Cancel

Cara Mudah Mengganti Sendiri Air Radiator Mobil

Radiator pada mobil merupakan komponen penting untuk mendukung kelancaran sistem kerja mesin mobil. Tugas utama radiator adalah sebagai pendingin suhu pada mesin untuk mendapatkan temperatur yang sesuai yang bisa mendukung kerja mesin agar optimal. Agar radiator awet, tetap bersih dan tidak mampet, maka diperlukan perawatan secara rutin. Misalnya mengganti air radiator setiap pemakaian 20.000 km atau dengan cara mengganti air radiator jika air radiator sudah keruh. Auto Family bisa mengetahui apakah air radiator pada mobil Auto Family sudah keruh atau tidak dengan cara melihat melalui lubang di bagian atas radiator. Auto Family tidak perlu repot-repot datang ke bengkel mobil jika hanya ingin mengganti air radiator pada mobil Auto Family, karena Auto Family bisa melakukannya sendiri di rumah dan caranya pun cukup mudah.

Nah, bagi Auto Family yang ingin mengganti sendiri air radiator pada mobil Auto Family, berikut ini beberapa tahapan yang perlu Auto Family lakukan:

Cara mengganti Air Radiator Mobil

Langkah pertama dalam kegiatan ganti air radiator adalah dengan buka tutup lubang radiator di bagian atas. Lalu buka juga baut tempat pembuangan air radiator yang terletak di bagian bawah radiator. Setelah itu, biarkan beberapa saat hingga air radiator terbuang semua. Sebelum melakukan proses tersebut, pastikan terlebih dahulu jika kondisi mesin mobil Auto Family dingin, agar tidak mencederai tangan Auto Family.

Selain itu, usahakan juga saat melakukan proses tersebut mesin mobil Auto Family dalam keadaan menyala. Hal ini berfungsi agar semua air yang masih tersisa di sistem pendingin mesin terbuang semua.

Setelah bisa dipastikan jika air di radiator sudah terbuang semua, matikan mesin mobil Auto Family dan pasang kembali seperti semula baut pembuangan air radiator di bagian bawah radiator yang sudah Auto Family buka tadi. Dan jika ada, buka baut tempat pembuangan angin. Selanjutnya, Anda bisa mengisi air radiator dengan air bersih atau cairan pendingin radiator (radiator coolant) sampai airnya meluap keluar melalui baut pembuangan angin.

Kemudian tutup kembali baut tempat pembuangan angin dan biarkan penutup lubang radiator di bagian atas masih terbuka. Setelah itu nyalakan kembali mesin mobil Auto Family agar kipas radiator berputar dan biarkan mesin mobil tetap hidup hingga temperatur pada speedometer menunjukkan setengah.

Jika volume air pada radiator dirasa masih kurang, Auto Family bisa menambahkan sampai batas maksimal. Dan jika dirasa sudah pas, tutup lubang radiator bagian atas.

Baca Juga:Penyebab Mesin Panas meski Air Radiator Penuh.

Selain mengganti air radiator, jangan lupa juga untuk mengecek air pada tangki cadangan radiator (reservoir tank). Jika kondisi air sudah kotor, buka penutup tangki cadangan radiator dan segera buang airnya dan isi kembali dengan air bersih atau cairan radiator (radiator coolant) yang baru hingga batas maksimal. setelah itu tutup kembali tangki cadangan radiator dengan rapat.

Jika sudah rutin mengganti air radiator, autofamily juga harus rajin melakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di bengkel Auto2000 terdekat.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo - aMAYzing dengan Paket Avanza, Veloz, Rush & Raize
Rasakan ketangguhan Toyota Rush dan All New Toyota Veloz, Toyota Raize, All New Avanza dengan program aMAYzing dari Auto2000. Mulai dari DP ringan 20% dengan bunga 0%, DP Ringan Rp 30 Juta, atau Bunga Ringan 0% untuk tenor 1 tahun!*

AutoFamily juga bisa mendapatkan hadiah langsung saldo astra pay senilai Rp 3.000.000 plus saldo astra pay senilai 1.000.000 untuk setiap program trade in dan free insurance selama 2 tahun.*

Ayo mulai perjalanan penuh percaya diri dengan mengisi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk memberikan penawaran terbaik!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan Avanza
Nikmati perjalanan bersama keluarga yang lebih seru dengan All New Toyota Avanza. Nikmati Program Promo aMAYzing dari Auto2000 dengan beragam pilihan Paket Kredit mulai dari bunga 0% untuk tenor 6 bulan, cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.7 Jutaan/bulan, hingga DP mulai dari Rp 32.1 Jutaan untuk pembelian All New Toyota Avanza.*

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 melalui program tukar tambah Toyota Trust.

Yuk mulai perjalanan bersama All New Toyota Avanza dengan mengisi formulir di bawah dan tim Auto2000 akan segera menghubungi untuk memberikan penawaran terbaik.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan DP Ringan
Nikmati setiap momen perjalanan bersama Toyota Impian. Nikmati promo DP Ringan Rp 34 Juta untuk pembelian Toyota Agya dan Toyota Calya melalui program Promo aMAYzing hanya melalui Auto2000.

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap program tukar tambah melalui Toyota Trust.

Jadi tunggu apa lagi? Segera isi formulir di bawah ini dan Tim Auto2000 akan segera menghubungi AutoFamily.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan EZ Deal
Ingin nyaman berkendara bersama keluarga? Sekarang promo aMAYzing telah hadir memberikan solusi yang terbaik untuk mobil baru pilihan mu loh! Nikmati cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.5 Jutaan per bulan di program Promo aMAYzing dari Auto2000.

Ini dia beberapa model Toyota yang bisa dicicil melalui program EZ Deal:
Toyota Raize, cicilan mulai Rp 2.5 juta/bulan*
Toyota Avanza, cicilan mulai Rp 2.7 juta/bulan*
Toyota Rush, cicilan mulai Rp 3.1 juta/bulan*
Toyota Veloz, cicilan mulai Rp 3.2 juta/bulan*
Toyota Yaris, cicilan mulai Rp 3.3 juta/bulan*
Toyota Vios, cicilan mulai Rp 3.5 juta/bulan*

AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui program Toyota Trust, lho!

Hemat bukan? Yuk, segera isi formulir di bawah untuk mendapatkan penawaran terbaik dari Auto2000 sekarang!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF