Diharuskan Ganti Ban Mobil Sendiri Saat Situasi Terdesak Simak Langkah Ini"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Diharuskan Ganti Ban Mobil Sendiri Saat Situasi Terdesak Simak Langkah Ini

Pernahkah anda terjebak di pinggir jalan dengan ban kempis? Apakah anda mau untuk bisa mengganti ban sendiri tanpa bantuan? Untungnya, mengganti ban itu adalah mudah asal anda mau berusaha.

  • Cari tempat yang datar untuk mengganti ban anda. Anda membutuhkan tepat yang padat dan datar yang akan mencegah mobil anda menggelinding. Jika anda berada di dekat jalanan, parkir sejauh mungkin dari lalu lintas kendaraan, dan nyalakan hazard. Hindari tanah lembek dan perbukitan.Angkat dongkrak sampai menyentuh (tapi tidak mengangkat) mobil. Dongkrak harus diletakkan dengan kuat di bawah mobil, dan pastikan posisinya tegak lurus terhadap tanah. Copot dop roda dan kendorkan baut dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam. Jangan lepaskan, hanya kendorkan sedikit. Jika anda ingin mengendorkan baut saat roda telah diangkat, anda hanya akan bisa memutar rodanya.
  • Angkat dongkrak sampai menyentuh (tapi tidak mengangkat) mobil. Dongkrak harus diletakkan dengan kuat di bawah mobil, dan pastikan posisinya tegak lurus terhadap tanah. Copot dop roda dan kendorkan baut dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam. Jangan lepaskan, hanya kendorkan sedikit. Jika anda ingin mengendorkan baut saat roda telah diangkat, anda hanya akan bisa memutar rodanya.
  • Pompa dan naikkan dongkrak untuk mengangkat roda dari tanah. Anda harus mengangkatnya cukup tinggi agar anda dapat melepaskan roda dan memasang gantinya.
  • Lepaskan semua mur roda. Putar berlawanan dengan jarum jam sampai terlepas. Ulangi cara ini untuk semua mur, dan lepaskan seluruhnya. Lepaskan roda. Letakkan ban yang kempes di bawah mobil anda untuk berjaga jaga jika dongkrak rusak dan tiba-tiba mobil terjatuh, ini akan mencegah anda cidera. Jika posisi dongkrak tegak, anda tidak akan menemui masalah.
  • Letakkan ban cadangan ke posisinya. Berhati-hati saat memasukkan lubang-lubang pada baut as roda. Setelah terpasang dengan benar, pasang kembali mur roda. Kencangkan dengan tangan. Ini harusnya mudah dilakukan.
  • Turunkan mobil tanpa memberikan beban penuh pada roda. Kencangkan kembali mur roda. Turunkan mobil sepenuhnya dan singkirkan dongkrak. Kencangkan kembali mur dan pasang dop roda pada tempatnya. Letakkan ban yang kempes dalam bagasi dan bawa ke bengkel. Dapatkan estimasi harga perbaikan. Jika ban tidak bisa diperbaiki, segera ganti.

Biasakan anda sudah paham dengan prosedur ini sebelum anda benar-benar mengalami ban kempes, sehingga anda tidak perlu mempelajarinya di pinggir jalan, dalam kegelapan atau hujan. Sehingga dalam kondisi terdesak anda bisa segera melakukan tindakan penggantian ban.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia