Cancel

Ketahui Berbagai Ukuran Celah Busi

Saat listrik bertegangan tinggi mengalir dari ignition coil ke terminal busi, maka akan terbentuk aliran arus dari igntion coil menuju elektroda busi. Sesuai dengan arah aliran arus, dimana arus listrik selalu mengalir dari kutub positif ke negatif. Maka listrik didalam elektroda juga akan mengalir menuju masa.

Jika arus pada elektroda langsung dihubungkan le masa maka hanya akan timbul panas pada elektroda dan tidak ada percikan. Untuk itu dibuat celah antara ujung elektroda dan masa. Saat arus listrik yang melewati elektroda bermuatan kecil, tidak akan terjadi apapun di celah elektroda. Namun jika arus yang mengalir bermuatan mencapai 20 KV maka mampu keluar dari elektroda dalam bentuk percikan.

Celah busi menjadi faktor apakah percikan mampu keluar ataukah tidak. Celah busi yang terlalu renggang membutuhkan muatan lebih besar untuk bisa terjadi percikan. Jika arus tersebut standar maka percikan yang dihasilkan juga lebih kecil. Sehingga berpotensi menyebabkan miss fire. Celah busi yang terlalu dekat, akan menyebabkan percikan lebih besar dan tidak terarah. Dalam hal ini, panas pada busi akan cepat terbentuk sehingga dapat mempengaruhi pembakaran mesin.

Dilihat dari bentuk celah busi, akan terdapat dua jenis busi yaitu :
 

1. Single Elektrode

Jenis single elektroda memiliki satu buah ground point dan celah vertikal diujung elektroda. Tipe ini akan menghasilkan percikan dengan bentuk memanjang. Sangat cocok dipakai untuk mesin berkapasitas sedang.

2. Multi Elektrode

Jenis multi elektrode memiliki ground point dua atau lebih yang terletak disamping elektroda. Percikan yang dihasilkan pada busi jenis ini terletak disamping elektroda dengan jumlah sesuai jumlah ground point. Busi ini memiliki diameter lebih besar dan sering dipakai pada mesin berkapasitas lebih dari 500 cc tiap silinder.

Untuk ukuran celah, ada banyak variasi celah busi. Hal ini tergantung spesifikasi tiap mesin. Umumnya, celah busi berkisar 0,8 hingga 1,0 mm.

Lakukan perawatan berkala di bengkel resmi toyota setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

​​​​​​​

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 promo spontan​​​​​​​​​​​​​​

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​

promo new yaris promo spontan  ​​​​​​

promo spontan promo spontan

​​​​​​​
Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo Perawatan dan Body Paint Toyota - Servicetival Digiroom
Sudah di penghujung tahun 2021, sudah servis Toyota kamu belum? Auto2000 Digiroom punya Bonus Akhir Tahun untuk AutoFamily!

Dalam program Servicetival, AutoFamily bisa menikmati berbagai promo perawatan Toyota. Yuk catat jadwal promo di bawah ini:
04 November 2021
Promo - SUPER HERO EZ Deal
Mau punya mobil All New Avanza & Veloz tanpa perlu bayar mahal? Yuk, ikutan program SUPER HERO EZ Deal saja! Dengan program SUPER HERO EZ Deal, AutoFamily bisa mendapatkan mobil All New Avanza dengan cicilan hanya 2.9 Juta/ bulan* dan All New Veloz hanya dengan cicilan 3.5 juta/ bulan*!

Tak hanya itu, AutoFamily bisa langsung mendapatkan kepastian stock/ bebas inden lho. AutoFamily juga bisa mendapatkan hadiah Sharp Air Purifier setiap pembelian kredit melalui EZ Deal dan uang elektronik setiap pembelian EZ Deal melalui Auto2000 Digiroom. Tersedia juga program EZ Deal Syariah.

Yuk, segera miliki mobil impianmu di akhir tahun 2021 dengan mengisi formulir di bawah ini!

*Syarat dan ketentuan berlaku
16 November 2021
Promo - KINTO ONE Syariah
Menjelang akhir tahun 2021, saatnya AutoFamily merasakan sensasi berkendara mobil baru tanpa ribet lewat layanan Car Subscription Kinto. Dengan program KINTO ONE Syariah, AutoFamily bisa tenang mengendarai mobil baru bersama keluarga lho!

AutoFamily bisa bebas berkendara hanya dengan membayar biaya berlangganan mulai dari 2.7 jutaan/ bulan* untuk Toyota Calya, 4.8 jutaan/ bulan* untuk Toyota Avanza, 8.4 jutaan/ bulan* untuk Toyota Innova, dan beragam pilihan mobil lainnya!

Anda juga bisa bebas memilih mobil kesayangan Anda dan tersedia juga model mobil terbaru lho. Biaya di atas juga sudah termasuk servis, asuransi all in, dan perpanjangan STNK.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *Syarat dan ketentuan berlaku
16 November 2021
Promo - DP Ringan All New Avanza & All New Veloz
Semakin mudah untuk miliki All New Avanza & All New Veloz yang baru saja rilis di Indonesia. Cukup dengan DP sebesar Rp 33.5 juta* saja, AutoFamily sudah bisa bawa pulang All New Avanza atau All New Veloz impian.

Selain itu, untuk setiap pembelian Toyota di Auto2000 Digiroom, AutoFamily akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier* dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah* untuk pembelian dengan paket kredit.

Jangan sampai ketinggalan! Buruan isi form di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *syarat dan ketentuan berlaku
12 November 2021
More News
digiroom
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF