Cek Penyebab Lampu Rem Tak Berfungsi Maksimal"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cek Penyebab Lampu Rem Tak Berfungsi Maksimal


Auto2000.co.id – Peran lampu rem pada mobil tergolong vital, yaitu sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain, khususnya yang ada di belakang.
​​​​​​​
Nyala lampu rem akan memberikan sinyal berdasarkan pijakan pedal, sehingga pengguna jalan lain tahu apa yang Anda lakukan dan terhindar dari kecelakaan di jalan.

Sedemikian vital, sehingga kondisi lampu rem wajib terjaga dengan baik. Ada contoh kasus yang kerap terjadi pada lampu rem, adalah tidak berfungsi seperti seharusnya.

Ketika pedal rem diinjak, lampu tidak menyala, dan ini sangat bebahaya karena bisa diseruduk kendaraan lain dari belakang. Sebaliknya, lampu menyala terus, padahal Anda sedang tidak menginjak pedal rem.

BACA JUGA : Ini 4 Alasan Anda Wajib Tukar Tambah New Avanza di Dealer Auto2000

Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, untuk lampu rem tidak menyala bisa dicek apakah bohlamnya masih layak pakai atau tidak. Kalau tidak bisa dengan mudah digantikan dengan yang baru.

“Kita akan cek terlebih dulu dari mulai bohlam, kalau bohlamnya mati, maka akan kita ganti dengan yang baru, tetapi kalau sudah diganti tetap tidak menyala akan kita tindaklanjuti dengan pemeriksaan ke komponen terkait,” ujar Suparna.

Apabila lampu rem mobil Anda terus menyala meskipun tidak sedang menginjak pedal rem, maka yang harus dilakukan adalah mengecek switch lampu.

Pada umumnya, untuk mobil Toyota letak switch itu ada di atas tuas pedal rem. Switch rem inilah yang berfungsi memutus dan menyambungkan arus listrik dari baterai (aki) ke lampu rem.

BACA JUGA : Manfaatkan Layanan Ini Kalau Mager ke Bengkel Karena Hujan atau Banjir

Switch rem akan menyambungkan arus listrik ketika pedal rem diinjak, dan kembali memutus arus listrik ketika pedal rem dilepas.

“Kalau benar sudah rusak maka bisa diganti dengan yang baru, tetapi biasanya itu terjadi apabila mobil sudah dipakai dalam kondisi tahunan, karena tidak serta merta mudah rusak,” ungkap Suparna.
​​​​​​​
Nah, bagi pemilik Toyota yang sedang mengalami masalah pada sistem pencahayaan maka sebaiknya bisa datang langsung ke bengkel resmi Auto2000, karena akan ditindaklanjuti dengan baik oleh para teknisi yang sudah andal di bidangnya.

Paling mudah rutin melakukan servis berkala karena semua komponen yang menyangkut keselamatan (safety) pasti dicek, dan lampu rem adalah salah satunya.
 
Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF