LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Karat di Mobil Ibarat Penyakit Kanker, Inilah Pemicu Karat Tumbuh dan Cara Mencegahnya

Karat di bodi mobil itu ibarat penyakit kanker di tubuh manusia. Beroperasi dalam senyap dan baru terdeteksi saat sudah menjalar. So, apa pemicu karat sehingga begitu berbahaya? Dan bagaimana cara mencegahnya?

Kanker adalah satu jenis penyakit mematikan yang terus bertambah penderitanya di dunia. Bahkan, menurut badan kesehatan dunia WHO, tahun 2030 akan terjadi lonjakan penderita kanker di Indonesia sampai tujuh kali lipat.

Selain itu, kalau dibandingkan dengan penyakit-penyakit non-kanker yang mengakibatkan kematian, kanker menempati posisi ke-tujuh. Data dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2007 menempatkan stroke, TBC, hipertensi, cidera, perinatal dan diabetes melitus di atas jumlah kematian akibat kanker.

Lantas, apa itu penyakit kanker sehingga begitu menakutkan dan mematikan?

Yayasankankerindonesia.org menyebutkan bahwa kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua golongan umur. Namun penyakit kanker lebih sering menjangkiti orang yang berusia 40 tahun.

Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Bila merasa  ada keluhan, biasanya penyakitnya sudah terlanjur akut sehingga semakin berat pengobatan yang harus dilakukan.

Karat merupakan versi lain dari penyakit kanker yang dapat menyerang bodi mobil Anda. Sama halnya dengan kanker di tubuh manusia, karat umumnya tidak kasat mata hingga akhirnya menjalar dan sulit untuk diperbaiki.

Nah, sebelum karat menyerang bodi mobil Anda, inilah beberapa pemicu karat dapat tumbuh cepat bak cendawan di musim hujan.

  1. 1. Air Laut

Kandungan mineral berupa garam merupakan katalis yang sangat ampuh dalam mempercepat proses tumbuhnya karat di bodi mobil. Makanya, mobil yang beroperasi dekat dengan laut punya risiko terkena karat lebih besar.

Belum lagi udara di sekitar pantai punya tingkat kelembaban yang tinggi. Hal ini juga mempermudah terpicunya karat di bodi mobil.

  1. 2. Air Hujan

Memang air hujan kandungan garamnya tidak setinggi air laut. Tapi jangan lupa, kandungan mineral lain di air hujan juga tinggi. Mineral punya sifat korosif dan perlahan mengikis lapisan permukaan cat.

Dan jangan lupa, hujan di daerah perkotaan yang polutif punya tingkat keasaman yang tinggi. Saat bersinergi dengan udara lembab, potensi karat berkembang kian besar.

Karena malas atau belum ada waktu, bodi mobil yang basah akibat hujan tidak segera dikeringkan. Padahal ini membuat tingkat kelembaban jadi tinggi. Dan lingkungan seperti ini sangat disukai oleh karat.

  1. 3. Kotoran

Kotoran yang menempel di bodi mobil tidak bisa dihindarkan. Belum lagi saat masuk musim hujan.

Area kolong menjadi bagian yang paling sulit dibersihkan. Campuran antara air dan mineral yang ada di dalam kotoran merupakan makanan empuk bagi terciptanya karat di bodi mobil.

Selain itu, kotoran yang mengeras relatif sulit untuk dibersihkan. Karena sudah jadi kerak, saat dibersihkan akan mengikis permukaan cat. Inilah pintu masuk terjadinya proses korosi yang menimbulkan karat.

  1. 4. Baret di Bodi Mobil

Kesannya sepele, tapi baret atau luka di bodi mobil bisa jadi penyebab timbulnya karat. Ibarat luka di kulit manusia, ini jadi pintu masuk bagi proses oksidasi di permukaan baja bodi mobil yang kehilangan lapisan pelindung.

Kembali ke penyakit kanker. Penyakit generatif ini dapat diminimalkan risikonya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Seperti mengatur pola makan, olahraga, istirahat yang cukup dan mengelola stres.

Begitu pun dengan karat yang siap merusak permukaan bodi mobil. Risiko terdampak karat dapat direduksi dengan menerapkan pola perawatan berikut ini.

  1. 1. Cuci Mobil Secara Rutin dan Benar

Untuk yang tinggal di daerah perkotaan, mencuci mobil bukanlah perkara mudah. Terutama karena kesibukan sehingga alpa dan malas melakukannya.

Anda bisa menyiasatinya dengan menyambangi tempat cuci mobil. Pastikan bahwa tukang cuci membersihkan seluruh area mobil dengan baik dan tak ada yang terlewatkan, terutama bagian kolong yang relatif rentan

Bagi Anda yang senang mencuci sendiri, jangan asal menyiram dan mengeringkan.

Pertama, perhatikan lokasi mencuci. Jangan di bawah terik matahari yang membuat air cepat menguap namun kotoran masih tertinggal. Jangan pula di bawah pohon karena ada risiko terkena getah pohon atau kotoran binatang.

Gunakan pula alat yang sesuai. Seperti kain lap kanebo untuk mengelap air dan  mengeringkan, serta kain mikrofiber di tahap finishing agar kering sempurna. Jangan paksakan memakai air tanah yang kurang layak karena malah membuat usaha mencuci mobil jadi sia-sia.

Pastikan seluruh bagian mobil kering sempurna dan tidak ada yang terlewatkan. Periksa celah-celah yang punya risiko jadi tempat menetapnya air, seperti di sela-sela pintu.

Sembari itu, lakukan inspeksi bodi mobil jika ada potensi karat. Ini ditandai dengan noktah berwarna merah di permukaan logam yang mengelupas saat dikerok. Segera lakukan  tindakan awal dengan membawanya ke bengkel resmi.

  1. 2. Jangan Tunda Body Repair

Biasanya pemilik mobil suka malas memperbaiki kerusakan bodi mobil kalau cuma sedikit. Alasanya supaya sekalian saja saat bekas luka sudah banyak. Padahal, biar sedikit tapi itu merupakan pintu masuk terbentuknya karat.

Bagi Anda yang gemar mengoprek sendiri mobil, dapat menggunakan cairan cat portabel yang dikhususkan untuk menambal goresan kecil di bodi mobil.

  1. 3. Paint Protection

Sebenarnya lapisan cat di bodi mobil pasti memiliki lapisan pelindung di sisi paling luar lapisan. Masalahnya, seiring waktu lapisan pelindung bakal terkikis dan memudar. Belum lagi jika penggunanya tidak apik dalam merawat kendaraan.

Solusinya adalah dengan memberikan lapisan pelindung cat aftermarket alias paint protecion. Ini bisa Anda dapatkan di salon mobil. Namun sebelumnya, lakukan pemolesan terlebih dulu untuk mengangkat kotoran yang hinggap.

  1. 4. Lapisan Anti Karat

Pemberian lapisan anti karat biasa diterapkan di kolong mobil. Seperti di bawah dek, kaki-kaki mobil, dan bagian dalam spatbor.

Supaya mobil terhindar dari karat, sejak Anda melakukan pembelian mobil, pastikan mobil Anda sudah terlindungi dengan rust protection (lapisan anti karat). Tambahkan Rust protection pada mobil baru Anda. Untuk pengguna Toyota, Anda bisa menghubungi Auto2000 untuk meminta layanan ini bagi menjaga mobil kesayangan Anda dari karat.   

Auto2000

Share this article
Promosi Lainnya
Cek Uji Emisi Gratis
AutoFamily tau gak sih, beberapa waktu yang lalu, Gubernur DKI Jakarta mengeluarkan peraturan baru mengenai uji emisi kendaraan loh. Setiap kendaraan bermotor yang berusia diatas 3 tahun diwajibkan untuk melaksanakan uji emisi minimal 1 kali dalam setahun. Uji emisi merupakan sebuah cara untuk mengukur gas buang kendaraan dengan menggunakan alat khusus dan dilakukan juga oleh teknisi yang sudah bersertifikat.

Uji emisi ini memang sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Selain digunakan untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan, hal ini perlu dilakukan agar gas buang kendaraan bermotor bisa dikurangi sehingga dapat mengurangi polusi di udara. Nah bagi AutoFamily yang belum melakukan uji emisi Toyota kesayangan Anda, yuk lakukan sekarang agar lingkungan tetap bersih dari polusi dan udara lebih segar. .

Khusus untuk AutoFamily yang bertempat tinggal di wilayah DKI Jakarta, Anda dapat melakukan pengecekan Uji Emisi secara GRATIS loh! Anda hanya perlu melakukan booking Servis Berkala di bengkel terdekat, dan Anda bisa ikut melakukan pengecekan Uji Emisi. .

Yuk ikutan penawarannya sekarang agar lingkungan kita tetap bersih dan sehat. Karena kalau bukan kita yang merawat, siapa lagi? .

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. .

15 Januari 2021
Promo - Beli Mobil Di Digiroom, GRATIS UVC Lamp + Emoney 500rb
Menyambut tahun yang baru, tentu makin banyak kesempatan baru dengan beragam keuntungannya. Yuk jangan ketinggalan promo PADUKA, promo Auto2000 Dua Kali Untungnya!

Melalui penawaran ini, untuk AutoFamily yang melakukan pembelian mobil baru melalui Auto2000 Digiroom akan mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disenfectant Lamp dan juga tambahan hadiah berupa uang elektronik 500 ribu rupiah khusus untuk Anda yang melakukan pembelian dengan kredit melalui Digiroom.

Ayo sambut tahun yang baru dengan semangat yang baru juga. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan kebersihan untuk melindungi diri Anda dan orang orang yang Anda cintai.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - Auto2000 Dua Kali Untungnya
Hanya di Auto2000 Anda bisa mendapatkan mobil baru dengan dua kali keuntungannya! Miliki sekarang berbagai mobil pilihan Anda:

-New Agya: DP mulai 25jutaan atau cicilan mulai 2,7jutaan
-New Calya: DP mulai 23jutaan atau cicilan mulai 2,7jutaan
-New Avanza: DP mulai 24jutaan atau cicilan mulai 3,7jutaan

Setiap pembelian mobil baru, nama Anda juga akan di masukkan ke dalam lucky draw dan berkesempatan untuk mendapatkan Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini!

Tidak hanya sampai disitu keuntungannya. Setiap pembelian melalui website atau aplikasi Auto2000 Digiroom, Anda berkesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disinfection Lamp dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah.

Ikutan sekarang untuk raih hadiahnya!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - PADUKA
Mau ikutan promo Auto2000 yang dua kali untungnya? Ikutan promo PADUKA yuk! Ikutan promo spesialnya dan dapatkan beragam hadiahnya.

Tinggal pilih berbagai pilihan mobil di bawah ini:

-New Agya dengan DP mulai 25jutaan atau cicilan mulai dari 2,7jutaan
-New Calya dengan DP mulai dari 23jutaan atau cicilan mulai dari 2,7jutaan
-New Avanza dengan DP mulai dari 24jutaan atau cicilan mulai dari 3,7utaan

Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk ikutan lucky draw untuk mendapatkan 1 unit Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini!

Dapatkan juga hadiah langsung Phillips UV light Disinfection lamp dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah setiap pembelian melalui website atau aplikasi Auto2000 Digiroom. Semakin banyak kan hadiahnya?

Yuk ikutan sekarang dan rasakan dua kali untungnya hanya bersama Auto2000.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF