LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cara Redam Rem Berdecit Agar Tetap Nyaman dan Aman Berkendara

Bunyi aneh yang masuk hingga kabin mobil, ternyata tidak cuma membuat kuping pengendara jadi tidak nyaman. Jika dibiarkan berlarut-larut yang pasti dapat mengganggu fungsi rem secara optimal.

Rem mendecit biasanya disebabkan adanya tumpukan kerak kotoran seperti debu, residu oli atau gemuk di cakram dan tromol. Hal itu lantaran banyak dari pemilik mobil enggan melakukan perawatan, meskipun sudah tahu kalau kondisi rem sedang tidak prima.

Padahal efek rem mendecit bukan cuma bikin kampas dan cakram cepat tipis. Tapi juga bisa bikin komponen di sekitar rem cakram melenting akibat suhu panas yang berlebihan lantaran adanya gesekan antar komponen.

Mengatasi atau menghilangkan decit pada rem mobil tidaklah sulit. Karena hanya butuh membersihkan cakram, tromol dan komponen lainnya yang ada di seputar roda mobil. Bahkan peralatan yang dibutuhkan juga terbilang sederhana diantaranya kunci roda, dongkrak, lap (kain bersih), kuas halus, cairan khusus pembersih rem atau kompresor jika tersedia.

Apabila semua sudah siap, hanya ada 2 komponen yang harus anda bersihkan untuk atasi rem berdecit yaitu cakram dan tromol. Pada bagian cakram, langkah awal membersihkannya adalah dengan melepas ban dengan kunci roda. Tapi biar aman, bodi mobil didongkrak dan bagian roda lainnya di ganjal.

Jika cakram sudah terlihat, lanjut semprotkan cairan pembersih rem mobil hingga merata. Jarak penyemprotan antara cakram dan brake cleaner sekitar 10-15 cm, dan semprotkan hingga merata agar piringan cakram benar-benar basah dan sudah merontokan kerak yang ada.

Lap dengan kain bersih yang sudah disiapkan, sekaligus membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada cakram rem tersebut. Tidak lupa lakukan penyemprotan sekali lagi hingga kotoran benar-benar bersih.

Berikutnya adalah membersihkan tromol rem. Caranya hampir sama, hanya saja Anda harus melepas tromol dari rumahnya. Cara lepas tromol diketok menggunakan palu secara hati-hati atau perlahan untuk mempermudah. Setelah terlepas, tromol berdebu bersihkan dengan kompresor jika ada atau gunakan kuas halus yang sudah disiapkan.

Jika debu sudah bersih, lakukan penyemprotan dengan brake cleaner agar hasilnya maksimal. Baru kemudian cakram, tromol dan roda bisa dipasang kembali.

Namun jika dirasa kesulitan untuk melakukannya sendiri, ada baiknya anda datang ke Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan untuk melakukan pemeriksaan lebih detail, dan tentunya kendaraan akan segera ditangani oleh teknisi kami.

Beralamat di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan – Bali atau hubungi nomor telepon 0361-9332000 untuk melakukan Booking Service terlebih dahulu.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia