LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Hindari Nyalakan Fog Lamp di Malam yang Cerah Ini Resikonya

 

Mobil terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan lampu kabut atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, fog lamp. Apakah fog lamp itu dan apa sebenarnya fungsi utamanya?

Satu hal penting yang harus diingat, fog lamp bukan aksesori tambahan di mobil-mobil mewah. Sebenarnya fitur ini dipasang bertujuan supaya pengemudi mobil bisa dengan jelas melihat jalanan dalam kondisi berkabut atau hujan yang sangat deras dan tidak perlu dinyalakan pada malam hari di cuaca yang cerah, tanpa hujan dan kabut.

Umumnya, fog lamp pada mobil ada dua jenis, yaitu:

1. Front fog lamp (lampu kabut depan)

Biasanya terpasang di bumper depan bagian bawah sisi kiri dan kanan.

2. Rear fog lamp (lampu kabut belakang)

Lampu kabut yang dipasang di bumper mobil bagian belakang, bagian basah sisi kiri dan kanan.

Kenapa tidak disarankan nyalakan fog lamp pada malam yang cerah? Karena sorotan fog lamp cenderung melebar ketimbang pendaran cahaya lampu utama yang lebih jauh ke arah depan, sehingga cahaya yang dihasilkan memang akan menjadi lebih terang tapi jarak pencahayaannya tidak akan jauh.

Jika dipakai pada cuaca cerah di malam hari, paparan fog lamp, baik fog lamp yang di depan maupun belakang,  bisa membuat pengemudi akan terganggu pandangannya karena silau.

Perilaku ini sudah pasti berisiko membahayakan pengendara lain maupun diri sendiri. Terlebih jika fog lamp penempatannya tidak presisi, sehingga menyebabkan paparan lampu menjadi sangat tajam.

Jadi ingat selalu gunakan fungsi lampu kendaraan dengan bijak ya. Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF