Indikator Baterai Menyala Setelah Melibas Genangan"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Indikator Baterai Menyala Setelah Melibas Genangan

Seorang customer cukup panik ketika berkendara saat banjir tempo hari. Bukan karena mobilnya terjebak air, tapi karena lampu indikator baterai menyala terus setelah melibas genangan. Keterangan di buku manual menegaskan bahwa lampu indikator baterai yang tidak mau mati saat mesin hidup berarti telah terjadi sesuatu dengan sistem pengisian listrik.
Memang, begitulah fungsi lampu indikator. Pengendara harus segera bertindak sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah. Andai saja tanda di atas didiamkan, bukan tak mungkin mesin mobil mogok dan sulit dihidupkan. Karena, setelah diperiksa ternyata telah terjadi short circuit (korslet) pada dinamo jalan (alternator). Korslet kemudian diatasi dengan menambal insulator yang koyak.
Insulator yang koyak memang bisa memicu korslet. Sebab, benda seperti plastik ini berfungsi sebagai penyekat kabel positif dan kabel negatif. Air yang mengenang dan menyentuh dinamo dengan insulator yang koyak dapat membuat kedua kutub bermuatan listrik negatif dan positif bertemu, dan terjadilah arus pendek atau konslet pada gulungan dinamo.
​​​​​​​
Selain banjir, kasus seperti di atas juga bisa terjadi ketika kita mencuci kendaraan, terutama ketika semprotan air ke bagian mesin relatif keras. Pemicunya sama, yaitu cipratan air membuat dua kutub positif dan negatif bertemu akibat insulator yang rusak.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan masalah ini. Pertama, pastikan Anda mengetahui letak dinamo pada mesin, di bagian atas atau di bawah. Hal ini penting untuk memperkirakan ketika akan melalui genangan air. Jangan menerabas genangan air jika diperkirakan air akan menyentuh dinamo. Selain itu, jika hendak mencuci mesin, sebaiknya dinamo dilindungi sementara dengan kantong plastik.
Kedua adalah langkah perbaikan. Apabila diketahui ada kelainan pada dinamo, tidak ada cara lain kecuali harus di-over houl. Periksa secara teliti komponen apa saja yang harus dilakukan penggantian. Umumnya yang terbakar adalah gulungan pembangkit listrik (stator coil) atau gulungan pembangkit magnet (rotor coil). Pada beberapa kasus, ada juga kerusakan yang dipicu oleh kerusakan IC regulator.
(AstraWorld)

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF