Ini Resiko Yang Dihadapi Jika Posisi Duduk Yang Terlalu Jauh Dengan Kemudi"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ini Resiko Yang Dihadapi Jika Posisi Duduk Yang Terlalu Jauh Dengan Kemudi

Posisi duduk yang benar menentukan kenyamanan dan keamanan anda saat berkendara. Kebanyakan orang malah duduk pada posisi yang terlalu jauh dari kemudi. Posisi yang umum ini akan menimbulkan masalah-masalah berikut :

Penambahan waktu reaksi

Dengan posisi duduk yang terlalu mundur, area pandang terhalangi dan jarak mobil dari kecelakaan di jalan semakin panjang. Semua ini, disertai dengan rasa percaya diri yang palsu, akan menambahkan waktu persepsi menjadi lebih lambat. Selain itu, begitu bahaya ditangkap, pengemudi harus memajukan tubuhnya untuk dapat bereaksi, dan proses ini membutuhkan waktu lebih lama. Banyak kecelakaan terjadi karena lambatnya respons pengemudi, yang disebabkan oleh posisi duduk pengemudi yang salah.

Kenyamanan

Berbeda dengan pemikiran Anda, duduk dengan posisi terlalu mundur hanya akan terasa nyaman dengan asumsi bahwa Anda mengemudi pada jalan yang sepenuhnya lurus dan rata. Jika tidak, Anda harus mencondongkan tubuh ke arah kemudi dan memberikan tekanan yang tidak perlu pada daya kendali selama setiap gerakan yang sekecil apa pun, dan Anda tidak akan mendapatkan topangan samping saat mengemudi.

Area pandang

Duduk pada posisi terlalu maju atau terlalu mundur membuat si pengemudi melihat ke arah bawah pada jarak terdekat, bukan ke arah yang lebih tinggi. Hal ini mempengaruhi jalur pengemudian, kemulusan pengemudian, waktu reaksi, dll.

Sebagian orang menyarankan posisi duduk yang sejauh mungkin dari kantung udara, dan menempatkan tangan pada titik bagian bawah kemudi, demi menghindari benturan dengan kantung udara.

Faktanya adalah, kecuali Anda duduk pada posisi terlalu dekat secara ekstrem dengan kemudi atau dengan kedua tangan pada titik yang terlalu tinggi (posisi jam 11 dan jam 1, atau lebih tinggi lagi) pada kemudi, Anda tidak akan mengalami risiko cedera oleh benturan dengan kantung udara.

Lagipula, jika Anda duduk dengan posisi yang membahayakan daya kendali, Anda sebenarnya juga sedang membahayakan orang lain (penumpang mobil Anda dan pengguna jalan yang lain). Posisi duduk yang baik akan membantu mencegah kantung udara menggembung terlalu cepat dan mencegah cedera karena kantung udara, serta hal-hal lain yang berbahaya jika terjadi kecelakaan.

Jadi yang biasanya menyetir dengan posisi duduk jauh dari kemudi, coba disesuaikan kembali ya sebagaimana posisi duduk yang benar agar nyaman dan aman saat berkendara.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia