LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Dampak Buruk Tangki Bensin Sering Kosong

 

Pengisian bahan bakar sering dianggap sepele pengemudi. Sering terjadi, tangki bensin sering kosong. Kalaupun isi bensin, pemilik kendaraan jarang mengisi penuh, atau bahkan sering mengisi eceran.

Sebaiknya jangan pernah mengisi bahan bakar dalam kondisi tersisa seperempat tangki. Mau tahu alasannya?

Tangki yang hanya terisi sedikit bahan bakar akan memiliki banyak ruang. Ini membuat udara akan mudah terkondensasi karena besarnya ruang kosong tersebut.

Bahan bakar juga sebagai media pendingin bagi pompa bahan bakar. Pompa ini sewajarnya selalu terendam dan bila isi bahan bakar tinggal sedikit maka pendinginan tidak berjalan dengan baik.

Pengisian bahan bakar kendaraan sebaiknya jangan sampai menunggu hingga tersisa sedikit di dalam tangki. Anda sebenarnya bisa kembali mengisi bahan bakar saat isinya masih tersisa setengah tangki.

Batas minimum bahan bakar yang tersisa sekira seperempat tangki juga menjaga keawetan komponen didalamnya. Tangki bahan bakar yang masih terbuat dari pelat besi tergolong rentan terhadap karat.

Jika kerap kali dibiarkan terisi hanya seperempat tangki dan bahkan kurang dari itu, dalam waktu lama menyebabkan terjadinya korosi di bagian yang jarang terendam bahan bakar.

Mobil yang jarang digunakan sebaiknya telah terisi bahan bakar penuh di tangkinya untuk meminimalisir ruang udara. Keuntungan lainnya, Anda tidak perlu cemas bila tiba-tiba saja mobil harus digunakan bepergian jarak jauh.

Anda tidak perlu khawatir kehabisan bensin apabila terjebak kemacetan panjang atau tidak menemukan SPBU saat perjalanan jauh. Hal terpenting, pengisian bahan bakar baiknya tetap penuh, namun tidak sampai meluber atau tetap menyisakan sedikit ruang di bibir tangki.

Pada beberapa mobil, kondisi tangki bahan bakar kosong atau kurang dari seperempat bisa juga berdampak pada indikator kawat pelampung. Posisi pelampung yang menjadi indikator bahan bakar bekerja tidak semestinya. Akibatnya, jarum indikator bensin yang ada di dasbor lama kelamaan menjadi tidak akurat.

Nah, ketika mengisi BBM alangkah lebih baik bila memakai yang non subidi sesuai rekomendasi pabrikan. Bahan bakar bermutu mengandung deterjen dari aditif yang terkandung di dalamnya.

Adanya kandungan pembersih membuat pembakaran kian sempurna dan kondisi mesin selalu prima. Efek buruk dari kondensasi saat tangki bensin lama nyaris kosong pun dapat diminimalisir.

Ingat selalu check ketersediaan BBM di mobil Toyota anda ya.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF