fungsi tuas mobil matic

Pahami Fungsi Tuas Mobil Matic dan Perbedaannya dengan Mobil Manual

Diterbitkan30 Apr 2024

Tuas mobil matic menjadi komponen penting dalam sistem transmisi otomatis. Fungsi tuas mobil matic yaitu memberikan kemudahan kepada AutoFamily untuk mengatur perpindahan gigi tanpa perlu menggunakan kopling secara manual, seperti pada mobil dengan transmisi manual. 


Dalam mobil matic, tuas ini memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara, karena proses perpindahan gigi dilakukan secara otomatis tanpa intervensi langsung dari pengendara seperti menekan kopling. Pemahaman mendalam mengenai fungsi tuas mobil matic penting bagi AutoFamily untuk memaksimalkan kinerja dan keamanan dalam penggunaan sehari-hari.


Kalau begitu, yuk simak apa saja fungsi tuas mobil matic dan perbedaannya dengan mobil manual di bawah ini. 


Sekilas Tentang Mobil Matic

Mobil matic adalah jenis mobil yang menggunakan transmisi otomatis. Berbeda dengan mobil manual yang menggunakan tuas transmisi untuk mengganti gigi, mobil matic tidak memerlukan perubahan gigi secara manual. 


Sebagai gantinya, mobil matic menggunakan sistem transmisi otomatis yang mengatur perubahan gigi secara otomatis sesuai dengan kecepatan dan beban mobil saat berkendara. 


Perbedaan utama antara mobil matic dan mobil manual terletak pada proses perpindahan gigi. Pada mobil manual, pengemudi harus secara manual menggunakan tuas transmisi untuk mengganti gigi, sedangkan pada mobil matic, proses perubahan gigi dilakukan secara otomatis oleh sistem transmisi.


Jika Anda berencana membeli mobil matic dalam waktu dekat, AutoFamily bisa berkunjung ke dealer Auto2000. Tersedia juga jenis mobil lain seperti Toyota Voxy sebagai mobil keluarga premium yang memberikan kenyamanan maksimal. 


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM

Fungsi Tuas Mobil Matic

Tuas mobil matic adalah bagian penting dalam sistem transmisi mobil matic. Tuas ini digunakan untuk memilih posisi transmisi, seperti parkir (P), mundur (R), netral (N), dan posisi drive (D). Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. P (Parking) = Parkir

Huruf "P" pada persneling mobil otomatis mengindikasikan posisi parkir. Saat mobil AutoFamily berada dalam posisi parkir, roda belakangnya terkunci sehingga mobil tidak dapat bergerak. Ini adalah posisi yang aman dan ideal ketika Anda mematikan mesin atau saat kendaraan tidak sedang digunakan. Pastikan Anda mengaktifkan mode ini apabila sedang berhenti berkendara ya, supaya mobil tidak bergerak dan dapat memposisikan diri.


2. R (Reverse) = Mundur

Serupa dengan mobil manual, apabila Anda ingin mundur, maka tinggal mengarahkan tuas transmisi pada posisi R. Bedanya pada bagian pedal kopling saja. Pada mobil matic, saat persneling mobil matic berada di posisi "R", mobil akan bergerak mundur apabila pengemudi menekan pedal gas. Ini digunakan untuk melakukan manuver mundur, seperti keluar dari tempat parkir atau mundur dari sebuah jalan.


3. N (Neutral) = Netral

Posisi "N" menandakan netral. Saat mobil dalam posisi netral, mesin tidak terhubung dengan transmisi, sehingga roda tidak terkunci. Ini memungkinkan mobil untuk bergerak bebas, tanpa mengirim tenaga ke roda. Anda dapat menghidupkan mode ini apabila memilih berhenti sebentar dengan posisi mesin yang tidak dimatikan. Sementara Anda masih berada dalam balik kemudi untuk menunggu langkah berikutnya.


4. D (Drive) = Maju

Tentu Anda sudah tidak asing dengan persneling mobil matic mode ini bukan? Huruf "D" adalah mode drive, mengemudi, jalan atau maju. Ini adalah posisi yang paling sering digunakan saat mengemudi. Saat berada pada posisi "D", transmisi akan secara otomatis menggeser gigi agar kendaraan dapat bergerak maju. Anda dapat mengaktifkan mode ini apabila akan mulai berkendara.


Pada posisi ini pula, terdapat kode angka mulai 1 hingga 3. Anda bisa saja mengatur otomatis perpindahan gigi tersebut. Untuk angka 1, berarti Anda akan berjalan pada turunan yang curam, sehingga mobil tidak terlalu kencang. Sementara jika Anda melewati tanjakan, posisikan pada angka 2 supaya kecepatannya sedang. Terakhir pada angka 3, Anda dapat mengemudi dengan kecepatan yang tinggi.


5. L atau 1, 2, 3 (Low Gears) = Gigi Rendah

Beberapa mobil otomatis memiliki opsi gigi rendah, yang dapat dilambangkan dengan huruf "L" atau angka 1, 2, dan 3. Posisi ini digunakan ketika Anda ingin membatasi transmisi agar tetap berada di gigi rendah. Anda bisa menggunakan persneling mobil matic mode low gears ini saat melewati daerah dengan tanjakan atau turunan curam. Namun tentu saja sebelum mengaplikasikannya, pahami terlebih dahulu angka ini. Supaya lancar dalam mengendarai mobil.


Baca juga: Cara Memakai Sabuk Pengaman Mobil dengan Tepat

6. S (Sport)

Beberapa mobil otomatis modern seperti Toyota Agya Matic dilengkapi dengan mode "Sport" yang dapat dilambangkan dengan huruf "S". Mode ini dirancang untuk memberikan respons gas yang lebih dan mempertahankan gigi lebih lama sehingga dapat memberikan pengalaman mengemudi yang lebih sporty. Anda sebaiknya mengaktifkan mode ini apabila berkendara di jalan bebas hambatan seperti tol. Mengingat kecepatan yang dihasilkan juga cukup tinggi. Selain itu, penggunaannya juga biasanya untuk tes drive pada mobil mewah.

7. Shift Lock

Beberapa mobil dengan transmisi ini memiliki fitur Shift Lock. Fungsinya adalah agar bisa melepas pengunci tuas transmisi. Sehingga nantinya bisa dipindahkan ke posisi N saat mesin sedang mati. Selain itu, Shift Lock juga bisa dimanfaatkan ketika sedang parkir paralel. Mobil ini bisa digeser dengan cara didorong. Namun demikian, utamakan keselamatan dan keamanan dalam memanfaatkannya.


Selain keamanan, shift lock juga berfungsi sebagai pengingat untuk pengemudi agar selalu memastikan bahwa kendaraan berada dalam posisi "Park" sebelum keluar dari kendaraan. Hal ini mencegah kejadian di mana pengemudi keluar dari kendaraan tanpa menyadari bahwa persneling masih dalam posisi "Drive" atau "Reverse," yang dapat mengakibatkan kendaraan bergerak secara tiba-tiba.


Baca juga: Cara Menetralkan Mobil Matic dengan Benar


Perbedaan Fungsi Tuas Mobil Matic dengan Mobil Manual

Pada mobil manual, tuas transmisi memerlukan intervensi manual dari pengemudi untuk melakukan perpindahan gigi. Proses ini memerlukan keterampilan dan koordinasi yang baik, terutama saat berkendara di kondisi jalan yang beragam.


Perbedaannya terletak pada tingkat kompleksitas penggunaan tuas transmisi. Tuas mobil matic memberikan kemudahan yang lebih sederhana dan mudah dipahami. Sebaliknya, tuas mobil manual memerlukan keahlian khusus dalam pengoperasiannya, karena pengemudi perlu secara manual menggeser tuas untuk mengganti gigi.


Kelebihan dalam menggunakan tuas mobil matic adalah kemudahan penggunaan, khususnya bagi pengemudi yang belum terbiasa dengan kompleksitas penggunaan tuas transmisi. Meskipun demikian, penggunaan tuas mobil manual memiliki keunggulan tersendiri, seperti kontrol langsung terhadap perubahan gigi.


Pemahaman yang baik mengenai perbedaan ini dapat membantu AutoFamily memilih jenis transmisi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan berkendara Anda. 


Baca juga: Cara Memakai Sabuk Pengaman Mobil dengan Tepat

AutoFamily yang sudah memahami fungsi tuas mobil matic dan perbedaannya dengan mobil manual, Anda dapat menikmati sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh teknologi transmisi otomatis. Dari kemudahan dalam perpindahan gigi hingga tingkat kenyamanan saat berkendara, mobil matic memenuhi kebutuhan akan pengalaman mengemudi yang lebih optimal.


Baca Juga: Cara Menyetir Mobil Matic untuk Pemula


Dalam upaya meningkatkan kenyamanan berkendara, penting juga untuk servis berkala mobil Anda. Tersedia kupon servis Toyota yang dapat diakses melalui Auto2000 Digiroom. Yuk, kunjungi Auto2000 untuk tingkatkan performa mobil Anda sekarang juga. 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.