Buka Outlet di Probolinggo dan Kediri Auto2000 Perkuat Penetrasi di Jawa Timur"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Buka Outlet di Probolinggo dan Kediri Auto2000 Perkuat Penetrasi di Jawa Timur

PROBOLINGGO – Auto2000 terus memperluas jaringannya di sejumlah wilayah di Indonesia. Kali ini, Auto2000 memperkuat penetrasinya di Jawa Timur dengan membuka dua outlet secara bersamaan yakni di Probolinggo dan Kediri. ”Kami berharap agar pelanggan di sekitar kota atau kabupaten Probolinggo dan Kediri dapat lebih merasakan layanan dan program-program inovasi kami. Sehingga, mampu membuat pelanggan lebih puas,” ujar Chief Executive Auto2000 Suparno Djasmin dalam acara Grand Opening Auto2000 Probolinggo dan Kediri Suharmadji yang dilakukan secara bersamaan di Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (12/9).

Suparno, yang akrab disapa Abong itu mengakui, pembukaan dua outlet itu memang untuk lebih mendekatkan diri ke konsumen. Hal itu sesuai komitmen Auto2000 yang ingin semakin dekat dengan pelanggan, sehingga pelanggan makin mudah dalam mengakses fasilitas dan layanan Auto2000. Dijelaskan, outlet Probolinggo merupakan outlet Auto2000 ke-179, sedangkan Kediri Suharmadji adalah yang ke-180. Hingga akhir tahun ini, Auto2000 akan membuka lagi empat outlet yakni Perintis Gagak Hitam (Medan – Sumatera Utara), Daya Toyota Cakung (Jakarta), Auto2000 Banyuwangi (Jawa Timur) dan Auto2000 Bukit Tinggi (Sumatera Barat). Artinya, hingga akhir 2014, total outlet Auto2000 sebanyak 184 outlet.

Menurut Abong, penambahan outlet seiring bertumbuhnya pasar dan meningkatnya kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, Auto2000 sebagai dealer utama Toyota, juga ingin meningkatkan layanan penjualan dan purna jual yang maksimal kepada masyarakat, termasuk untuk warga Probolinggo dan Kediri.

Dijelaskan, outlet Auto2000 Probolinggo dibangun di atas area seluas 8.277 meter persegi (m2) dengan luas bangunan 3.527 m2 di Jl Panglima Sudirman Nomor 258, Probolinggo, Jawa Timur. Total investasi untuk pembangunan outlet ini sekitar Rp 40 miliar.

Presiden Direktur TAM, Hiroyuki Fukui, mengatakan bahwa peresmian 2 outlet Auto2000 Kediri Suharmadji dan Auto2000 Probolinggo merupakan perwujudan dari komitmen Toyota dalam mendekatkan diri kepada pelanggan. “Dengan hadirnya kedua outlet tersebut, kami berharap dapat memberikan kemudahan dalam mengakses produk, teknologi, dan pelayanan terbaik, khususnya bagi pelanggan di Jawa Timur dan sekitarnya,” ujar Fukui, hari ini.

Sedangkan outlet Kediri Suharmadji dibangun di atas lahan seluas 8.515 m2 dengan luas bangunan 5.450 m2 di Jl Sersan Suharmadji Nomor 198, Kediri, Jawa Timur. Biaya investasi yang dikeluarkan Auto2000 untuk pembangunan outlet di Kediri ini sekitar Rp 62 miliar. Dua outlet itu merupakan outlet terpadu sesuai standar Auto2000 yang melayani penjualan, penyediaan suku cadang, service dan khusus untuk Auto2000 Kediri Suharmadji terdapat fungsi bodi & cat (BP).

Pacu Penjualan

Pada kesempatan itu, Kepala Cabang Auto2000 Probolinggo Indra Tejo Kusuma mengatakan, untuk tahap awal pihaknya menargetkan penjualan mobil hingga akhir tahun ini rata-rata 59 unit per bulan. Sedangkan untuk perawatan kendaraan (servis) rata-rata 26 unit per bulan. Indra optimistis bisa meningkatkan penjualan mobil Toyota dengan dibukanya outlet di Probolinggo. Hal ini didasari perekonomian Probolinggo yang selalu membaik. Contohnya Kota Probolinggo. Selama tiga tahun belakangan ini, pertumbuhan ekonomi kota berpenduduk sekitar 218.000 jiwa ini selalu berada di atas enam persen. Seperti tahun 2011, pertumbuhan ekonomi Kota Probolinggo sebesar 6,58 %, tahun berikutnya 6,85 %, dan pada 2013 lalu pertumbuhansebesar 6,46 persen.

Indra bahkan makin optimistis perekonomian di Probolinggo, termasuk di kawasan kabupaten juga meningkat. Apalagi dengan akan dikembangkannya Pelabuhan Tanjung Tembaga menjadi pelabuhan besar. “Ini tentu akan mendongkrak perekonomian di wilayah ini, terutama di sektor perikanan,” tutur Indra. Menurut dia, perkembangan ekonomi masyarakat tentu akan meningkatkan penjualan otomotif di Probolinggo. Saat ini, rata-rata penjualan mobil di Probolinggo sebanyak 215 unit per bulan atau total penjualan di atas 2.500 unit per tahun. Dari jumlah itu, Toyota memimpin penjualan dengan pangsa pasar 32,8 %. Ia menargetkan, hingga akhir 2014, Toyota bisa meraih pangsa pasar 35 %.

Sementara itu, Kepala Cabang Auto2000 Kediri Suharmadji, Dwi Bayu Nugroho, mengatakan, pada tahap awal, pihaknya menargetkan penjualan 102 unit per bulan dan melayani perawatan kendaraan rata-rata sekitar 26 unit per hari, serta melayani body paint kendaraan sebanyak 16 unit per hari. Saat ini, kata dia, penjualan otomotif di Karesidenan Kediri yang terdiri dari kawasan Nganjuk, Blitar, Tulung Agung, dan Trenggalek tiap bulannya sekitar 1.100 unit. Dari jumlah itu, Toyota memimpin pasar dengan pangsa pasar 26,7 %. Ia menargetkan, sejak dibukanya outlet Kediri Suharmadji hingga akhir tahun ini bisa meraih penjualan 400 unit atau pangsa pasar melonjak menjadi 28,5 %. “Kami optimistis terjadi pertumbuhan penjualan mobil Toyota di Karesidenan Kediri dengan hadirnya outlet Auto2000 di Kediri ini,” ujar Bayu. Tahun depan, kata Bayu, pihaknya sudah menargetkan peningkatan pangsa pasar Toyota di Karesidenan Kediri sebesar 30 persen. Hal itu sesuai dengan kehadiran outlet Auto2000 yang mendekatkan diri ke masyarakat juga karena pertumbuhan ekonomi masyarakat Kediri yang terus membaik.

Abong melanjutkan, penambahan dua outlet itu dirasa penting oleh manajemen Auto2000 mengingat kompetisi yang semakin ketat dan tuntutan pelanggan untuk peningkatan layanan. Ditambahkan, di setiap outletnya, Auto2000 selalu mengemasnya dengan tampilan interior dan eksterior baru berkonsep nyaman, modern, dan tanpa tekanan dengan sentuhan terbaru pada area pelayanan pelanggan servis. Diharapkan, dengan tampilan yang nyaman itu, para pelanggan dapat lebih merasakan pelayanan yang mudah, akrab, dan andal sehingga meninggalkan pengalaman yang berkesan saat membeli dan memiliki kendaraan Toyota di Auto2000. “Kami akan terus melakukan berbagai improvement layanan dan program-program penjualan,” tambah Abong.

Ia menjelaskan, walaupun kondisi pasar otomotif Indonesia ke depannya akan semakin bertumbuh dan persaingan dalam penambahan lini produk akan semakin agresif, ia optimistis kehadiran outlet Auto2000 Probolinggo dan Kediri tetap dapat memperkuat dominasi Toyota di pasar otomotif Indonesia, khususnya Jawa Timur.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia