Ketahui Peran Penting Fitur Keselamatan Ini Yang Ada Mobil Toyota Anda"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ketahui Peran Penting Fitur Keselamatan Ini Yang Ada Mobil Toyota Anda

Tidak sedikit pengendara mobil yang mengira bahwa sabuk pengaman (seatbelt) saja sudah cukup untuk menjaga keselamatan ketika terjadi benturan keras. Padahal selain seatbelt, airbag juga merupakan salah satu fitur keselamatan berkendara yang penting dan sangat membantu untuk mencegah penumpang cedera saat terjadi kecelakaan di jalan.

Airbag berfungsi saat terjadi tabrakan keras terdeteksi oleh sensor mobil yang akan langsung mengirimkan sinyal agar airbag mengembang. Airbag akan melindungi daerah vital di tubuh kita, mulai kepala, leher, dan dada. Tanpa adanya airbag sebagai bantalan, tubuh yang cuma ditahan oleh seatbelt berisiko mengalami cedera pada leher dan dada, terlebih jika benturannya sangat keras.

Posisi airbag itu tergantung tipe kendaraannya. Beberapa ada yang terpasang di bagian depan (pengemudi dan penumpang depan) dan ada juga yang terpasang sampai ke bagian penumpang yang duduk di kabin belakang.

Saat mengembang apakah akan menghalangi pernapasan?

Jawabannya tidak, karena airbag sudah didesain sedemikian rupa serta sudah diuji untuk memastikan keamanannya ketika digunakan. Yang penting untuk ketahui, material yang dipakai untuk airbag adalah nilon tipis dengan lubang-lubang berukuran kecil.

Dari lubang inilah, gas nitrogen yang akan membuat airbag mengembang keluar kemudian airbag akan mengempis secara perlahan. Berbahayakan gas nitrogen ini? Jangan khawatir karena sebenarnya udara yang kita hirup 78% mengandung gas Nitrogen. Jadi, bisa disimpulkan bahwa gas ini aman jika terhirup.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana pentingnya adanya airbag dalam kendaraan. Selalu ingat, dalam perjalanan kadang ada hal-hal tidak terduga yang mungkin saja terjadi. Jadi untuk lebih memastikan rasa aman dan nyaman ketika berkendara, pilihlah kendaraan yang sudah dilengkapi beberapa fitur keselamatan, termasuk airbag.

Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia