Ingat Lagi Bahaya Aquaplaning Saat Berkendara"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ingat Lagi Bahaya Aquaplaning Saat Berkendara

Auto2000.co.id – Salah satu yang perlu diwaspadai saat berkendara di bawah guyuran hujan lebat. Menurut Suparman, Kelapa Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, ada banyak bahaya saat berkendara di musim hujan.

Salah satu yang kerap sulit diprediksi dan kurang diperhatikan pengendara adalah masalah aquaplaning.

“Ini memang agak sulit diprediksi, kondisi aquaplaning atau hydroplaning biasanya terjadi di jalan tol dengan lintasan lurus yang dipenuhi genangan air,” jelasnyanya.

“Nah, pengendara sendiri pada umumnya akan lebih fokus berkonsentrasi pada sisi visibilitas pandangan depan, bukan pada kondisi permukaan jalan,” kata Suparman.

BACA JUGA : Ada Gempa Bumi dan Tsunami, Lakukan 2 Tahapan Ini Untuk Menyelamatkan Diri dan Mobil Toyota Kesayangan Anda

Lantas apa aquaplaning itu?

Suparman menjelaskan bahwa aquaplaning adalah sebuah kondisi dimana ban kendaraan kehilangan daya cengkeramnya atau traksi terhadap permukaan aspal akibat adanya genangan air.

Kondisi ini terjadi akibat air yang terakumulasi di bagian depan ban mobil yang dipadukan lagi dengan kecepatan kendaraan. Kondisi tersebut membuat alur pada telapak ban tak bisa menampung genangan air.

Gambaran singkatnya, mobil terasa tak menapak ke aspal karena hilangnya traksi tadi, dan efek yang ditimbulkan bisa sangat fatal karena pengendara akan kehilangan kontrol terhadap kemudi.

BACA JUGA : Catat! Ini 5 Bagian Mobil Yang Sensitif Abu Vulkanik

Karena itu Suparman mengingatkan pengendara untuk tidak memacu kendaraannya pada kecepatan tinggi, namun berlahan menurukan tekanan pedal gas.

Ada baiknya pengendara juga mempertahankan laju mobil pada kecepatan yang konstan, seperti di 60 km/jam. Selain itu penting juga untuk memastikan bila permukaan ban masih bagus, artinya tidak botak atau sudah mengalami keausan.

“Kecepatan dan kondisi ban menjadi kuncinya, apalagi mengingat jalan tol sudah banyak yang beroperasi,” jelas Suparman.

“Jaga kecepatan, jangan melakukan manuver yang mendadak, dan paling utama pastikan ban dalam kondisi yang baik, kalau sudah botak lebih baik langsung diganti di bengkel resmi Auto2000,” tutupnya.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia