charger-hp-di-mobil-tidak-berfungsi.jpg

Cek 8 Penyebab Charger HP Di Mobil Tidak Berfungsi

Diterbitkan12 Jun 2023

Keberadaan aplikasi navigasi online yang sudah bisa diakses dalam gadget pastinya memudahkan masyarakat untuk pergi ke suatu tempat yang tidak pernah dikunjungi dengan mudah. AutoFamily tidak perlu bingung lagi karena aplikasi navigasi tersebut akan memberikan instruksi arah yang tepat. Namun apa jadinya kalau baterai habis dan charger HP di mobil tidak berfungsi?

Pada saat yang sama, AutoFamily juga tidak membawa power bank untuk mengisi ulang daya. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Padahal sebelumnya AutoFamily bisa mengisi ulang baterai HP dengan mudah.

Mari cari tahu berbagai penyebab masalah charger HP di mobil tidak berfungsi berikut ini!

8 Penyebab Charger HP Di Mobil Tidak Berfungsi

Charger HP di mobil menjadi salah satu fitur penting bagi pengguna modern yang ingin tetap terhubung saat bepergian. Namun akibat satu dan lain hal, charger HP di mobil jadi tidak berfungsi dengan baik atau bahkan sama sekali tidak bisa digunakan.

Perlu AutoFamily ingat pula, dalam menggunakan charger HP di mobil tidak boleh mengganggu konsentrasi mengemudi. Sebab mengemudi mobil Toyota membutuhkan konsentrasi tinggi dan tidak boleh diselingi dengan kegiatan lain.

Lantas apa ya kira-kira penyebab charger HP tidak berfungsi saat di mobil? Tentu penyebabnya cukup banyak.Selain mengetahui penyebab charger HP tidak berfungsi, penting juga membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk diservis.

Saat ini menjadwalkan Booking Servis Toyota juga sangat mudah dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja. Anda hanya perlu mengunjungi Auto2000 Digiroom agar bisa melakukan penjadwalan sesuai waktu yang diinginkan.

Untuk menambah wawasan Anda dalam hal ini, coba baca informasi penting di bawah ini!

1. Kabel Charger yang Rusak

Coba periksa dahulu kabel charger yang digunakan. Sangat mungkin bahwa akar permasalahannya berada pada kabel charger Anda yang sebenarnya sudah rusak.

Kabel yang sering digunakan serta tidak disimpan dengan baik dapat mengalami aus, patah, atau korsleting di beberapa titik. Coba lihat kabel charger apakah ada tanda-tanda fisik seperti retakan, lipatan yang tidak normal, atau tanda-tanda keausan. Jika Anda menemukan kerusakan pada kabel maka segera ganti dengan kabel charger yang baru.

2. Port Charger yang Kotor atau Rusak

Port charger di mobil juga dapat menjadi penyebab jika Anda tidak bisa mengisi daya baterai dengan baik. Debu, kotoran, atau serpihan dapat terjebak di dalam port charger sehingga menghalangi aliran listrik yang diperlukan untuk mengisi daya HP.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mulai membersihkan port charger dengan hati-hati menggunakan sikat lembut atau kain bersih. Jika setelah membersihkan port charger masalah masih ada maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

DAPATKAN MOBIL TOYOTA INNOVA ZENIX IMPIAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG

3. Fuse yang Putus

Fuse atau sekring dalam sistem pengisian daya mobil bertindak sebagai pelindung jika ada gangguan atau lonjakan arus yang dapat merusak sistem. Jika charger HP di mobil tidak berfungsi maka pemeriksaan pada bagian fuse perlu dilakukan.

Anda bisa langsung memeriksanya dengan membawa mobil ke bengkel Auto2000 yang terdekat.

Baca juga:4 Cara Mudah Cegah Kunci Mobil Hilang

4. Pengaturan Pengisian Daya yang Salah

Beberapa mobil memiliki pengaturan pengisian daya yang dapat diatur oleh pengguna. Jika charger tidak berfungsi maka Anda bisa mencoba memeriksa pengaturan pengisian daya pada sistem entertainment atau pengaturan mobil.

Pastikan bahwa pengaturan pengisian daya sudah disetel dengan benar sehingga Anda bisa mengisi daya HP dengan baik sesuai yang diharapkan.

5. Kabel Penghubung yang Tidak Tepat atau Longgar

Charger HP di mobil terhubung ke port charger melalui kabel penghubung. Itu berarti salah satu alasan mengapa charger HP tidak berfungsi ialah kabel penghubung yang tidak tepat atau longgar.

Melakukan pemeriksaan terhadap kabel penghubung perlu dilakukan. Pastikan bahwa kabel penghubung terhubung dengan kuat ke charger dan port charger mobil. Jika kabel penghubung longgar maka jangan heran kalau arus listrik tidak akan mengalir dengan baik.

Baca juga:Cara Memasang Aki Mobil Tidak Sulit, Ini 5 Langkahnya!

6. Masalah pada Aki Mobil

Pada beberapa kasus, masalah ini tidak terletak pada charger-nya saja, melainkan pada aki mobil yang bermasalah. Aki yang melemah atau tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan charger HP tidak mampu mengisi daya secara efektif.

Pemeriksaan aki di bengkel Auto2000 dapat memberikan Anda jawaban yang akurat apakah benar sumber energi yang dibutuhkan mobil sudah habis. Selagi Anda membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk diperiksa, teknisi juga akan melakukan penggantian apabila diperlukan.

Baca juga:5 Penyebab Aki Mobil Tekor yang Mengganggu

7. Kompatibilitas yang Tidak Cocok

Tidak semua charger HP cocok digunakan pada mobil yang Anda miliki. Beberapa charger mungkin memiliki spesifikasi yang tidak sesuai dengan mobil. Itu sebabnya Anda perlu memastikan bahwa charger yang digunakan kompatibel dengan sistem pengisian daya di dalam mobil.

Periksa juga petunjuk penggunaan charger atau cari tahu informasi kompatibilitas yang tepat untuk memastikan bahwa charger yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

TEST DRIVE MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

8. Masalah dengan HP yang Anda Gunakan

Ada kemungkinan juga bahwa masalah yang sebenarnya berada pada HP yang Anda gunakan. Sangat mungkin ada software atau port charger pada HP mengalami kerusakan. Kalau ini yang terjadi maka jelas saja Anda tidak bisa melakukan pengisian daya baterai seperti biasanya. Tentu Anda perlu membawa HP ke tempat servis tepercaya untuk diperbaiki.

Sekarang Anda mengerti bahwa charger HP di mobil tidak berfungsi bisa diakibatkan oleh banyak faktor. Ketika informasi tersebut sudah dipahami dengan baik maka Anda tidak akan bingung lagi ketika charger tidak berfungsi.

Anda bisa menghadapinya dengan tenang dan dapat langsung membawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat. Tidak perlu khawatir karena teknisi andal Auto2000 akan melakukan pemeriksaan serta perbaikan yang dibutuhkan.

Ingat juga bahwa membawa mobil ke bengkel Auto2000 perlu dilakukan bukan hanya saat ada masalah. Anda perlu membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk servis berkala pada waktu yang sudah ditentukan sehingga kinerja mesin tidak menurun.

Selain itu tersedia Layanan Bengkel Toyota yang bisa Anda akses untuk memastikan kondisi mobil kesayangan tetap prima. Segera jadwalkan kedatangan Anda melalui Auto2000 Digiroom sekarang juga!

Jangan tunda kedatangan Anda karena keselamatan pengemudi dan penumpang adalah prioritas utama yang harus dijaga. Percayakan servis mobil kesayangan Anda hanya di tempat tepercaya yakni Auto2000 Digiroom!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.