Demi Keselamatan dan Kenyamanan, Begini Cara Atur Barang Bawaan Anda Saat Perjalanan Balik Lebaran"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Demi Keselamatan dan Kenyamanan, Begini Cara Atur Barang Bawaan Anda Saat Perjalanan Balik Lebaran

Auto2000.co.id – Ada 2 jenis oleh-oleh yang kerap Anda bawa saat balik lebaran, yaitu oleh-oleh berupa makanan atau cinderemata suatu daerah serta ‘pakaian kotor’.

Pakaian kotor kami masukkan sebagai oleh-oleh karena biasanya bakal menambah banyak barang bawaan Anda. Jika berangkat bawa 3 tas kopor, bisa jadi saat balik ketambahan 2 plastik besar pakaian kotor.

Apalagi kalau Anda malas menyusun ulang isi tas. Walau sedikit, pakaian kotor menambah beban barang bawaan Anda.

Sementara oleh-oleh merupakan buah tangan yang jadi menu wajib untuk dibawa kembali ke kota. Buah tangan juga akan menambah banyak barang bawaan.

BACA JUGA : Waspadalah! Inilah Gejala Microsleep Yang Bisa Bikin Mudik Lebaran Anda Berantakan

Meski demikian, keselamatan berkendara dan kenyamanan penghuni kabin harus tetap menjadi prioritas. Oleh sebab itu, barang bawaan Anda harus diatur sedemikian rupa.

Sebelumnya, hitung dulu daya angkut maksimal mobil Anda. Bisa dilihat via buku manual atau dengan menghitung load index ban.

Perkirakan berapa berat total penumpang dan berat total barang bawaan yang wajib dibawa. Tidak perlu terlalu eksak, tapi dari situ Anda bisa kalkulasi berapa kilogram lagi beban yang bisa ditambah.

Oh ya, isi tekanan angin ban sesuai rekomendasi produsen. Lakukan di pagi hari saat mobil belum jalan dan dalam keadaan kosong. Jangan diukur ketika mobil sudah diisi penuh oleh orang dan barang.

BACA JUGA : Bikin Hati Tenang, Tips Ini Bantu Anda Berkendara Dengan Aman dan Nyaman di Jalan Tol Trans Jawa

Untuk mobil sedan seperti Toyota Vios, lebih mudah mengatur barang lantaran adanya bagasi terpisah. Barang paling berat seperti kopor besar diletakkan di bagian dalam sisi tengah. Lanjut barang yang lebih ringan ke sisi kiri kanannya dengan posisi saling mengunci agar tidak mudah bergerak.

Barang bawaan yang punya potensi sering dibuka saat berhenti, seperti tas pakaian anak, bisa diletakkan paling belakang sehingga mudah dijangkau saat buka pintu bagasi.

Makanan ringan dan mainan anak bisa diletakkan dalam wadah khusus sehingga bisa ditaruh di dalam kabin. Manfaatkan rongga penyimpanan di pintu, konsol tengah, dasbor, dan di balik sandaran bangku depan sebagai tempat penyimpanan.

Jangan asal meletakkan barang bawaan di kabin. Begitu terjadi sesuatu, seperti mobil mengerem mendadak, ada risiko menciderai penumpang.

BACA JUGA : Banjir Hadiah Keren, Auto2000 Adakan Kompetisi Video dan Foto Carpool Karaoke #mudikserubersamaauto2000

Jika bagasi sudah full dan bangku belakang hanya diisi 2 orang, bagian tengah bangku bisa ditaruh kardus oleh-oleh. Namun jika penuh, oleh-oleh bisa diletakkan di bawah jok. Pastikan jangan sampai mengganggu kenyamanan.

Mobil SUV dan MPV seperti Toyota Avanza dan Toyota Rush lebih mudah dalam urusan managemen barang bawaan karena kabinnya yang lebih luas. Apalagi kalau penumpangnya cuma 4 – 5 orang.

Tinggal lipat bangku baris ke-3, Anda bisa leluasa menyusun barang bawaan di bagasi. Atur seperti di bagasi mobil sedan. Anda bisa meletakkan barang yang dibutuhkan di sisi paling atas agar mudah dijangkau.

Gunakan cargo net supaya barang tidak berantakan. Jangan tumpuk barang melebihi tinggi sandaran jok sehingga mengganggu visibilitas sopir.

BACA JUGA : Perhatikan 8 Hal Ini Ketika Isi Bensin Saat Mudik, Nomor 6 Banyak Yang Belum Tahu

Idealnya mobil dengan 3 baris bangku cukup diisi oleh 6 orang dengan konfigurasi 2-2-2 sehingga memberi akses cukup untuk ruang gerak dan menjaga kenyamanan. Anda juga bisa menyelipkan barang atau oleh-oleh di antara penumpang.

Risikonya, daya angkut bagasi menciut cukup signifikan. Apalagi bila ternyata mobil diisi full 7 orang. Oleh sebab itu, maksimalkan bagasi dengan menumpuk barang seefisien mungkin dan manfaatkan rongga penyimpanan kabin seoptimal mungkin.

Kolong bangku mobil jenis SUV atau MPV relatif bisa diselipkan barang bawaan kecil. Sepanjang tidak mengurangi kenyamanan dan tidak overload, Anda bisa atur sebaik mungkin.

Metode lain adalah dengan meletakkan barang bawaan di atap. Tapi jangan sekadar meletakkan di atap dan mengikatnya secara serampangan ke bodi mobil. Selain merusak bodi, yang terpenting adalah tidak sesuai standar keselamatan.

BACA JUGA : Mudik Semakin Seru di Auto2000

Gunakan roof rack dan atur sebaik mungkin barang bawaan agar tidak mengganggu laju mobil. Jangan letakkan barang elektronik atau yang rentan rusak. Posisikan di tengah atap untuk menjaga distribusi bobot mobil.

Tutup dengan terpal untuk melindungi dari sengatan matahari dan risiko hujan. Ikat dengan baik ke rangka rel atap. Pastikan terpal menutup sempurna dan tidak ada potensi terbuka karena terjangan angin kencang.

Paling efektif sebenarnya adalah dengan menggunakan roof box. Namun bisa saja Anda tidak membutuhkannya saat mudik sehingga tidak membawa. Pun harganya juga lumayan mahal kalau sekadar sekali pakai.

Hati-hati dengan portal gerbang tol otomatis (GTO). Pastikan tinggi mobil masih aman. Kalau ragu atau pasti tidak muat, silakan bergabung ke jalur yang biasa dilalui bus.

BACA JUGA : Jangan Anggap Sepele, Perhatikan 3 Hal Ini Untuk Anda Yang Mau Melakukan Perjalanan Balik Setelah Mudik Lebaran

Mobil hatchback seperti Toyota Yaris paling butuh perhatian khusus mengenai manajemen barang. Meski termasuk paling lega di kelasnya, namun kebutuhan untuk membawa banyak barang bawaan membuat Anda mesti berpikir lebih jauh.

Sebenarnya ada cara paling efektif jika ingin tetap beli oleh-oleh. Anda bisa manfaatkan jasa ekspedisi untuk mengantarkan barang belanjaan ke rumah. Beberapa gerai oleh-oleh besar bahkan sudah punya jasa ekspedisi sendiri.

Auto2000

Share this article
Promosi Lainnya
Promo - Deal Cermat
Berita bahagia di bulan Februari! Sekarang AutoFamily bisa mendapatkan banyak kemudahan untuk punya mobil Toyota terbaru loh.

Melalui paket DEAL CERMAT Anda bisa mendapatkan mobil baru Toyota dengan pilihan DP 20%, 25%, 30%, atau 40% serta tenor hingga 4 tahun khusus model Innova dan Fortuner!

Selain itu, setiap pembelian melalui program DEAL CERMAT Anda juga akan mendapatkan cashback trade in senilai 5 JT rupiah untuk AutoFamily yang melakukan trade in mobil lamanya. Selain itu harga jual mobil Anda akan dijamin di awal pembelian! Promo ini berlaku khusus untuk AutoFamily yang bertempat tinggal di wilayah JABODETABEK dan Medan.

Tunggu apa lagi? Yuk isi formulir di bawah ini untuk ikutan promonya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

01 Februari 2021
Promo Beli Mobil Toyota, GRATIS UVC Lamp + Emoney 500rb
Menyambut tahun yang baru, tentu makin banyak kesempatan baru dengan beragam keuntungannya. Yuk jangan ketinggalan promo PADUKA, promo Auto2000 Dua Kali Untungnya!

Melalui penawaran ini, untuk AutoFamily yang melakukan pembelian mobil baru melalui Auto2000 Digiroom akan mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disenfectant Lamp dan juga tambahan hadiah berupa uang elektronik 500 ribu rupiah khusus untuk Anda yang melakukan pembelian dengan kredit melalui Digiroom.

Ayo sambut tahun yang baru dengan semangat yang baru juga. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan kebersihan untuk melindungi diri Anda dan orang orang yang Anda cintai.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - Kilau Sempurna
AutoFamily pasti pernah berandai-andai kan gimana caranya ya mobil Toyota kesayangan bisa terlihat seperti baru lagi? Tenang saja, Auto2000 punya solusinya!

Yuk ikutan program Kilau Sempurna Toyotaku, dijamin bakal bikin mobil Toyota Anda berkilau seperti baru lagi!

Melalui program ini AutoFamily bisa mendapatkan potongan harga jasa perbaikan bodi sebesar 300 ribu rupiah! Potongan ini bisa Anda dapatkan melalui perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan transaksi minimal 1,5 juta rupiah dan untuk customer yang memegang asuransi dengan minimum jumlah claim sebesar 3,5 juta rupiah. Pembayarannya bisa menggunakan Cicilan 0% loh!

Anda juga berhak untuk mendapatkan potongan 5% untuk ratusan spare parts pilihan! Semakin mudah untuk memperoleh kembali kilau sempurna mobil Toyota kesayangan Anda kan?

Caranya mudah, AutoFamily hanya perlu menggunakan kode promo KILAU300 pada halaman check out untuk nikmati potongan harganya.

Promo ini hanya berlaku sampai 30 April 2021 ya. Yuk ikutan sekarang agar mobil Toyota Anda terlihat seperti baru lagi!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

03 November 2020
Promo - SPONTAN
Ikutan promo Paket SPONTAN yuk! SPONTAN atau Siaga Kupon Perawatan merupakan program yang menyediakan paket servis berkala dengan harga spesial khusus untuk AutoFamily!

Jika AutoFamily membeli paket servis ini, Anda bisa menghemat sampai dengan 34% dari biaya servis berkala Anda secara total loh! Paket servis ini juga tidak akan berpengaruh pada kenaikan biaya jasa servis maupun spareparts yg di butuhkan. Semakin hemat kan?

Berikut pilihan paket SPONTAN yang bisa AutoFamily pilih:


- SPONTAN A / 1,5 Tahun: 2x Servis Berkala Kecil mulai dari 1.8 juta*
- SPONTAN B / 1,5 Tahun: 1x Servis Berkala Kecil mulai dari 2.4 juta*
- SPONTAN C / 3 Tahun: 3x Servis Berkala Kecil dan 1x Servis Berkala Besar mulai dari 3.8 juta

Paket ini bisa AutoFamily dapatkan melalui website dan aplikasi Auto2000 Digiroom dengan menggunakan kode promo SPONTANHEMAT pada halaman check out. Paket SPONTAN bisa Anda dapatkan khususnya untuk kendaraan yang sudah tidak memiliki kuota Free Service atau sudah berada di atas 50.000km. Khusus untuk 20 pembeli pertama melalui Auto2000 Digiroom, Anda juga akan mendapatkan Free Die Cast loh!

Makin penasaran dengan promonya? Yuk klik Log In dan Beli Sekarang untuk nikmati hematnya servis menggunakan Paket SPONTAN!
10 September 2020
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF