Toyota Veloz

10 Cara Ampuh Atasi Mabuk Perjalanan Tanpa Obat

Diterbitkan19 Feb 2024

Mabuk perjalanan sering kali menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan saat kita bepergian, terutama dengan transportasi yang bergoyang seperti mobil, pesawat, atau kapal. Namun, bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan tanpa obat? Tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara alami yang dapat membantu mengatasi mabuk perjalanan tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. 


Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa tips yang sederhana namun efektif untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa mabuk perjalanan. Melalui penerapan langkah-langkah ini, diharapkan Anda bisa menikmati perjalanan tanpa harus terganggu oleh gejala mabuk perjalanan yang tidak menyenangkan.


Apa yang Dimaksud dengan Mabuk Perjalanan? 

Mabuk perjalanan atau sering disebut dengan motion sickness adalah kondisi yang dapat terjadi saat tubuh menerima sinyal yang bertentangan dari mata, telinga dalam (vestibular), dan sensori tubuh. Biasanya, ketika kita bergerak, mata melihat gerakan sekitar, tetapi telinga dan sensori tubuh merasakan gerakan tersebut. Tidak sesuainya sinyal ini dapat memicu gejala seperti mual, muntah, pusing, dan ketidaknyamanan secara umum.


Motion sickness sering kali terjadi ketika seseorang berada dalam kendaraan yang bergerak, seperti mobil, pesawat, kapal, atau kereta api. Gejala mabuk perjalanan dapat bervariasi mulai dari ringan hingga parah, tergantung pada sensitivitas individu. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi munculnya mabuk perjalanan ialah keadaan cuaca, jenis transportasi, dan kondisi kesehatan seseorang.

10 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Tanpa Obat 

Mengatasi mabuk darat tanpa obat bisa menjadi tantangan, tetapi ada beberapa langkah sederhana yang dapat membantu meredakan atau mencegah gejala mabuk perjalanan saat berada di darat. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan secara praktis.


1. Pilih Posisi Stabil 

Memilih posisi duduk yang lebih stabil di dalam kendaraan dapat membantu mengurangi getaran dan pergerakan yang memicu mabuk darat. Sebagai contoh, di dalam mobil, duduklah di bagian tengah karena pergerakan cenderung lebih sedikit. Di pesawat, pilih tempat duduk di dekat sayap karena bagian ini mengalami getaran yang lebih minim dibanding bagian lainnya.


SERVIS MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG JUGA


2. Pandangan ke Depan 

Fokuskan pandangan ke depan selama perjalanan. Hindari membaca atau menggunakan perangkat elektronik karena aktivitas ini dapat membingungkan mata dan telinga dalam. Oleh karena itu dengan memusatkan pandangan ke arah depan, Anda membantu menyelaraskan sinyal visual dan vestibular yang dapat mengurangi ketidakcocokan dan gejala mabuk perjalanan.


Baca juga: 3 Cara Mengisi e-Toll dengan Mudah


3. Menghindari Bau yang Kuat 

Bau yang kuat atau tidak sedap dapat memicu mual. Hindari makanan atau minuman dengan aroma yang sangat kuat selama perjalanan. Buka jendela atau gunakan ventilasi tambahan untuk menyirkulasikan udara dan menghilangkan bau yang mungkin membuat Anda tidak nyaman.


4. Makanan Ringan 

Hindari makan berlebihan sebelum perjalanan. Pilih makanan ringan yang tidak terlalu berat di lambung. Makanan berlemak atau berat dapat meningkatkan risiko mual. Pilih camilan sehat seperti buah-buahan atau keripik sayuran untuk menghindari perut terlalu penuh.


5. Minum Secukupnya 

Hindari dehidrasi dengan minum air secukupnya selama perjalanan. Namun, hindari minuman yang memiliki kafein atau alkohol karena keduanya dapat memperburuk dehidrasi. Air putih adalah pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.


Baca juga: 5 Langkah Cara Membuat Rute Perjalanan Mudik Dengan Google Maps


6. Gunakan Ventilasi 

Pastikan kendaraan memiliki sirkulasi udara yang baik. Buka jendela atau gunakan ventilasi tambahan untuk menghindari udara yang terasa pengap. Udara segar dapat membantu mengurangi rasa mual dan memberikan kenyamanan selama perjalanan.


7. Dengarkan Musik yang Menenangkan 

Musik yang tenang atau suara alam dapat membantu mengalihkan perhatian dan meredakan ketegangan. Dengarkan playlist yang menyenangkan dan menenangkan selama perjalanan untuk menciptakan suasana hati yang positif.


8. Berpikir Positif 

Coba untuk tetap tenang dan berpikir positif selama perjalanan. Hindari fokus pada gejala mabuk perjalanan dan alihkan perhatian Anda pada hal-hal positif. Berpikir positif dapat membantu mengurangi kecemasan dan mencegah peningkatan gejala mabuk darat.


Baca juga: Jaga Keselamatan Mengemudi dengan 7 Tips Ini


9. Gunakan Aromaterapi 

Menggunakan aromaterapi adalah salah satu cara alami yang dapat membantu mengatasi mabuk perjalanan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Aromaterapi melibatkan penggunaan minyak esensial dari tumbuhan untuk menciptakan aroma yang dapat memengaruhi suasana hati dan kesejahteraan. 


Beberapa jenis minyak esensial dapat membantu meredakan gejala mabuk perjalanan. Minyak esensial peppermint, jahe, lavender, atau jeruk bisa menjadi pilihan yang baik. Peppermint dapat membantu meredakan mual, sementara jahe memiliki sifat menenangkan untuk sistem pencernaan. Lavender dan jeruk dapat memberikan efek relaksasi dan menyegarkan.


10. Hindari Penggunaan Gadget Selama Perjalanan 

Menghindari penggunaan gadget selama perjalanan dapat menjadi salah satu strategi efektif untuk mengatasi mabuk perjalanan. Meskipun teknologi telah memberikan kenyamanan besar dalam perjalanan, terutama untuk menghilangkan rasa bosan, penggunaan gadget dapat memicu atau memperburuk gejala mabuk perjalanan pada sebagian orang. 

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK UNTUK MOBIL BARU TOYOTA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


Saat menggunakan gadget, mata dapat menerima informasi visual tentang gerakan atau perubahan lingkungan, sementara telinga dalam (vestibular) merasakan pergerakan kendaraan. Selain itu, Membaca atau menatap layar gadget dapat memicu gejala mabuk perjalanan, terutama pada orang yang lebih rentan. Fokus pada tulisan atau gambar yang diam atau bergerak dapat membingungkan otak dan meningkatkan rasa mual. 


Dalam upaya untuk mengetahui cara mengatasi mabuk perjalanan tanpa obat, penting untuk mencoba berbagai metode alami yang telah dibahas sebelumnya. Menghindari makanan berat sebelum perjalanan, memilih posisi duduk yang stabil, dan mengaplikasikan teknik pernafasan dapat menjadi langkah awal yang efektif. 


Selain itu, aromaterapi dengan minyak esensial seperti peppermint, jahe, lavender, atau jeruk juga dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meredakan gejala mabuk perjalanan. Ingatlah untuk selalu memperhatikan kebutuhan tubuh dan menghindari stimulus yang dapat memperburuk kondisi. 


Meskipun mabuk perjalanan dapat mengganggu kenyamanan perjalanan, dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menikmati perjalanan tanpa harus dihantui oleh gejala yang tidak diinginkan dan untuk memastikan perjalanan Anda berjalan lancar, jangan lupa untuk merawat mesin mobil sebelum mudik


Temukan tips dan panduan lebih lanjut tentang merawat kendaraan Anda dengan mengunjungi situs resmi Auto2000 Digiroom. Mesin yang baik dan mobil yang terawat dengan baik akan memastikan Anda tiba di tujuan dengan aman dan nyaman. Selamat mudik!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.