Ciri - ciri alternator rusak "/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ciri - ciri alternator rusak 

Alternator merupakan salah satu bagian atau komponen yang bisa dibilang sangat vital atau penting pada mobil. Alat ini memiliki fungsi sebagai penyuplay arus listrik ke bagian aki atau bisa dikatakan fungsi dari alat ini adalah untuk pengisian aki. Jika pengisian aki ini tidak lancar, Auto Family bisa mengalami mogok dan membuat aki cepat soak. Untuk perawatan dari alat alternator ini sebenarnya tidak harus dengan perawatan yang khusus atau servis secara rutin atau berkala. Untuk masa pakainya alat ini secara umum dan biasanya dari kondisi barunya adalah sampai 5 tahun. Jika sudah melewati batas maksimal pemakaian tersebut akan membuat kinerjanya menurun dan juga berkurang.

BACA JUGA : Ketika Rem Tangan Dipakai terlalu lama

Hal itulah yang akan menyebabkan pasokan listrik ke aki menjadi berkurang dan sedikit. ada baiknya juga Auto Family mengetahui beberapa tanda atau ciri pada jika alternator mobil Auto Family mengalami kerusakan. Berikut ini beberapa diantaranya :

Auto Family bisa mengetahui apakah alternator tersebut rusak atau tidak hanya dengan bunyi yang ditimbulkan dari alat tersebut. Bunyi tersebut disebabkan oleh bagian bearing alternator yang sudah rusak dan mengeluarkan bunyi keras dari alternator. Selain itu, penyebab lainnya adalah diode rectifier alternator yang sudah putus atau rusak.

Untuk ciri atau tanda yang kedua adalah bagian lampu indikator pada aki menyala ketika Auto Family menghidupkan mesin mobil tersebut. Hal ini yang menandakan bahwa laternator tersebut sudah tidak bisa menyalurkan arus listrik dengan baik atau maksimal.

Untuk ciri yang terakhir, jika Auto Family sudah mengganti aki dengan yang baru, akan tetapi masih tidak kuat ketika Auto Family menstarter atau aki selalu tekor. Hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa tegangan output pada bagian alat tersebut sudah berkurang

BACA JUGA : Tips Hindari Blind Spot

Selain beberapa penyebab di atas, Overcast atau overcharge juga akan membuat alternator mobil Auto Family cepat rusak. Jika out put alternator mobil Auto Family lebih dari 15 volt, maka bisa mengakibatkan aki semakin panas dan juga alat ini akan semakin mendidih. Jika hal itu sudah terjadi, Auto Family harus segera mendinginkan mobil agar mesin mobil tidak semakin panas Untuk tips yang lebih ampuh, jika alternator mobil Auto Family sudah mengalami kerusakan segera ganti dengan alat yang baru agar arus listrik yang dihantarkan oleh alat ini berjalan baik dan juga maksimal. Karena, alat ini atau alternator memiliki tugas yang berat dan bekerja keras, tidak heran jika alternator ini bisa mengalami kerusakan sebelum usia pemakaian belum habis 5 tahun.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF