Cara Mendeteksi Masalah Pada Mobil Lewat Lampu Indikator"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cara Mendeteksi Masalah Pada Mobil Lewat Lampu Indikator

s

Auto2000.co.id – Setiap mobil memiliki meter cluster. Tetapi yang perlu diketahui adalah saat mobil tersebut mengalami masalah, ada yang bisa terdeteksi melalui lampu indikator di meter cluster tersebut.

Sebagai contoh, mobil mengalami overheat maka akan muncul lampu indikator berupa temperatur suhu. Biasanya menyala berwarna merah, dan itu artinya mesin mengalami masalah karena ada komponen yang rusak.

Selain itu, jika ada permasalahan di oli, maka yang timbul di lampu indikator berupa gambar tetesan oli yang juga biasanya menyala atau berwarna merah.

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, masing-masing pemilik mobil wajib tahu, sehingga bisa mengetahui jika ada kerusakan pada mobil.

BACA JUGA : Spesial Untuk Generasi Millenial, Aplikasi Auto2000 Mobile Siap Memanjakan Kebutuhan Perawatan dan Pembelian Mobil Toyota

“Fungsi lampu indikator tersebut sangat penting diketahui bersama. Setidaknya sopir tahu penyakit apa yang dialami oleh mobil ketika ada indikator menyala,” ungkap Sapta.

Paling penting, kata Sapta, adalah mengetahui lampu indikator temperatur mesin, fungsi dan charging battery, airbag, seatbelt, indikator oli, ABS, check engine, dan lain sebagainya.

“Jadi kalau temperatur mesin, check engine menyala itu tandanya ada masalah pada mesin. Begitu juga lampu indikator oli menyala berarti ada masalah pada sistem pelumasan,” ujar Sapta.

Selain itu, lampu indikator penting lain yang perlu diketahui seperti indikator timing belt pada mesin diesel, indikator kinerja mesin atau battery di mobil hybrid, hingga posisi kunci mobil untuk kendaraan yang sudah keyless.

Apabila ada yang belum tahu, bisa ditanyakan ke teknisi Auto2000 ketika melakukan servis berkala, karena teknisi dengan senang hati akan membantu permasalahan yang dialami oleh konsumen Toyota.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia