Cancel

Ketahui Fungsi Fog Lamp Pada Mobil Toyota Anda

 

Mobil mempunyai beberapa komponen yang berfungsi pada keadaan tertentu saja. Tidak semuanya digunakan dalam segala kondisi, seperti misalnya wiper yang kerap dipakai saat musim penghujan saja. Hal tersebut juga berlaku pada Fog Lamp atau yang sering dikenal dengan nama lampu kabut. Pengendara harus mengetahui fungsi Fog Lamp pada mobil agar dapat mengerti serta menggunakannya dengan tepat.

Lampu yang terdapat pada mobil memiliki fungsi untuk menerangi jalanan saat keadaan gelap seperti malam hari atau ketika melintasi terowongan. Selain itu, lampu juga merupakan salah satu safety pada kendaraan saat melaju di jalan raya. Terdapat beberapa lampu yang lokasinya di bagian depan seperti lampu dekat, lampu senja / sore, lampu jauh, lampu sein, lampu hazard, lampu rem dan juga lampu kabut. Setiap lampu memiliki peranan masing-masing, begitu juga Fog Lamp yang tentunya sangat berpengaruh pada kenyamanan perjalanan.

Walaupun lampu kabut merupakan lampu tambahan, namun bisa memberikan bantuan kepada pengendara dan merupakan salah satu sistem penerangan ketika dalam cuaca berkabut ataupun saat hujan lebat. Jadi dengan adanya Fog Lamp maka peranan lampu utama akan digantikan untuk menembus kabut dan hujan lebat baik dalam jarak dekat maupun jauh.

Masalah penggantian tugas tersebut dikarenakan lampu utama pencahayaannya menyebar, berbeda dengan Fog Lamp yang sorotan lampunya fokus ke satu arah sehingga pencahayaan lebih maksimal dalam kondisi hujan lebat atau berkabut.

Untuk lokasi dari Fog Lamp sendiri umumnya ditempatkan di bagian bumper bawah. Sinar yang dipancarkan adalah kuning terang. Adapun pemilihan warna ini bukan sembarangan, karena pemilihan kuning sebagai warna Fog Lamp karena mempunyai sifat menyerap warna tertentu yang berpotensi mengganggu pandangan pengemudi saat berkendara. Memang di jaman sekarang lampu kabut bisa terbilang fitur yang kerap dipasangkan. Namun kadang beberapa orang belum benar-benar mengetahui fungsi Fog Lamp.

Bahkan terdapat beberapa orang yang menyalakan lampu Fog Lamp di malam hari atau saat senja. Padahal kondisinya tidak hujan ataupun terdapat kabut. Lampu utama malah dimatikan dengan alasan yang tidak diketahui. Hal tersebut biasanya terjadi pada beberapa pemilik yang tidak mengetahui fungsi sebenarnya dan beranggapan bahwa Fog Lamp merupakan sebuah aksesoris yang membedakan tingkat kemewahan dan fitur pada satu tipe mobil dengan tipe lainnya.

Jadi fungsi Fog Lamp adalah memberikan penerangan pada jalanan saat berkabut atau turun hujan deras. Dengan cahaya yang dihasilkan jalanan akan terlihat lebih jelas dan bisa menembus tebalnya kabut. Selain itu dengan adanya bagian ini pengendara lain juga dapat melihat kendaraan kita tanpa terganggu pandangannya akibat cahaya yang menyilaukan. Mengingat cahaya yang dihasilkan Fog Lamp sangat ramah lingkungan. Akan tetapi pengemudi juga harus berwaspada saat melintasi hujan lebat atau jalanan berkabut. Karena kadang ada pengendara mobil atau motor yang ugal-ugalan tanpa pertimbangan saat melintasi jalanan dalam kondisi tersebut

Pengecekan lampu kabut sangatlah diperlukan, apalagi saat memasuki musim penghujan yang rentan turun hujan deras ataupun jalanan menjadi berkabut. Supaya saat menghadapi situasi tersebut dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman tanpa ada hambatan.

Ada baiknya selalu periksa kondisi Fog Lamp Toyota Anda serta pastikan berfungsi normal agar siap digunakan kapanpun. Apabila kondisi Fog Lamp Toyota Anda tidak berfungsi dengan baik, silahkan datang ke Bengkel Resmi Toyota terdekat atau untuk yang berdomisili di seputaran Tabanan sekitarnya, kunjungi Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan Bali.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo Super Easy Auto Happy
Hi AutoFamily!

Jadi lebih happy dengan berbagai cara mudah untuk memiliki Toyota baru di Auto2000. Miliki berbagai model pilihan dengan berbagai promo menarik mulai dari DP Ringan hingga free insurance.

Avanza
Dapatkan All New Avanza dengan menggunakan DP Ringan mulai dari Rp20 Jutaan, atau dengan DP mulai 10% + Free Insurance selama 2 tahun dengan program Spekta.

Agya & Calya
Miliki All New Agya atau Calya menggunakan Cicilan Ringan mulai Rp 3 Jutaan/Bulan atau dengan DP Ringan mulai 15%, AutoFamily juga bisa menggunakan pilihan DP mulai Rp 20 Jutaan.

Raize
SUV compact pilihan Indonesia siap dimiliki dengan DP mulai dari 15% atau dengan DP 20 Jutaan atau bunga 0% untuk 1 tahun dengan DP 50%.

Tunggu apalagi? Segera miliki Toyota pilihan dengan berbagai promo yang mudah di Auto2000.
Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Promo di halaman web ini hanya berlaku di Jatadebek
*Syarat dan ketentuan berlaku
01 September 2023
Promo Gratis Uji Emisi
Halo AutoFamily!

Mau Cek Uji Emisi Mobil Toyota mu? Yuk kamu bisa dapatkan Gratis Uji Emisi di Auto2000 wilayah DKI Jakarta. Uji emisi merupakan pengukuran gas buang kendaraan untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Hal ini dilakukan untuk Toyota Kesayangan kamu makin terawat. Mobil AutoFamily yang lulus uji emisi akan didaftarkan ke sistem informasi milik Pemprov DKI Jakarta yang berlaku selama 1 tahun. Terdapat 22 cabang Auto2000 di Jakarta untuk kamu bisa mendapatkan Gratis Uji Emisi ini loh!

Yuk Segera isi form di bawah ini untuk mendapatkan Promo Gratis Uji Emisi di Auto2000 Digiroom!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 September 2023
Mobil Hybrid - Toyota All New Alphard
Sambutlah mobil hybrid Toyota Indonesia - All New Alphard HEV dan mulai perjalanan yang penuh elegan dan eksklusif. Mobil hybrid Toyota Indonesia - All New Alphard HEV menampilkan design baru dengan platform TNGA yang lebih nyaman serta sistem peredaman kabin yang unggul. Lebih lanjut, mobil hybrid Toyota ini menghadirkan desain eksterior yang baru dan futuristik.

Lebih dari sekadar desain dan mesin baru, mobil hybrid Toyota satu ini juga menghadirkan fitur hiburan seperti Rear Seat Entertainment (RSE) dengan 14 Inch di masing-masing baris. Nuansa teduh di dalam kabin juga semakin lengkap dengan ambience lighting baru serta jok belakang yang di desain ulang sehingga jauh lebih nyaman dan meredam getaran di perjalanan.

Mengadopsi teknologi lengkap Toyota Safety Sense (TSS) terbaru, All New Alphard HEV memberikan fitur keselamatan yang membuat perjalanan anda bersama keluarga akan lebih tenang dan nyaman. Dengan semua keamanan dan kenyaman yang akan Anda dapatkan, All New Alphard HEV bisa menjadi pilihan Anda untuk mobilitas yang lebih eksklusif.

Tunggu apalagi? Jadilah yang pertama untuk memiliki mobil hybrid Toyota - All New Alphard HEV
Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 Agustus 2023
Cicilan Ringan untuk Mobil Baru Toyota
Hai AutoFamily!

Yuk dibawa santai hari-hari AutoFamily bersama Auto2000 Digiroom, karena sekarang mobil impian sudah bisa dimiliki dengan program Cicilan Ringan mulai dari Rp 2.6 Jutaan/Bulan.

Ini dia beberapa model yang bisa di bawa pulang dengan Paket Kredit Cicilan Ringan:
Toyota Calya: Cicilan mulai dari Rp 2.6 Jutaan*
Toyota Agya: Cicilan mulai dari Rp 2.8 Jutaan*
Toyota All New Avanza: Cicilan mulai dari Rp 3.4 Jutaan*
Toyota Raize: Cicilan mulai dari Rp 4.2 Jutaan*
Toyota Rush: Cicilan mulai dari Rp 4.3 Jutaan*
Toyota Innova Gasoline: Cicilan mulai dari Rp 4.8 Jutaan*

Dapatkan juga perawatan mobil menyeluruh dengan Free biaya Jasa Servis dan Suku Cadang selama 3 tahun atau 60.000 KM dan Extended Warranty untuk setiap On Time Service untuk tipe mobil tertentu. Yuk dapatkan promo nya sekarang dan bawa Toyota idamanmu dari Auto2000!*
01 Agustus 2023
More News
digiroom
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF