LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cegah Mesin Mobil Overheat Saat Terjebak Macet Arus Mudik Dengan Cara Ini

Lonjakan pengguna jalan selama arus mudik kerap menyebabkan kemacetan yang sangat parah. Tidak hanya mengganggu perjalanan, kemacetan pun bisa menyebabkan mobil mengalami overheat, atau panas mesin yang melebihi batas ukuran normal.

Lantas, bagaimana cara mencegah agar mobil tidak overheat saat terjebak macet? Jangan khawatir, berikut merupakan beberapa trik yang bisa Anda lakukan.

Kontrol Terus Radiator

Mesin yang dibiarkan dalam kondisi menyala akan membuat air radiator panas, dan berisiko menguap. Apalagi jika AC dalam kondisi menyala, tentu risiko mesin mengalami overheat akan semakin tinggi.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, diantaranya :

1. Kontrol terus radiator dan pastikan air radiator dalam batas maksimal. Agar lebih aman, sebaiknya gunakan air khusus radiator.

2. Pastikan sirkulasi air radiator lancar. Biasanya, sirkulasi air terhambat karena ada sumbatan berupa karat, tumpukan kerak, atau karena sebab lainnya.

Perlu dicatat. Saat Anda akan mengecek radiator, pastikan mesin mobil dalam kondisi dingin. Pasalnya, jika tutup radiator dibuka saat mesin mobil dalam kondisi panas, air radiator akan menyembur. Hati-hati, air radiator ini sangat panas.

Pastikan Kipas Pendingin Berfungsi Maksimal

Kipas radiator berfungsi untuk mendinginkan radiator agar proses pendinginan mesin bisa berjalan maksimal. Jika kipas tidak bekerja dengan maksimal, radiator pun akan mudah panas dan menyebabkan mesin mudah mengalami overheat.

Untuk itu, pastikan putaran kipas pendingin ini maksimal. Jika melihat ada gejala tidak normal pada putaran kipas, segera tepikan mobil Anda dan hubungi bengkel resmi Toyota terdekat agar kendaraan dapat dicheck oleh teknisi.

Matikan Mobil

Jika Anda melihat kemacetan akan terjadi selama berjam-jam, sebaiknya matikan saja mesin. Kalau dibutuhkan, Anda bisa mencari dulu tempat istirahat yang nyaman, dan parkirkan mobil di sana.

Perlu diingat, untuk mendinginkan mesin, tidak cukup hanya dengan mematikan mesin dan memarkirkan mobil di tempat teduh saja. Tapi Anda wajib membuka kap mesin agar udara panas yang terjebak di dalam area mesin bisa berganti dengan udara yang masih segar.

Untuk itu disarankan, sebelum melakukan perjalanan mudik pastikan dulu mobil Anda dalam kondisi prima, dan lakukan service di bengkel resmi Toyota Auto2000 Tabanan yang beralamat di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan – Bali atau hubungi nomor telepon 0361-9332000. Tim service kami siap melayani Anda agar mudik anda aman dan nyaman sampai di tujuan.

Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

​​​​​​​Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF