ke_bali_naik_mobil_berapa_hari.jpg

Ada Tol Trans Jawa, Berapa Hari Ke Bali Naik Mobil?

Diterbitkan16 Feb 2021

Pulau Bali masih menjadi salah satu destinasi favorit untuk berlibur. Sejumlah moda bisa kita pilih untuk menuju pulau Bali, ada transportasi udara maupun darat. Lantas jika memilih kendaraan pribadi, ke Bali naik mobil berapa hari?

Pertanyaan ini tentu umum mencuat jika Anda ada rencana untuk melakukan perjalanan darat alias road trip menuju daerah berjuluk Pulau Dewata tersebut.

Beruntung kini di pulau Jawa sudah terbentang tol trans Jawa. Jalan bebas hambatan ini sudah mengubungkan ujung barat pulau Jawa hingga ujung timurnya tanpa terputus. Maka pertanyaan "ke bali naik mobil berapa hari?" pun bisa mudah terjawab dan juga dilakukan.

Pada dasarnya jalan tol dirancang untuk membuat perjalanan menggunakan kendaraan roda empat jadi lebih cepat. Artinya, dengan adanya tol Trans Jawa, menuju Bali bisa lebih cepat dibanding menggunakan jalan raya arteri atau lintas pantai utara.

Dengan asumsi start perjalanan dari Jakarta, dilansir dari berbagai sumber, jarak tempuh yang harus Anda lalui hingga tiba di Bali adalah sekitar 1.155 km.

Rute lintas pulau ini tak akan menghabiskan waktu berhari-hari jika mengandalkan jalur tol Trans Jawa. Dengan asumsi istirahat sejenak setiap 3 jam maka waktu yang dihabiskan bisa menyentuh 18 jam perjalanan darat dan laut menggunakan kapal ferry.


Rute Jakarta-Bali

Dari Jakarta, Anda bisa langsung mengarahkan mobil Anda masuk tol Cikampek. Pada dasarnya, saat sudah masuk tol Cikampek, Anda hanya tinggal mengikuti jalur tol ke arah timur hingga pelabuhan Ketapang, Jawa Timur.

Rute perjalanan dari Jakarta menuju Bali bisa dimulai dengan masuk ke tol Jakarta-Cikampek, lalu masuk Tol Cikopo-Palimanan. Lanjut terus perjalanan ke arah timur hingga masuk masuk ke Tol Kanci-Palimanan lanjut Tol Kanci-Pejagan selama di Jawa Tengah.

Kemudian tetap ikuti jalur ke Tol Pejagan-Pemalang, lalu Pemalang-Batang, Batang-Semarang hingga Solo-Ngawi. Masuk di provinsi Jawa Timur, Anda hanya perlu tetap mengikuti jalur ke timur hingga berujung di kota Banyuwangi.

Selanjutnya Anda perlu naik kapal roro untuk menyebrang ke pulau Bali menggunakan mobil.

Ke Bali naik mobil berapa hari? Sekali lagi, pada dasarnya tidak sampai berhari-hari. Namun pilihan kembali pada Anda yang melakukan perjalanan. Sebab dengan naik mobil sendiri Anda bebas menentukan di mana saja pemberhentian dan singgah untuk istirahat selama perjalanan.

Ingat, jangan terburu-buru untuk sampai tujuan dengan mengorbankan stamina mengemudi. Pastikan pula mobil Anda dalam kondisi terbaik agar selama perjalanan tidak ada gangguan teknis.

Jangan lupa untuk cek kondisi mesin dan mobil Anda secara keseluruhan di bengkel Auto2000.


Baca Juga: Etika konvoi mobil yang Wajib Diketahui
digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.