Gambar hanya sebagai ilustrasi.



digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.