Inilah Tips Cara Bersihkan Mobil Supaya Segar Kembali Setelah Mudik Lebaran, Nomor 5 Sering Dilupakan"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Inilah Tips Cara Bersihkan Mobil Supaya Segar Kembali Setelah Mudik Lebaran, Nomor 5 Sering Dilupakan

Auto2000.co.id – Libur mudik lebaran telah usai saat Anda sudah kembali ke rumah masing-masing. Waktunya untuk kembali beraktivitas.

Meski demikian, jangan langsung menggunakan mobil untuk pergi ke kantor. Ingat kan saat dipakai mudik kemarin mobil jadi kotor? Saatnya untuk bersih-bersih mobil kesayangan.

Sebelumnya, persiapkan dulu alat dan bahan yang dibutuhkan. Seperti kain kanebo, kain mikrofiber, dan sampo mobil. Tak lupa pula cairan pembersih seperti exterior cleaner, bugs and tar removal, glass cleaner, serta interior cleaner. Semua bisa didapatkan di supermarket.

BACA JUGA : Antara Hidup dan Mati, Lakukan Ini Agar Anda Terhindar Dari Microsleep Saat Mudik Lebaran

1. Cuci mobil hingga bersih

Cuci mobil adalah langkah awal paling penting. Lakukan di tempat yang teduh di pagi hari. Cuci mulai dari bagian atap hingga ke bawah seperti pelek dan ban. Semprot bagian kolong mobil untuk merontokkan kotoran yang menempel.

Gunakan sampo mobil untuk membantu membersihkan bodi mobil. Jangan lupakan celah-celah yang sulit dijangkau seperti sambungan antar panel.

Pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil. Untuk proses ini Anda bisa memanfaatkan kain mikrofiber.

Lakukan inspeksi pada bagian yang punya potensi bisa menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil. Pastikan kering semua untuk mereduksi risiko karat.

BACA JUGA : Banjir Hadiah Keren, Auto2000 Adakan Kompetisi Video dan Foto Carpool Karaoke #mudikserubersamaauto2000

2. Ruang mesin

Sengaja ruang mesin kami bahas terpisah lantaran banyak bagian dari area ini yang tidak dianjurkan untuk terkena langsung oleh semprotan air bertekanan, terutama sistem kelistrikan.

Cukup pakai kain lap basah dan bersihkan seluruh bagian secara merata. Anda bisa memanfaatkan cairan pembersih exterior cleaner supaya proses bersih-bersih bisa berjalan lebih efektif. Pakai sikat kawat lembut untuk celah yang sulit terjangkau.

Sembari itu, lakukan pengecekan teknis untuk melihat potensi masalah. Seperti adanya rembesan oli di mesin atau berkurangnya cairan-cairan seperti minyak rem secara signifikan. Bersihkan pula sisi dalam dari pintu ruang mesin.

3. Eksterior

Setelah mobil bersih dan kering, Anda bisa lakukan pengecekan beberapa bagian eksterior. Tahap ini butuh cairan pembersih dan kain mikrofiber.

Deteksi bagian depan mobil dari risiko terkena polusi udara, aspal, dan serangga. Gunakan cairan khusus Bugs n Tar Removal karena biasanya aspal dan serangga yang menempel agak sulit untuk dilepaskan.

BACA JUGA : Demi Keselamatan dan Kenyamanan, Begini Cara Atur Barang Bawaan Anda Saat Perjalanan Balik Lebaran

Jangan dicungkil karena bisa membuat bodi mobil baret. Area lain yang punya potensi sama terkena aspal dan serangga adalah sepatbor dan pelek mobil.

Inspeksi lebih jauh bodi dan kaca mobil serta pelek. Kalau ada kotoran lain yang menempel, bersihkan dengan memakai exterior cleaner. Jika mau lebih yakin, Anda bisa membersihkan seluruh bagian bodi mobil dengan cairan ini.

Jangan gunakan cairan ini untuk membersihkan kaca mobil karena akan menimbulkan efek berkabut. Untuk kaca, Anda bisa pakai bahan glass cleaner.

Selain membersihkan, cairan ini juga biasanya punya fungsi untuk melapisi kaca dari kotoran sehingga air hujan bisa langsung turun seperti efek air di daun talas.

Kalau mau hasil lebih baik, Anda bisa aplikasikan cairan pelindung mobil (body protectan) untuk melindungi bodi mobil dari kotoran dan memberi efek mengilap seperti baru.

Untuk bodi mobil yang penyok, Anda bisa melakukan perbaikan di fasilitas Body & Paint (BP) milik Auto2000. Meski tanpa asuransi, Anda tetap bisa mendapatkan layanan perbaikan bodi mobil terbaik seperti Express Body & Paint di 21 fasilitas BP Auto2000 di seluruh Indonesia.

BACA JUGA : Bikin Hati Tenang, Tips Ini Bantu Anda Berkendara Dengan Aman dan Nyaman di Jalan Tol Trans Jawa

4. Interior

Sebagai pusat aktivitas para penumpang, kabin mobil tak luput dari kotoran. Apalagi bila perjalanan mudik Anda membawa anak kecil.

Untuk langkah awal, keluarkan seluruh karpet mobil dan bersihkan dengan siraman air bersih dan sabun colek. Keringkan di tempat panas. Jangan sampai lembab karena akan menimbulkan bau tak sedap.

Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan kotoran di dalam kabin. Area seperti kolong jok dan dasbor, rongga penyimpanan, dan celah-celah di jok punya potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan.

Cover jok mobil berbahan fabric juga bisa dilepaskan dan dicuci seperti mencuci pakaian. Sementara cover dengan bahan kulit sintetis tidak perlu dicopot dan cukup diseka dengan air hangat dan kain chamois.

BACA JUGA : Perhatikan 8 Hal Ini Ketika Isi Bensin Saat Mudik, Nomor 6 Banyak Yang Belum Tahu

Perhatikan apakah ada noda membandel yang menempel di dalam mobil. Bersihkan dengan interior cleaner dan seka dengan kain lap bersih.

Kalau mau lebih efektif, Anda bisa menggunakan cairan pembersih spesifik seperti vinyl cleaner untuk material plastik yang banyak terdapat di dasbor dan panel pintu, wood panel cleaner untuk panel kayu, fabric cleaner untuk bahan kain, leather cleaner untuk bahan kulit, atau glass cleaner untuk bahan kaca atau plastik bening.

Setelah seluruh area dibersihkan, jangan lupa aplikasikan bahan pelindung untuk materi berbahan plastik dan kayu untuk melindung dari sengatan cahaya matahari dan memberi efek mengilap.

Untuk yang berbahan kain atau fabric tidak perlu bahan pelindung karena pori-pori yang besar bakal menyerap cairan. Sedangkan untuk bahan kulit, baik asli atau sintetis, bisa menggunakan leather conditioner untuk membuatnya tetap lembab dan tidak mudah pecah permukaannya.

BACA JUGA : Sangat Instagramable, Inilah Alasan Anda Harus Coba Jalur Pantai Selatan Jawa Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

5. Bagasi

Banyak orang melupakan area bagasi, apalagi untuk mobil jenis sedan seperti Toyota Vios yang bagasinya terpisah. Padahal sebagai tempat meyimpan barang, bagasi rentan kotor.

Kalau ada karpet, keluarkan dan cuci dengan sabun. Pastikan kering sempurna supaya tidak lembab.

Pakai vacum cleaner untuk membersihkan bagasi. Perhatikan segala sudut dan celah untuk memastikan tidak ada kotoran tertinggal. Termasuk pula ruang penyimpanan ban serep yang ada di bawah bagasi seperti di Toyota Sienta.

Waspada noda yang tertinggal di bagasi. Anda bisa mengaplikasikan cairan interior cleaner untuk mengangkat noda membandel. Pastikan bersih sempurna supaya tidak meninggalkan jejak bau.

Cairan tersebut juga bisa Anda pakai untuk membersihkan dinding bagasi berbahan plastik. Bersihkan pula sisi dalam pintu bagasi, termasuk pertemuan dengan bodi mobil.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia