LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Gak Nyangka Ini Peranan Penting Talang Air Di Musim Hujan

Setiap pemilik mobil mestinya sudah tak asing dengan door visor, yang biasa disebut talang air. Namun, tahukah Anda fungsi talang air selain untuk estetika semata?

Saat ini talang air bahkan sudah tidak lagi menjadi aksesori di beberapa tipe MPV dan SUV, alhasil pemilik mobil tak perlu lagi repot membelinya secara terpisah. Meski tak asing, namun sebagian besar pemilik mobil masih meremehkan fungsi talang air.

Fungsi utama talang air bukan hanya menunjang tampilan mobil. Seperti julukanya, talang air bertugas melindungi air yang coba masuk ke dalam area kabin. Perannya cukup krusial, khususnya saat musim hujan.

Dengan talang air, cipratan akan terhalang masuk ke dalam kabin mobil saat jendela dibuka. Contohnya saat pengendara sedang melakukan pembayaran tol, atau membuka kaca untuk sirkulasi udara dalam kabin.

Hadirnya talang air akan mereduksi potensi air masuk ke dalam area kabin, serta melindungi perangkat elektronik di dalam mobil dari cipratan air. Contohnya seperti power window yang ada di door trim, dan rawan masalah saat terkena air.

Selain itu, talang air juga memungkinkan pengemudi sedikit membuka kaca saat cuaca hujan ataupun panas, yang membuat sirkulasi udara di dalam mobil menjadi lebih baik.

Meski bukan komponen utama, tak ada salahnya bagi mobil yang belum dilengkapi talang air untuk mengaplikasikan perangkat tersebut. Karena selain meningkatkan tampilan mobil dan fungsi sebagai penahan air, harganya juga tidak begitu mahal.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia