cara-membersihkan-kondensor-ac-mobil.png

Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil Oleh Profesional

Diterbitkan12 Apr 2023

Cara membersihkan kondensor AC mobil dapat dikatakan sebagai sesuatu yang tidak biasa bagi orang awam dan dibutuhkan keahlian khusus. Apabila AutoFamily ingin membersihkan kondensor AC mobil, pastikan bahwa Anda memahami betul tentang seluk beluk AC mobil agar tidak merusak komponen lainnya.

Salah sedikit saja ketika membersihkan kondensor AC mobil, bisa-bisa AC mobil AutoFamily menjadi tidak dingin sama sekali atau bahkan menjadi berisik.

Apakah mungkin pemilik mobil melakukan pembersihan kondensor AC sendiri di rumah? AutoFamily dapat melakukan perawatan ringan pada kondensor kendaraan dengan cara menyemprotkan air atau udara pada bagian depan kendaraan khususnya di bagian yang dekat dengan kondensor. AutoFamily bisa melakukannya dalam waktu yang singkat, bisa menggunakan semprotan air atau semprotan udara.

Agar dapat lebih memahami mengenai cara membersihkan kondensor AC mobil, pertama-tama Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu kondensor AC mobil. Silakan simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Kondensor AC Mobil?

Kondensor pada AC mobil AutoFamily memiliki bentuk silinder kecil yang terdiri dari beberapa lembar kertas. Kertas-kertas tersebut terbuat dari timah yang digulung dengan ketat hingga membentuk silinder.

Kondensor memiliki fungsi yang sangat penting dalam mobil yaitu untuk mengubah suhu panas menjadi suhu dingin. Bagaimana caranya?

Jadi, kondensor akan melepaskan zat gas yang akan diterima oleh freon AC, kemudian komponen tersebut akan mengubahnya menjadi zat cair. Zat cair tersebut akan terus dialirkan hingga akhirnya sampai pada bagian expansi valve dan keluarkan suhu dingin dari AC mobil AutoFamily.

Cara Merawat Kondensor AC Mobil

Berikut adalah langkah-langkah untuk merawat kondensor AC mobil bagi AutoFamily!

1. Tutup Jendela Mobil saat AC Menyala

Jika Anda membuka jendela mobil saat AC menyala, tentunya udara dingin yang dihembuskan oleh AC akan terbuang secara percuma. Selain itu, yang harus Anda ketahui adalah setiap komponen dari AC mobil, termasuk kondensor, akan bekerja secara terus-menerus hingga suhu udara kabin mobil mencapai angka yang Anda tentukan.

Baca juga:6 Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Kusam dengan Benar

2. Jangan Sampai AC Mobil Tidak Digunakan Secara Rutin

AC mobil yang jarang, bahkan yang hampir tidak pernah digunakan, akan membuat AC mobil serta komponennya cepat rusak. Seperti fan belt, yang akan mengering apabila tidak digunakan, dan juga filter ac yang tidak akan berfungsi dengan baik.

Jika Anda jarang menggunakan mobil, pastikan untuk menyalakan AC ketika Anda sedang memanaskan mobil. Hal ini dilakukan agar komponen AC tidak rusak, dan sirkulasi udara pada AC mobil berjalan lancar.

3. Pastikan untuk Melakukan Pembersihan Kondensor secara Rutin

Pada umumnya, kondensor terletak di bagian depan mobil. Tepatnya, di bagian depan radiator mobil. Lalu, mengapa kondensor AC mobil perlu dibersihkan? Hal ini tentu saja dikarenakan banyaknya kotoran seperti debu yang diserap oleh kondensor dan akhirnya terbawa menuju freon AC mobil sehingga kondensor perlu sering dibersihkan.

Baca juga:5 Sumber Penyebab AC Mobil Kurang Dingin

Bagaimana Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil?

Secara umum, langkah-langkah untuk membersihkan kondensor AC mobil adalah sebagai berikut:

1. Mempersiapkan peralatan untuk membongkar ac mobil

Untuk membongkar ac mobil, alat- alat yang harus disiapkan adalah kunci pas, kunci soket, maupun kunci inggris. Jangan lupa untuk menyiapkan lap bersih untuk pengangkatan kondensor AC mobil.

2. Membongkar AC mobil dan melepas kondensor AC mobil

Jika alat-alat sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah membongkar ac mobil, dan mencari kondensor AC mobil. Setelah ditemukan, maka kondensor AC mobil harus dilepas untuk dibersihkan. Hal ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

3. Menyemprotkan kondensor AC mobil dengan air

Semprot beberapa bagian kondensor AC mobil dengan air bersih atau air mineral. Jangan rendam kondensor AC mobil ke dalam air sabun, karena akan merusaknya. Jika penyemprotan telah selesai, maka keringkan kondensor AC mobil. Apabila masih terdapat bagian yang kotor, dapat menggunakan kuas untuk membersihkannya.

4. Pasangkan kembali kondensor AC mobil yang sudah bersih

Cara memasang kembali kondensor AC mobil sama dengan ketika kondensor dilepaskan. Alat-alat yang dapat digunakan adalah kunci soket maupun kunci pas untuk mengencangkan baut pada kondensor AC mobil.

Baca juga:12 Perlengkapan Pembersih Mobil yang Wajib Anda Miliki

Dikarenakan bagian kondensor AC mobil termasuk sebagai bagian dalam mobil yang harus melalui proses pembongkaran terlebih dahulu di dalam pembersihannya, maka muncul risiko terjadi masalah baru jika Anda melakukan pembersihan tanpa menguasai seluk-beluknya. Itulah mengapa kami lebih menyarankan Anda untuk membawa mobil ke bengkel Auto2000 yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Teknisi kami siap membantu Anda membersihkan kondensor AC mobil dengan lebih profesional serta hasil yang maksimal.

Bengkel Auto2000 dilengkapi peralatan dan perlengkapan untuk perawatan kondensor, AutoFamily bisa mendapatkan pelayanan perawatan kondensor dengan harga yang terjangkau, hal ini penting dilakukan agar kondensor kendaraan AutoFamily selalu terawat dan dalam kondisi optimal, sehingga AutoFamily dapat berkendara dengan nyaman di mana sistem AC dapat bekerja dengan baik, dan kesejukan dalam kabin kendaraan AutoFamily akan selalu terjaga.

Selain itu, jangan pernah lupa untuk selalu menghindari beberapa hal yang dapat membuat AC lebih cepat kotor. Contohnya seperti merokok ketika AC mobil menyala, mematikan mesin ketika AC mobil masih menyala, hingga penggunaan pewangi kabin yang salah. Dengan menghindari beberapa hal itu, Anda dapat tetap menjaga kebersihan AC mobil dengan lebih baik lagi. Kondisi kebersihan kondensor AC mobil juga tetap terjaga.

Apabila AutoFamily ingin melakukan booking layanan servis untuk membersihkan kondensor AC mobil, silakan kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga. Di sana, Anda juga dapat memesan layanan THS-Auto2000 Home Service untuk memanggil teknisi Auto2000 datang ke rumah.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.