Cara Merawat Bodi Mobil Tanpa Andalkan Salon Mobil"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cara Merawat Bodi Mobil Tanpa Andalkan Salon Mobil


Auto2000.co.id – Merawat eksterior mobil merupakan cara untuk menjaga penampilan kendaraan tetap kinclong. Salah satu yang utama, kecerahan warna pada bodi perlu mendapatkan perhatian khusus.
​​​​​​​
Banyaknya ritual dalam proses perawatan bodi membuat pemilik mobil kewalahan. Sementara bila mengandalkan jasa salon mobil, biaya yang harus dikeluarkan pun tidak sedikit.

Menurut Kepala Bengkel Body and Paint Auto2000 Singosari Malang Buddy Sukmawan, sebenarnya banyak cara untuk merawat warna bodi mobil yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik mobil.

“Seperti saya jelaskan sebelumnya, paling mudah merawat warna mobil dengan rajin melakukan perawatan ringan, dan paling sederhana adalah mencuci,” jelas Buddy.

BACA JUGA : Begini Cara Ngobrol Dengan Tasia Kalau Mau Beli Mobil Baru di Auto2000

“Dengan mencuci, otomatis kotoran, debu, dan noda tidak akan bertahan lama di permukaan cat,” tegasnya lebih jauh.

Buddy mejelaskan, meski kelihatannya sepele, namun bila pemilik mobil rutin mencuci mobil bisa membuat permukaan cat tak mudah kusam.

Warna dan lapisan vernish akan selalu terjaga kebersihannya, dengan begitu proses kerusakan pada cat pun bisa diminimalisir.

“Konteksnya kita memakai mobil kan tidak bisa menghindari sinar matahari, air hujan, polusi, debu, sampai mungkin getah pohon saat parkir atau berjalan,’ jelasnya lagi.

BACA JUGA : Demi Kenyamanan, Mohon Tidak Melakukan 6 Hal Ini di Cabang Auto2000

“Karena itu perawatan rutin yang sifatnya sederhana dibutuhkan untuk meminimalkan paparan tadi dengan cara rajin mencuci mobil, minimal seminggu sekali,” urai Buddy.

Langkah kedua dengan melakukan pemolesan yang sifatnya ringan menggunakan cairan atau obat poles yang banyak dijual di pasar after market.

Namun begitu, pastikan obat poles tersebut memiliki kualitas yang baik. Memang secara harga sedikit lebih mahal, tapi dari sisi hasil tentu lebih optimal.

BACA JUGA : Ini Alasan Anda Dilarang Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras

Untuk proses pemolesan ringan, menurut Buddy intensitasnya tidak perlu terlalu sering, bisa dilakukan satu atau dua kali dalam sebulan.

Anda tinggal menyesuaikan kapan memiliki waktu luang. Pelaksanaannya pun tak membutuhkan peralatan khusus seperti di salon mobil.

“Cukup dengan kain halus saja, kalau pakai peralatan seperti di salon mobil, selain biaya yang mahal dikhawatirkan bila pengerjaanya secara berlebihan justru bisa berdampak buruk,” ulas Buddy.

BACA JUGA : Waspadalah, Ini Sebab dan Cara Mengatasi Aquaplaning

“Yang penting pastikan dikerjakan setelah mobil dicuci bersih dan dalam kondisi kering, pastikan pula dikerjakan di tempat yang tidak kena sinar matahari langsung atau debu” katanya lagi.

Dengan demikian, secara biaya pastinya akan lebih murah dibandingkan harus selalu mengandalkan salon mobil. Hanya saja memang tenaga Anda akan sedikit terkuras.

Tapi Buddy menilai dengan melakukan perawatan sendiri, pada umumnya secara hasil akan lebih maksimal karena pemilik mobil lebih tahu dimana letak kekurangan pada mobilnya sendiri.

Share this article
Tanya Tasia