LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Jadi ini Posisi yang Benar Saat Memegang Kemudi

Mengemudi memang hal yang tidak sulit. Tidak hanya pria, jumlah pengendara kaum wanita pun saat ini sudah hampir sama banyak dengan kaum pria.

Tetapi belum tentu semua pengemudi tahu cara memegang kemudi yang baik dan benar. Teknik dan posisi mengemudi yang benar sangat penting supaya mobil bisa selalu dalam kendali dan aman saat kita berkendara.

Memegang kemudi (setir) mobil yang benar adalah sejajar. Jika diibaratkan memakai angka yang ada pada jam analog, posisi tangan berada di angka 9 dan 3. Posisi ini memperbarui posisi tangan di angka 10 dan 2 yang sudah sejak 2011 tidak disarankan lagi oleh para ahli mengemudi.

Posisi tangan di angka jam 10 dan 2 tidak disarankan lagi karena ada penelitian yang menyebutkan bahwa posisi tersebut letaknya ada di atas jantung, dan jika berkendara dalam posisi mengemudi tersebut lebih dari satu jam bisa membuat aliran darah tidak lancar. Efeknya, saat mengantisipasi sesuatu refleknya akan melambat.

Disarankan pula untuk memberi jarak sekitar 30 sentimeter antara kemudi dengan dada. Hal ini penting karena jika terjadi benturan, dalam waktu 2 detik airbag akan mengembang dan jaraknya itu antara 22 sampai 25 cm. Pastikan posisi tangan membentuk sudut karena bisa berfungsi sebagai shockbreaker sehingga tangan patah atau terluka bisa dicegah.

Setelah mengetahui posisi yang benar saat mengemudi, jangan lupa pula untuk selalu menjaga kecepatan dan selalu fokus dalam berkendara. Hal ini penting untuk selalu diingat agar keselamatan kita selama berkendara bisa lebih terjaga.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu patuhi rambu – rambu lalu lintas ya

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia