Kenali Kerusakan Cat Kendaraan dan Cara Merawatnya"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Kenali Kerusakan Cat Kendaraan dan Cara Merawatnya

Pernahkan Anda merasa kurang puas karena warna cat kendaraan yang dimiliki mulai memudar atau terlihat kusam dan kasar? Mari kita mengenal lebih jauh tentang kerusakan cat kendaraan dan merawatnya:

Scratch/Goresan

terdiri dari scratch halus dan kasar. Scratch ini dapat terjadi akibat gesekan atau atau tekanan kuat antara permukaan cat dengan benda lain, misalnya logam. Jika terdapat scratch halus (hair scratch) dapat dikurangi /dihilangkan dengan memoles bagian scratch dengan compound menggunakan polisher (alat pemoles permukaan cat). *Demi hasil poles yang maksimal perlu diperhatikan cara, alat, skill, dan jenis compound yang digunakan.

Korosi/Karat

timbul akibat lapisan bare metal yang terkikis kemudian bereaksi dengan udara.  Untuk itu jika terkena air hujan, segeralah cuci kendaraan Anda dengan air bersih dan tidak berkadar garam tinggi. Kandungan air hujan bersifat asam dan kandungan garam pada air berpotensi mengurangi kualitas permukaan cat kendaraan. Gunakan wax sebagai cairan pelapis atau pelindung permukaan cat. Untuk menghilangkan karat gunakan cairan penghilang karat. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan teknisi painting di bengkel resmi Toyota.

Air hujan atau busa sabun

yang mengering karena panasnya mesin atau terik matahari dapat menimbulkan bercak – bercak pada permukaan cat kendaraan. Gunakan sabun khusus pencuci kendaraan dengan ph balance yang sudah ditentukan. Bilas dengan bersih, dan jangan biarkan sisa busa sabun mengering. Keringkan permukaan cat dengan lap yang lembut dan bersih.

Jamur

timbul dari sisa air atau busa sabun yang mengendap di celah – celah atau mengering di permukaan cat yang dibiarkan dalam jangka waktu lama. Cara mencegahnya dengan membuka seluruh pintu kendaraan kemudian tutup dengan agak keras berulang – ulang agar air yang masih berada di celah – celah dapat turun dan tidak mengendap di kendaraan yang dapat menyebabkan jamur / kerak.

Semoga bermanfat Auto Family.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF