cara merawat velg putih.webp

7 Cara Merawat Velg Putih Pada Mobil Agar Tidak Cepat Kusam dan Menguning

Diterbitkan23 Apr 2024

Velg putih adalah salah satu aksesori mobil yang dapat memberikan tampilan yang elegan dan modern. Warna putih pada velg mampu menambah kesan bersih dan mengangkat estetika keseluruhan kendaraan. Namun, perawatan yang tepat diperlukan agar velg putih tetap terlihat segar dan menawan. Velg putih rentan terhadap kusam dan menguning akibat paparan debu, kotoran jalan, serta faktor lingkungan lainnya. Oleh karena itu, AutoFamily perlu memahami cara merawat velg putih dengan benar agar tetap terjaga keindahannya. 


Artikel ini akan membahas secara rinci 7 cara merawat velg putih pada mobil agar tidak cepat kusam dan menguning, serta hal-hal yang harus dihindari untuk mempertahankan kecantikan velg putih tersebut.

7 Cara Merawat Velg Putih Pada Mobil Agar Tidak Cepat Kusam dan Menguning

Untuk menjaga kecantikan velg putih pada mobil Anda, diperlukan perawatan yang teratur dan tepat. Berikut adalah 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat velg putih agar tetap bersih dan memukau:


1. Membersihkan Secara Rutin

Langkah pertama yang penting dalam merawat velg putih adalah membersihkannya secara rutin. Gunakan sabun pencuci mobil yang lembut dan air bersih untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada permukaan velg. Penting untuk membersihkan dengan lembut agar tidak merusak lapisan cat velg.


2. Gunakan Sikat Lembut

Untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti celah-celah velg, gunakan sikat dengan bulu lembut. Sikat ini akan membantu Anda membersihkan kotoran tanpa merusak permukaan velg.


3. Hindari Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya

Ketika membersihkan velg, hindari penggunaan bahan kimia yang keras atau abrasif. Bahan-bahan seperti asam atau pelarut kuat dapat merusak lapisan cat velg putih dan membuatnya cepat kusam.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


4. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Untuk merawat velg putih dengan lebih efektif, Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus yang diformulasikan untuk velg. Cairan ini biasanya lebih lembut dan aman untuk digunakan pada velg putih.


5. Keringkan dengan Lembut

Setelah membersihkan velg, pastikan untuk mengeringkannya dengan lembut menggunakan kain mikrofiber bersih dan lembut. Hindari menggosok velg terlalu keras agar tidak merusak lapisan catnya.


6. Gunakan Pelindung

Untuk melindungi velg putih dari kerusakan dan noda, Anda dapat menggunakan pelindung khusus yang dioleskan ke permukaan velg setelah membersihkannya. Pelindung ini akan membantu menjaga kilau dan warna velg.


7. Perhatikan Lingkungan Parkir

Saat memarkir mobil, hindari tempat parkir yang memiliki banyak kerikil atau batu yang dapat melukai atau merusak velg. Pilihlah tempat parkir yang datar dan bersih untuk mencegah kerusakan pada velg. Dengan menjaga lingkungan parkir, Anda dapat meminimalkan risiko kerusakan pada velg putih Anda.


Hal yang Harus Dihindari untuk Mempertahankan Warna Velg Putih Pada Mobil

Meskipun penting untuk mengetahui cara merawat velg putih dengan benar, tidak kalah pentingnya adalah untuk memahami hal-hal yang harus dihindari agar warna velg tetap terjaga. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dihindari agar warna velg putih pada mobil Anda tidak cepat kusam atau menguning:


1. Menggunakan Pembersih Berbahan Kimia Kasar

Hindari penggunaan pembersih berbahan kimia keras atau abrasif yang dapat merusak lapisan cat velg putih. Bahan-bahan seperti asam atau pelarut kuat dapat menyebabkan warna velg cepat memudar atau bahkan menguning.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM

2. Tidak Membersihkan Secara Teratur

Menunda-nunda untuk membersihkan velg secara teratur dapat menyebabkan penumpukan kotoran yang sulit dihilangkan. Kotoran yang menempel pada velg dapat merusak lapisan cat dan membuat warnanya kusam.

3. Tidak Menggunakan Pelindung

Tanpa penggunaan pelindung, velg rentan terhadap kerusakan dan noda yang sulit dihilangkan. Pelindung khusus dapat membantu melindungi permukaan velg dari pengaruh buruk lingkungan dan membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan.


4. Membiarkan Noda Menempel Terlalu Lama

Jika ada noda atau kotoran yang menempel pada velg, segera bersihkan agar tidak menyebabkan kerusakan atau perubahan warna yang permanen. Membiarkan noda menempel terlalu lama dapat membuatnya sulit untuk dibersihkan dan menyebabkan kerusakan pada permukaan velg.


Dengan menghindari hal-hal di atas, Anda dapat mempertahankan warna velg putih pada mobil Anda dengan baik dan memastikan bahwa velg tetap terlihat bersih dan menarik dalam jangka waktu yang lebih lama.


Merawat velg putih pada mobil merupakan langkah penting untuk menjaga penampilan keseluruhan kendaraan Anda tetap menawan. Dalam artikel ini, telah dibahas secara komprehensif tentang cara merawat velg putih agar tidak cepat kusam dan menguning. 


Dengan mengikuti langkah-langkah perawatan yang disarankan, seperti membersihkan secara rutin, menggunakan bahan pembersih yang tepat, dan menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya, Anda dapat memastikan bahwa velg putih Anda tetap terjaga kecantikannya.


Selain itu, penting juga untuk memahami hal-hal yang harus dihindari agar warna velg tidak cepat memudar atau menguning. Dengan menghindari penggunaan bahan pembersih yang kasar, membersihkan secara teratur, menggunakan pelindung, dan merespons dengan cepat terhadap noda atau kotoran yang menempel pada velg, Anda dapat memperpanjang umur dan menjaga keindahan velg putih Anda.


Dengan demikian, dengan perawatan yang tepat dan pemahaman yang baik tentang cara merawat velg putih, Anda dapat memastikan bahwa mobil Anda tetap terlihat segar dan memikat dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun, jika AutoFamily masih ragu perawatan terbaik yang tepat untuk velg putih mobil, jangan sungkan untuk mengunjungi bengkel resmi Auto2000.


Untuk lebih memudahkan proses servis, AutoFamily bisa melakukan booking terlebih dahulu melalui Digiroom. Cara booking service mobil pakai Digiroom cukup mudah, yaitu dengan mengunduh Digiroom, mendaftarkan mobil, dan memilih layanan yang diperlukan. Jadi, jangan menunda lagi. Ayo bawa mobil kesayanganmu ke bengkel Auto2000 sekarang juga dan nikmati pelayanan maksimalnya!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.



digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.