Ketahui Alasan Kampas Rem Mobil Matik Lebih Cepat Habis"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Ketahui Alasan Kampas Rem Mobil Matik Lebih Cepat Habis

Auto2000.co.id – Mengendarai mobil dengan transmisi otomatis memang punya sensasi sendiri dibandingkan manual. Terutama bagi yang kerap melintasi lalu lintas padat seperti Jakarta.

Cukup geser tuas transmisi ke posisi D, Anda tinggal mengandalkan kaki kanan untuk menekan pedal gas dan rem, sementara kaki kiri bisa isitirahat, sehingga berkendara menjadi lebih santai.

Tapi di balik nonaktifnya kaki kiri, rupanya ada konsekuensi yang harus ditanggung pemilik mobil matik, yakni usia pakai rem yang lebih pendek.

Ini karena kampas menjadi lebih cepat menipis. Kondisi ausnya kampas rem jauh lebih cepat dan terasa dibandingkan mobil manual.

BACA JUGA : Spesial Untuk Generasi Millenial, Aplikasi Auto2000 Mobile Siap Memanjakan Kebutuhan Perawatan dan Pembelian Mobil Toyota

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, menipisnya kampas rem mobil matik memang cukup wajar. Pasalnya, rem menjadi satu-satunya yang diandalkan untuk memperlambat laju mobil.

Tidak seperti mobil manual yang masih bisa dibantu dengan engine brake memanfaatkan momentum penurunan level transmisi.

“Kalau dibandingkan dengan mobil manual, mobil matik itu lebih cepat setengahnya. Jadi bila mobil manual ganti kampas rem tiap 60.000 kilometer (km), mobil matik bisa 30.000 sampai 40.000 km sudah ganti,” kata Suparman.

Suparman melanjutkan penjelasan, ada tiga poin kenapa kampas rem mobil matik lebih cepat habis dibandingkan manual.

BACA JUGA : Wajib Paham! Ini Alasan Ban Mobil Anda Harus Spooring dan Balancing

1. Menahan Rem

Kebiasaan pemilik mobil matik lebih suka menahan pedal rem dengan kaki dibandingkan memanfaatkan rem tangan saat berhenti. Selain itu, pedal rem diinjak ketika posisi tuas transmisi masih berada di D untuk menahan laju mobil.

Kondisi inilah yang menyebabkan kampas rem cepat habis. Kondisi ini bahkan sudah menjadi kebiasaan para pemilik mobil matik.

Dilakukan hampir setiap berhenti, jika terus-menerus, ketika mobil mau melaju terjadi gesekan antara cakram dan kampas rem, sehingga cukup berat kerjanya.

2. Selalu Diandalkan

Mobil matik memiliki ritme penggunaan rem yang sangat aktif. Mulai dari akan bergerak, memperlambat laju kendaraan sampai mobil berhenti pasti dan wajib menginjak pedal rem.

Otomatis, kondisi ini akan membuat kampas rem bekerja ekstra sehingga cukup wajar bila lebih cepat mengalami keausan.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto2000

“Mobil matik memang bisa engine brake, tapi dayanya tak sebesar mobil manual. Selain itu hampir setiap pergerakan ketika mengendarai mobil matik, pasti dilakukan dengan menekan pedal rem,” kata Suparman.

3. Posisi Netral

Selain beban yang tinggi, pengendara mobil matik juga jarang menyicil rem. Maksudnya, jika sudah terindikasi akan terhalang lampu merah, masih banyak yang melakukan pengereman mendekati posisi berhenti. Kondisi ini membuat rem bekerja lebih keras.

Sementara, pada pengendara mobil manual, kebanyakan sudah menetralkan posisi transmisi jika terlihat akan terhadang lampu merah, baru kemudian mulai melakukan pengereman.

Sebenarnya, metode ini bisa ditiru untuk pengendara mobil matik. Caranya cukup mudah, tinggal dorongan posisi tuas ke N, lalu mulai melakukan pengereman secara bertahap hingga akhirnya mobil bisa berhenti.

Auto2000

Share this article
Promosi Lainnya
Cek Uji Emisi Gratis
AutoFamily tau gak sih, beberapa waktu yang lalu, Gubernur DKI Jakarta mengeluarkan peraturan baru mengenai uji emisi kendaraan loh. Setiap kendaraan bermotor yang berusia diatas 3 tahun diwajibkan untuk melaksanakan uji emisi minimal 1 kali dalam setahun. Uji emisi merupakan sebuah cara untuk mengukur gas buang kendaraan dengan menggunakan alat khusus dan dilakukan juga oleh teknisi yang sudah bersertifikat.

Uji emisi ini memang sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Selain digunakan untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan, hal ini perlu dilakukan agar gas buang kendaraan bermotor bisa dikurangi sehingga dapat mengurangi polusi di udara. Nah bagi AutoFamily yang belum melakukan uji emisi Toyota kesayangan Anda, yuk lakukan sekarang agar lingkungan tetap bersih dari polusi dan udara lebih segar. .

Khusus untuk AutoFamily yang bertempat tinggal di wilayah DKI Jakarta, Anda dapat melakukan pengecekan Uji Emisi secara GRATIS loh! Anda hanya perlu melakukan booking Servis Berkala di bengkel terdekat, dan Anda bisa ikut melakukan pengecekan Uji Emisi. .

Yuk ikutan penawarannya sekarang agar lingkungan kita tetap bersih dan sehat. Karena kalau bukan kita yang merawat, siapa lagi? .

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. .

15 Januari 2021
Promo - Beli Mobil Di Digiroom, GRATIS UVC Lamp + Emoney 500rb
Menyambut tahun yang baru, tentu makin banyak kesempatan baru dengan beragam keuntungannya. Yuk jangan ketinggalan promo PADUKA, promo Auto2000 Dua Kali Untungnya!

Melalui penawaran ini, untuk AutoFamily yang melakukan pembelian mobil baru melalui Auto2000 Digiroom akan mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disenfectant Lamp dan juga tambahan hadiah berupa uang elektronik 500 ribu rupiah khusus untuk Anda yang melakukan pembelian dengan kredit melalui Digiroom.

Ayo sambut tahun yang baru dengan semangat yang baru juga. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan kebersihan untuk melindungi diri Anda dan orang orang yang Anda cintai.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - Auto2000 Dua Kali Untungnya
Hanya di Auto2000 Anda bisa mendapatkan mobil baru dengan dua kali keuntungannya! Miliki sekarang berbagai mobil pilihan Anda:

-New Agya: DP mulai 25jutaan atau cicilan mulai 2,7jutaan
-New Calya: DP mulai 23jutaan atau cicilan mulai 2,7jutaan
-New Avanza: DP mulai 24jutaan atau cicilan mulai 3,7jutaan

Setiap pembelian mobil baru, nama Anda juga akan di masukkan ke dalam lucky draw dan berkesempatan untuk mendapatkan Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini!

Tidak hanya sampai disitu keuntungannya. Setiap pembelian melalui website atau aplikasi Auto2000 Digiroom, Anda berkesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disinfection Lamp dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah.

Ikutan sekarang untuk raih hadiahnya!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - PADUKA
Mau ikutan promo Auto2000 yang dua kali untungnya? Ikutan promo PADUKA yuk! Ikutan promo spesialnya dan dapatkan beragam hadiahnya.

Tinggal pilih berbagai pilihan mobil di bawah ini:

-New Agya dengan DP mulai 25jutaan atau cicilan mulai dari 2,7jutaan
-New Calya dengan DP mulai dari 23jutaan atau cicilan mulai dari 2,7jutaan
-New Avanza dengan DP mulai dari 24jutaan atau cicilan mulai dari 3,7utaan

Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk ikutan lucky draw untuk mendapatkan 1 unit Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini!

Dapatkan juga hadiah langsung Phillips UV light Disinfection lamp dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah setiap pembelian melalui website atau aplikasi Auto2000 Digiroom. Semakin banyak kan hadiahnya?

Yuk ikutan sekarang dan rasakan dua kali untungnya hanya bersama Auto2000.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF