LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cara Merawat Dasbor Supaya Tetap Kinclong

 

Auto2000.co.id – Selain eksterior, perawatan interior mobil juga tidak kalah penting untuk dilakukan, khususnya di area dasbor yang kerap kali terabaikan.

Penting diketahui, menyepelekan perawatan dasbor bisa membuat warna materialnya mudah kusam meskipun usia mobil terbilang masih muda.

Menurut Kepala Bengkel Bodi dan Cat Auto2000 Singosari Buddy Sukmawan, penyebab utama dasbor mobil mudah kusam biasanya diakibatkan karena terlalu sering terkena sinar matahari yang masuk dari kaca depan.

“Karena posisinya di depan kemudi yang dekat dengan kaca, otomatis saat berjalan siang atau ketika parkir tanpa atap, dasbor juga terkena efek dari sinar matahari langsung,” ujar Buddy.

BACA JUGA : Ini Sebab Pintu Geser Mobil Toyota Harus Rutin Dirawat

“Dalam posisi yang selalu terjemur tentu akan mempengaruhi material warnanya, sama seperti bodi saja,” lanjutnya.

Faktor kedua yang membuat warna dasbor cepat berubah adalah masalah kebersihan. Kebanyakan orang saat membersihkan interior mobilnya lebih fokus pada area jok dan lantai.

Tapi untuk bagian konsol dan dasbor sangat jarang untuk disentuh, padahal area dasbor merupakan zona yang juga banyak dihinggapi debu dan kotoran lainnya.

Buddy mengatakan, untuk menjaga kecerahan warna dasbor bisa dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang saat ini banyak dijual di toko-toko. Namun begitu, aplikasi pemakaiannya harus tetap mengikuti aturan.

“Agar warna dan materialnya tidak mudah kusam atau rusak, hal pertama yang harus dilakukan adalah tidak terlalu sering membiarkan dasbor terkena paparan sinar matahari secaara langung, ini bisa dilakukan dengan menggunakan penutup kaca depan,” jelasnya.

BACA JUGA : Dear Generasi Millenial, Aplikasi Ini Paling Top Untuk Jadi Asisten Urusan Servis Mobil Anda

“Kedua dengan memolesnya menggunakan cairan khusus, tapi dengan tetap memperhatikan tata cara pemakaiannya dan upayakan memilih pemoles atau cairan yang kandungan zat kimianya tidak terlalu banyak,” tegasnya lagi.

Untuk cairan yang akan digunakan dalam memoles dasbor, Buddy menyarankan untuk memilih bahan yang memiliki kandungan pelembab.

Dengan demikian pori-pori pada permukaan dasbor tidak cepat terlihat kering yang imbasnya akan mudah membuatnya rusak seperti retak-retak, dan lain sebagainya.

Menjaga kebersihan dasbor, selain bisa mencegah kekusaman dan rusak, sebenarnya juga bisa menambah kenyamanan dalam kabin mobil kerena ruang yang lebih bersih. Dengan demikian udara di kabin pun akan lebih bersih dan bebas dari debu.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia