
9 Komponen Mesin Diesel dan Fungsinya
Diterbitkan19 Okt 2020
Komponen mesin diesel adalah memang jarang dikemukakan. Mesin diesel lebih banyak digunakan untuk kendaraan besar seperti bus dan truk. Selain itu ada beberapa mobil yang menggunakan jenis mesin ini. Sebut saja Toyota New Innova dan Toyota New Fortuner.
Untuk komponen mesin diesel ada perbedaan dengan versi bensin. Perbedaan ini disebabkan oleh sifat mesin diesel yang lebih keras. Dengan kondisi ini maka perlu penyesuaian agar dari segi ketahanan bisa tetap prima. Tanpa perlu berlama-lama lagi, inilah beberapa komponen mesin diesel dalam proses pembakaran.
1. Cylinder Block
Blok silinder merupakan komponen utama motor bakar. Dengan bentuknya yang paling besar, maka fungsi utamanya adalah meletakan berbagai komponen mesin lainnya. Tentunya yang mendukung proses kerja mesin. Cylinder Block terbuat dari besi tuang dengan tingkat presisi tinggi. Ada beberapa komponen lain di dalamnya, seperti silinder, water jacket, hingga oil feed lines.
2. Cylinder Head
Selanjutnya ada Cylinder Head yang juga terbuat dari besi tuang. Tapi ada juga yang terbuat dari bahan aluminium dengan alasan lebih ringan. Komponen ini terdiri dari beberapa komponen. Ada valve & spring, camshaft, rocker arm, dan ruang bakar yang sangat penting untuk melakukan pembakaran. Adapun fungsi kepala kepala silinder atau cylinder head ini berguna sebagai tempat pembakaran mesin dan pemasangan busi.
Baca juga: Cara Mengetahui Nama Pemilik Mobil Berdasarkan Plat Nomor
3. Piston dan Connecting Rod
Piston berguna untuk mengatur volume di dalam silinder agar proses kerja mesin dapat berlangsung. Sementara Connecting Rod berfungsi untuk meneruskan gerak naik turun piston ke bagian flywheel.
4. Crankshaft
Dikenal juga sebagai poros engkol, komponen ini berguna untuk mengubah gerak naik turun piston menjadi gerakan putar. Ada beberapa bagian dari poros engkol sendiri, seperti crank pink, crank journal, dan weight balance.
5. Oil Pan
Oil Pan adalah sebuah bak khusus untuk menampung oli mesin. Walaupun hanya untuk menampung saja, tapi keberadaannya sangat penting serta membutuhkan konstruksi kuat. Inilah mengapa Oil Pan terbuat dari besi tipis atau bahan yang lebih tebal lagi.
6. Timing Chain
Timing Chain terdapat dalam sistem mekanisme katup. Fungsi utamanya adalah menghubungkan putaran dari engkol dan camshaft dengan sudut tertentu. Bentuknya berupa rantai yang terletak di mesin bagian depan.
7. Flywheel
Flywheel atau disebut juga roda gila adalah komponen untuk menyeimbangkan putaran mesin. Mengapa bisa begitu? Karena komponen ini mampu menyimpan torsi. Fungsi lainnya adalah membantu menyalakan mesin dengan banyaknya mata gigi di bagian terluarnya.
8. Fuel System
Fuel System terdiri dari tangki dan injector. Tentu saja fungsinya adalah memberikan suplai bahan bakar solar ke ruang bakar. Biasanya ada dua macam sistem bahan bakar mesin diesel. Ada konvensional dan common rail. Dari keduanya, common rail lebih hemat dan efisien.
9. Memilih Mobil Mesin Diesel
Sekarang AutoFamily sudah tahu apa saja komponen mesin diesel, khususnya dalam proses pembakaran. Jika tertarik membeli mobil mesin diesel seperti Toyota New Innova dan Toyota New Fortuner, segera kunjungi Auto2000 Digiroom.
Baca juga: Ketahui Fungsi Priming Pump pada Mesin Diesel
Kelebihan Mesin Diesel
Mesin mobil diesel dikenal karena efisiensinya dan berbagai keuntungan yang ditawarkannya dibandingkan dengan mesin bensin. Berikut adalah beberapa kelebihan utama dari mesin diesel:
1. Efisiensi Bahan Bakar yang Lebih Baik
Mesin diesel umumnya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dibandingkan mesin bensin. Hal ini karena diesel memiliki energi lebih tinggi per liter dibandingkan bensin, dan mesin diesel bekerja pada rasio kompresi yang lebih tinggi, sehingga dapat menghasilkan lebih banyak tenaga dari jumlah bahan bakar yang sama.
2. Daya Tahan dan Ketahanan
Mesin diesel dirancang untuk menahan tekanan yang lebih tinggi dibandingkan mesin bensin. Ini membuatnya lebih tahan lama dan mampu menjalankan tugas berat dengan lebih baik. Komponen mesin diesel biasanya terbuat dari material yang lebih kuat, sehingga dapat bertahan lebih lama dalam kondisi kerja yang ekstrem.
3. Torsi yang Lebih Tinggi
Mesin diesel menghasilkan torsi yang lebih tinggi pada putaran mesin rendah. Ini memberikan akselerasi yang lebih baik dan performa yang lebih baik dalam kondisi beban berat, seperti saat menarik trailer atau mengangkut barang berat.
4. Biaya Operasional yang Lebih Rendah
Meskipun harga diesel seringkali lebih tinggi daripada bensin, efisiensi bahan bakar yang lebih baik membuat biaya operasional mesin diesel lebih rendah dalam jangka panjang. Mesin diesel juga biasanya memerlukan sedikit perawatan dibandingkan dengan mesin bensin.
5. Emisi Karbon yang Lebih Rendah
Mesin diesel umumnya menghasilkan emisi karbon dioksida (CO2) yang lebih rendah dibandingkan mesin bensin. Meskipun emisi nitrogen oksida (NOx) dan partikel (PM) bisa lebih tinggi, teknologi modern seperti filter partikulat diesel (DPF) dan sistem pemrosesan gas buang (SCR) telah membantu mengurangi dampaknya.
6. Kemampuan Menggunakan Biodiesel
Mesin diesel dapat menggunakan biodiesel, yaitu bahan bakar alternatif yang terbuat dari sumber-sumber biologis. Ini menjadikannya pilihan yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mesin bensin, terutama jika biodiesel diproduksi secara berkelanjutan.
Bagaimana Cara Kerja Mesin Diesel?
Mesin diesel adalah jenis mesin pembakaran internal yang menggunakan bahan bakar diesel untuk menghasilkan tenaga. Cara kerja mesin diesel berbeda dari mesin bensin, terutama dalam proses pembakaran dan kompresi. Berikut adalah penjelasan tentang cara kerja mesin diesel:
1. Pengisian Udara ke Dalam Silinder
Proses dimulai dengan udara luar yang masuk ke dalam silinder mesin melalui katup masuk. Pada mesin diesel, hanya udara yang masuk ke dalam silinder, berbeda dengan mesin bensin yang menghisap campuran udara dan bahan bakar.
2. Kompresi Udara
Setelah udara masuk ke dalam silinder, katup masuk menutup dan piston bergerak ke atas. Selama tahap ini, udara dalam silinder mengalami kompresi yang sangat tinggi, mencapai suhu dan tekanan yang sangat tinggi. Rasio kompresi pada mesin diesel bisa mencapai 14:1 hingga 25:1, jauh lebih tinggi dibandingkan mesin bensin.
3. Penyemprotan Bahan Bakar dan Pembakaran
Ketika piston mencapai titik mati atas (TMA) dan udara berada pada tekanan serta suhu tinggi, bahan bakar diesel disemprotkan ke dalam silinder melalui injektor. Bahan bakar diesel yang disemprotkan bercampur dengan udara panas dan langsung terbakar akibat suhu tinggi dalam silinder. Proses pembakaran ini menghasilkan tekanan yang sangat tinggi yang mendorong piston turun.
4. Penggerak Piston dan Produksi Tenaga
Tekanan dari pembakaran bahan bakar menyebabkan piston bergerak ke bawah, yang pada gilirannya menggerakkan crankshaft. Gerakan piston ini adalah sumber tenaga mekanik yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan atau mesin.
5. Pembuangan Gas Buang
Setelah proses pembakaran dan pergerakan piston, gas buang yang dihasilkan dari pembakaran dikeluarkan dari silinder. Katup buang terbuka, dan piston bergerak ke atas lagi untuk mendorong gas buang keluar melalui sistem pembuangan.
6. Siklus Pengulangan
Setelah gas buang dikeluarkan, siklus dimulai lagi dengan udara baru masuk ke dalam silinder. Proses ini berlangsung secara terus-menerus selama mesin beroperasi, menghasilkan tenaga yang diperlukan untuk menggerakkan kendaraan atau mesin.
Dari penjelasan mengenai komponen mesin diesel dan cara kerjanya, dapat disimpulkan bahwa mesin diesel merupakan mesin pembakaran internal yang menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan dengan mesin bensin. Mesin ini bekerja dengan cara yang berbeda, terutama dalam hal kompresi dan proses pembakaran. Dengan menggunakan udara yang dikompresi pada suhu dan tekanan tinggi, mesin diesel dapat memproduksi tenaga secara efisien dan tahan lama.
Jika AutoFamily tertarik untuk merasakan langsung keunggulan mesin diesel pada mobil Toyota terbaru atau ingin memastikan performa kendaraan Anda tetap optimal, Auto2000 Digiroom adalah pilihan yang tepat.
Kunjungi Showroom Toyota Terdekat Untuk Menemukan Koleksi Mobil Baru Impian Autofamily.
Auto2000 Digiroom menawarkan layanan booking service yang memudahkan AutoFamily untuk merawat kendaraan Toyota Anda. Selain itu, jika Anda ingin merasakan pengalaman berkendara sebelum membeli, jadwalkan test drive dengan kami untuk menguji mobil Toyota pilihan Anda secara langsung.
Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Promo Terkait
Lihat semuaArtikel Lainnya
Lihat semuaShare With:

AUTO2000 DIGIROOM
Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.