Cancel

Fungsi Talang Air Mobil, Bukan Sekadar Aksesoris

Fungsi talang air mobil, atau dikenal pula sebagai door visor, ternyata bukan sekadar aksesori yang mempercantik tampilan mobil Toyota New Vellfire Anda.

Lebih dari itu, talang air yang letaknya ada di bagian atas kaca jendela pintu mobil ini adalah pelindung Anda di kala hujan agar tidak basah. Door visor ini juga memiliki fungsi sebagai pelindung komponen di dalam mobil. 

Fungsi Talang Air Mobil yang Bermanfaat

Ada 4 fungsi talang air yang bisa menjadi pelindung mobil dari kerusakan. Apa saja?

1. Meredam suara bising dari luar

Masih banyak AutoFamily yang salah sangka akan fungsi talang air pada mobil. Kebanyakan mengira bahwa bagian ini hanyalah aksesori untuk menambah daya tarik tampilan mobil dari luar.

Tidak salah, karena memang adanya door visor ini bisa meningkatkan penampilan bodi mobil dari luar sehingga terlihat lebih menarik. 

Namun, talang air ini sebenarnya memiliki fungsi selain hanya sebagai aksesori, yaitu peredam suara dari luar. Terpasang di bagian luar atas jendela mobil, ternyata door visor mampu mengarahkan aliran udara pada mesin ketika bergerak.

Alhasil, suara bising jalanan maupun riuh dari luar mobil pun teredam. Kondisi kabin jadi lebih senyap dan Anda dapat menikmati perjalanan dengan tenang. Namun, ingat juga bahwa bisa saja kompresor AC kurang oli menyebabkan suara bising, jadi cek secara teliti juga darimana sumber suara berasal. 

Baca juga: Cara Mengetahui Nama Pemilik Mobil Berdasarkan Plat Nomor

2. Melindungi pengemudi dan penumpang dari air hujan

Fungsi talang air mobil yang paling utama sebenarnya adalah untuk melindungi penumpang dan pengemudi mobil dari air hujan. Door visor ini dirancang untuk mencegah air masuk ke dalam mobil, terutama saat kondisi hujan.

Pernahkah Anda mengamati dan menyadari bahwa bentuk door visor ini melengkung menutupi bagian atas kaca samping mobil? Bentuk lengkung itu tujuannya untuk mengalirkan air ke bagian depan dan belakang yang jatuh dari pintu mobil.

Jadi, ketika hujan tiba, air yang mengguyur bagian atas mobil tidak akan otomatis jatuh ke samping pintu tempat penumpang dan pengemudi keluar masuk, melainkan dibuang ke bagian belakang dan depan. 

Alhasil, saat Anda menekan power window untuk membuka kaca jendela, air hujan tidak langsung mengguyur tepat di samping jendela, namun mengalir ke bagian depan kap dan bodi belakang mobil. 

3. Mengurangi embun

Tak hanya mengurangi guyuran air hujan dari kaca jendela samping, fungsi talang air mobil juga bisa meminimalisir embun. Khususnya embun pada bagian kaca depan yang berisiko mengurangi jarak pandang pengemudi.

Ketika embun pada bagian kaca depan dapat diminimalisir, maka Anda bakal mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman. Begitu pun pada kaca samping mobil, embun tidak akan otomatis menempel di kaca berkat adanya door visor. 

Baca juga: 5 Kemungkinan Penyebab Kipas Radiator Mobil Mati

4. Melindungi komponen di dalam mobil

Masih berhubungan dengan musim hujan, fungsi talang air mobil juga dapat melindungi komponen di dalam mobil, seperti berbagai tombol elektrik yang menempel pada panel. Bayangkan bagaimana jika door visor ini tidak ada.

Ketika jendela tidak tertutup rapat, guyuran air hujan akan merembes ke dalam kabin dan membasahi berbagai komponen di dalamnya. 

Namun, berbeda ketika door visor terpasang di tiap kaca jendela mobil. Saat musim hujan turun, air secara otomatis akan dialirkan ke bagian depan dan belakang, sehingga tidak akan mungkin merembes melalui kaca. Anda tidak perlu khawatir air masuk ke dalam kabin dan membasahi berbagai komponen elektrik di panel. 

Baca juga: Apa Saja Fungsi Tutup Radiator Dengan 2 Katup?

Nah, itulah tadi berbagai fungsi talang air mobil yang ternyata tidak hanya sekadar aksesori untuk memperindah tampilan mobil. Komponen ini memiliki fungsi penting di kala hujan sebagai pelindung penumpang maupun panel kelistrikan di dalam kabin. 

Jika AutoFamily ingin mengganti atau memasang talang air untuk mobil Toyota terbaru, bisa kunjungi dealer Auto2000 atau booking Auto2000 Home Service online. Nikmati berbagai kemudahan servis mobil dan dapatkan promo dan hot deals dari Toyota Fortuner di Auto2000 Digiroom.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Mobil Aman Tetap Prima dengan Promo Mantap
Hai AutoFamily!

Mobil lebih awet dan prima dengan promo Mobil Aman Tetap Prima dari Auto2000. Dapatkan diskon 10% untuk pembelian TMO Injector Cleaner melalui Auto2000 Digiroom. Dapatkan juga berbagai diskon suku cadang dan aksesoris hingga 30% selama bulan September ini.

Tunggu apa lagi? Dapatkan promo mantap dengan klik button di bawah ini.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 September 2022
Promo September Ceria Bersama THS
Hai AutoFamily!

Servis mobil yang profesional dan terjamin seringkali sulit ditemukan dilokasi anda. Jangan khawatir, servis Toyota yang profesional, lengkap bahkan tanpa biaya kunjungan kini hadir di manapun lokasi Auto Family dengan layanan THS dari Auto2000.

Nikmati mudahnya servis dari lokasi Anda dengan program September Ceria bersama THS dari Auto2000. Dapatkan TMO Cabin Disinfectant secara Gratis untuk setiap Servis Berkala & ganti oli selama bulan September 2022. Selain itu AutoFamily juga masih bisa menggunakan fasilitas Free Check Up kendaraan via THS selama program ini berlangsung.

Yuk booking THS sekarang dan dapatkan promonya!
01 September 2022
Promo - Pengecekan Komponen Toyota Bali
Hai AutoFamily Bali!

Tak hanya kesehatan tubuh, kesehatan Toyota AutoFamily juga perlu dijaga lho agar selalu prima!

Beberapa komponen Toyota seperti aki (battery), kopling, shock absorber dan ban memiliki peran yang cukup vital. Dengan menyepelekan perawatan keempatnya akan merugikan diri sendiri lho!

Yuk, lakukan pengecekan komponen Toyota AutoFamily sekarang juga! Tersedia pengecekan GRATIS dan diskon part hingga 700 Ribu* loh.

Tunggu apalagi? Yuk, segera isi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk pengecekan komponen Toyotamu.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
12 September 2022
Hemat servisnya banyak untungnya
Jangan sampai ketinggalan perawatan hemat kendaraanmu dengan promo-promo istimewa bulan ini. Dapatkan diskon hingga 30% untuk jasa dan 15% untuk Sparepart saat melakukan pemesanan berbagai layanan servis di program Auto Sehat Hemat Servisnya, Banyak Untungnya. Dapatkan juga Oli TMO Synthetic secara Gratis setiap pemesanan servis berkala dan THS dengan menggunakan kode promo.*

Ini dia beberapa paket servis (kode promo) yang bisa AutoFamily gunakan:
- SEHATOLI → Free 1L Oli TMO Synthetic senilai Rp 101.000 untuk Pemesanan Servis Berkala atau pekerjaan Ganti Oli.
- SEHATKOPLING → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Kopling.
- SEHATSHOCK → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Shock Abs.
- SEHATAKI → Diskon Jasa 30% dan Part 10% untuk Pekerjaan Ganti Aki.
- SEHATBAN → Diskon Ban 10% untuk Pekerjaan Ganti Ban.
- SEHATBRAKE → Diskon Jasa 30% dan diskon Part 10% untuk Brake Pad dan Brake Shoe (Non-Servis Berkala).

Promo ini dapat didapatkan melalui :
1. Pemesanan melalui Website Auto2000 Digiroom, dengan mengisi form di bawah ini.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
01 Agustus 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF