Dilarang Lakukan Hal Hal ini Sambil Menyetir Beresiko Kecelakaan"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Dilarang Lakukan Hal Hal ini Sambil Menyetir Beresiko Kecelakaan

Jalanan bisa jadi adalah sebuah medan yang penuh dengan bahaya. Apalagi jika anda memiliki kebiasaan mengemudi yang tidak baik. Bukan hanya akan membahayakan diri anda sendiri, tapi juga pengemudi lain di jalan raya. Ya kadang musibah memang tidak bisa ditebak kapan datangnya, tapi kita harus tetap hati-hati dalam melakukan berbagai hal.

Mematuhi semua aturan, karena mulai dari rambu sampai larangan dibuat untuk keselamatan para pengguna jalan. Percuma dipasang rambu, disediakan fasilitas jalan yang lebar dan mulus, tapi digunakan oleh pengemudi yang seenaknya dan asal-asalan. Berikut ini adalah beberapa larangan yang harus anda perhatikan saat menyetir mobil. Apa itu? Simak informasi di bawah ini ya.

Menggunakan Handphone

Saat handphone sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok, ke mana-mana selalu dibawa. Bahkan saat mengemudi sekalipun. Parahnya, bukannya ditaruh malah digunakan untuk melakukan panggilan telepon.

Padahal, tindakan tersebut bisa beresiko menyebabkan kecelakaan karena mengurangi konsentrasi saat berkendara. Sebuah penelitian menyebutkan jika penyebab terbesar dari kecelakaan adalah menggunakan handphone saat menyetir.

Bahkan satu dari empat penyebab kecelakaan adalah menggunakan handphone. Jika memang ada telepon yang mendesak, sebaiknya menepi terlebih dahulu untuk menjawab panggilan.

Berdandan

Berdandan juga menjadi aktivitas yang identik dengan para wanita. Hal itu penting  agar penampilan jadi lebih cantik dan menawan. Namun terkadang karena masalah waktu dan takut telat, ada sebagian wanita yang nekat dandan sambil menyetir mobil. Mungkin niatnya hanya menggunakan bedak atau lipstick sederhana.

Tapi tetap saja, perhatian dan mata akan teralihkan untuk memandang cermin di mobil sambil sesekali melihat ke depan. Konsentrasi dan fokus pada jalan jadi berkurang, bagaimana jika tiba-tiba ada kendaraan yang ingin belok dan orang menyeberang? Jika anda telat menginjak rem, mungkin akan terjadi kecelakaan.

Selfie

Smartphone atau handphone saat ini sudah semakin canggih. Hal itu mempengaruhi budaya dan kebiasaan seseorang. Dulu ketika mau makan ya tinggal makan, sekarang masih didahului dengan ritual foto selfie dan pamer di sosial media. Bahkan ada yang selfie juga saat mengemudikan kendaraan.

Sama seperti berdandan, foto selfie akan membuat perhatianmu pada jalan teralihkan. Bukannya melihat ke depan, mata anda jadi terarahkan ke kamera. Jangan melakukan tindakan yang beresiko, karena jika sudah mengalami kecelakaan bukan hanya anda yang rugi, tapi juga pihak lain.

Makan

Kadang karena telat dan terburu-buru, seseorang jadi memilih untuk sarapan sambil menyetir mobil. Manusia memang dibekali dengan kemampuan multi tasking, tapi tak semua hal bisa dilakukan sambil mengerjakan hal lain. Misalnya saja, makan sambil menyetir. Tangan anda yang sibuk memegang makanan, akan mengurangi kontrol terhadap kendaraan.

Jika ada sesuatu yang mengagetkan, anda bukannya mengerem malah meningkatkan kecepatan. Ya, resiko anda mengalami kecelakaan di jalan raya jadi semakin besar. Sebaiknya anda makan di tempat yang aman. Ada warung makan atau restoran, jika tidak ada pun anda bisa menghentikan kendaraan anda sejenak untuk menyantap makanan.

Membaca

Jalanan juga bisa menjadi tempat yang membosankan. Terutama jika anda mengalami macet. Di saat seperti itu, anda pasti ingin melakukan berbagai hal untuk mengusir kebosanan. Jika saat itu anda dalam posisi menyetir, hindari untuk membaca buku, majalah, koran dan lain sebagainya. Tetaplah konsentrasi untuk menatap ke depan agar anda bisa fokus.

Mabuk minuman keras

Selain menggunakan handphone untuk sms atau melakukan panggilan suara, mabuk juga menjadi penyebab kecelakaan terbanyak. Mabuk bukan hanya mengurangi fokus dan konsentrasi, tapi juga menghilangkan kesadaran.

Jika sudah begitu, tak peduli ada apa di depan, ditabrak aja. Selain itu mengkonsumsi minuman keras adalah tindakan yang tidak baik dan harus dihindari. Jika memang anda dalam keadaan mabuk atau sakit, lebih baik minta orang lain yang menyetir.

Itulah beberapa larangan yang harus anda perhatikan saat menyetir. Sekali lagi, hati-hati di jalan raya bukan hanya demi keselamatan anda, tapi juga untuk orang lain. Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia