Fungsi_Master_Rem_Dalam_Sistem_Pengereman_Mobil.jpg

Fungsi Master Rem dan Jenisnya Dalam Sistem Pengereman Mobil

Diterbitkan24 Nov 2022

Fungsi master rem adalah suatu komponen yang penting pada sistem pengereman. Komponen ini harus dipastikan bekerja dengan maksimal setiap AutoFamily menggunakan mobil. Jika tidak bekerja maksimal, maka keselamatan AutoFamily dalam perjalanan bisa terancam.

Rem tangan kurang pakem sering menjadi alasan kecelakaan terjadi di lalu lintas. Itulah mengapa sistem pengereman sangatlah krusial. Salah satu bagian dari sistem pengereman yang bersifat krusial adalah master. Apa fungsi master rem di dalam mobil?

Ingin tahu bagaimana fungsi master rem mobil sehingga harus dalam kondisi prima sepanjang waktu? Simak rangkuman lengkapnya di bawah ini.

Fungsi Master Rem

Dari namanya, master rem ini memang memiliki posisi krusial dalam sistem pengereman. Dikenal juga sebagai brake master cylinder, fungsi master rem adalah memberikan tekanan hidraulis pada sistem pengereman.

Master rem memiliki bodi berbentuk silinder dengan bahan besi. Selain itu terdapat tabung plastik atau reservoir tank yang berguna untuk menampung minyak rem. Jika Anda ingin mencari tahu di mana posisi master rem, letaknya ada di ruang mesin. Lebih tepatnya di dinding pemisah ruang mesin dengan kabin yang ada di sisi pengendara.

Mengapa posisi master rem ada di sisi pengendara? Tentu saja harus dekat dengan pedal rem. Apalagi di dalam master rem ada brake booster yang bertugas untuk memperbesar tenaga injakan pedal rem pengendara. Jadi ketika Anda menekan pedal rem, akan terasa jauh lebih ringan karena keberadaan booster rem ini. Berbanding terbalik kalau tidak ada brake booster. Pasti Anda membutuhkan tenaga lebih besar saat menginjak pedal rem.

Di dalam master rem terdapat beberapa komponen lainnya. Dimulai dari piston, per/pegas dan seal. Tentu saja semuanya menjadi satu kesatuan yang sangat penting untuk tetap dalam kondisi prima.

Baca juga: Wajib Tahu 4 Ciri-Ciri Kampas Rem Mobil Habis

Cara Kerja Master Rem

Sebagai pemilik mobil dan menggunakannya menjadi kendaraan sehari-hari, AutoFamily sebaiknya mengenali bagaimana master rem bekerja. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1. Pedal Rem di Tekan

Saat pedal rem mulai ditekan, piston mobil akan bergerak ke arah kanan dan menutup saluran kompensasi agar tekanan dalam hidrolik bertambah. Tekanan hidrolik ini nantinya akan dikirimkan ke silinder roda mobil atau kaliper tergantung jenis remnya.

2. Tidak ada Penekanan Pedal Rem

Lalu bagaimana jika pedal rem tidak diinjak? Jawabannya adalah piston cup yang berada di master silinder rem akan bertempat di antara saluran masuk dan kompensasi. Sehingga, muncul 2 saluran di antara master silinder dan reservoir tank.

Baca juga:Apa Itu Anti Lock Braking System dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jenis Master Rem

Sebenarnya master rem tidak hanya ada satu jenis saja. Lebih tepatnya ada dua jenis master rem. Ada master rem silinder tunggal dengan satu piston dan master rem silinder ganda dengan dua piston.

Posisi piston dalam master rem sangat penting. Jadi saat pedal rem diinjak oleh Anda, piston akan bergerak maju dan meningkatkan tekanan hidraulis dalam silinder master rem. Nantinya tekanan hidraulis ini akan mendorong minyak rem untuk menekan piston rem yang sudah ada di setiap roda. Jadi bisa disimpulkan bahwa master rem mengatur tekanan hidraulis, khususnya setelah pedal rem diinjak.

Kemudian piston rem akan menekan kampas rem untuk menjepit cakram atau tromol, sesuai dengan jenis rem yang ada di dalam mobil tersebut. Kalau injakan pedal rem dilepas, piston yang ada di master rem kembali ke posisi semula. Inilah yang membuat timbul gaya vakum di depan piston. Akhirnya minyak rem bisa tersedot kembali ke posisi awalnya. Gaya pengereman di kampas rem juga hilang sehingga roda bisa kembali berputar untuk akselerasi.

Baca juga:Sambutlah, Toyota Innova Zenix yang Sudah Tersedia di Auto2000 Digiroom

Jika master rem dalam kondisi yang kotor atau bahkan mengalami kerusakan, maka besar kemungkinan munculnya beberapa permasalahan seperti rem yang tidak dapat berfungsi dengan baik atau dapat dikatakan tidak pakem. Dengan begitu, Anda membutuhkan jarak yang lebih jauh untuk melakukan pengereman.

Fungsi dari master rem yang sangat penting di dalam mobil membuat AutoFamily harus memastikan bahwa kondisi tetap prima. Perawatan sistem pengereman dan pengecekan seluruh komponen mobil secara berkala memang diperlukan. Selain kenyamanan berkendara, hal ini juga akan menunjang keselamatan dan keamanan dalam berkendara. Namun jangan sampai salah bengkel. AutoFamily harus mencari bengkel resmi yang tepat. Tentu saja solusi terbaik yang bisa dipilih adalah Auto2000.

Auto2000 adalah dealer sekaligus bengkel resmi mobil Toyota di Indonesia. Dengan dukungan teknisi handal dan berpengalaman di sini, sistem pengereman mobil AutoFamily pasti bisa kembali dalam kondisi prima. Auto2000 telah memiliki cabang di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, hingga Bali. Tertarik untuk melakukan servis di Auto2000? Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.