Kenali Ciri-Ciri Radiator Mobil Bocor"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Kenali Ciri-Ciri Radiator Mobil Bocor

"

Auto2000.co.id – Seperti diketahui, radiator memiliki fungsi untuk membantu proses pendinginan mesin. Karena itu keberadaannya tidak bisa dianggap remeh.

Namun demikian, bukan berarti radiator merupakan komponen yang bebas dari masalah. Karena pada kenyataannya, ada beberapa hal yang membuat radiator tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, salah satunya masalah kebocoran.

Sayangnya, masih banyak konsumen yang tidak mengetahui ciri-ciri kebocoran pada radiator. Padahal dampak dari kebocoran tersebut akan membuat sistem pendingin suhu mesin akan terganggu dan berujung pada overheat.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto2000

Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, kebocoran radiator sebenarnya bisa diketahui dengan melihat cairan yang menetes di kolong mobil, tepatnya di bawah bumper depan.

“Coba cermati bagian kolong mobil depan, bila terdapat ada tetesan seperti air bisa menjadi petunjuk awal. Pastikan lagi seperti apa cairannya, bila terlihat ada warna seperti hijau atau kuning bisa dipastikan itu coolant dari radiator,” ujar Suparman.

Selain dari cairan yang menetes, sebenarnya ciri adanya kebocoran radiator bisa diketahui juga saat sedang berkendara. Caranya dengan melihat indikator temperatur yang tertera di speedometer mobil.

BACA JUGA : Bikin Kagum, Ini Beda New Avanza dan New Veloz Dari Pendahulunya

Bila berada di level merah atau cenderung turun, maka bisa diasumsikan ada masalah yang terjadi pada bagian radiator. Kalau sudah mengalamai hal ini, jangan tunda untuk berhenti dan melakukan pengecekan.

Mulai dari kondisi fisik radiator, volume cairan coolant yang berguna sebagai pendingin, sampai saluran radiator untuk mengetahui apakah ada yang menetes keluar karena kebocoran.

“Secepatnya jangan ditunda untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di bengkel resmi Auto2000, atau bila situasinya darurat bisa di bengkel spesialis,” jelas Suparman.

“Pastikan dicek dari mana letak kebocoran, apakah selang atau pipa. Untuk solusi, biasanya memang harus ganti baru selang atau pipanya, karena bila diakali saja tidak ada jaminan akan awet,” tutupnya.

Auto2000

"
Share this article
Tanya Tasia