LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Boleh Gak Sih Dengerin Musik Saat Mengemudikan Mobil

Mendengarkan musik yang menyenangkan dapat berpengaruh baik bagi otak dan peredaran darah. Berkendara terutama ketika macet sambil mendengarkan lagu dipercaya dapat mengubah suasana yang membosankan menjadi lebih menyenangkan. Namun beberapa jenis musik tertentu ternyata bisa memberikan pengaruh yang kurang baik bagi pengemudi maupun penumpangnya. Selain itu, mendengarkan musik ketika mengemudikan mobil ada aturannya.

Mengemudi memang membutuhkan ketenangan dan konsentrasi sehingga emosi pengendara lebih stabil. Jenis musik bertempo cepat seperti rock, metal, hip hop, rap, dan techno dapat meningkatkan adrenalin pengendara sehingga harus dihindari. Hal itu dapat memacu pengendara untuk melakukan kebut-kebutan. Sedangkan jenis musik yang terlalu pelan temponya dapat membuat pengemudi mengantuk terutama jika harus berkendara jarak jauh.

Musik yang ideal saat mengemudi adalah musik yang memiliki tempo serupa dengan detak jantung. Jenis musik yang menenangkan seperti jazz dan klasik adalah pilihan yang tepat untuk berkendara. Jenis musik tersebut memiliki tempo serta irama seperti detak jantung manusia yaitu berkisar antara 60 hingga 80 ketuk per menit. Dengan tempo seperti itu, jantung tidak akan terpacu terlalu cepat sehingga dapat menenangkan jiwa.

Selain jenis musik, volume suara juga perlu diperhatikan. Volume suara yang terlalu berlebihan sangat mengganggu pengendara karena dapat meningkatkan stress, emosi tidak stabil, mengganggu konsentrasi dan tidak peka dengan suara klakson dari mobil lain. Volume saat mendengarkan musik yang baik yaitu sekitar 30%-40% dari volume yang disediakan sistem audio pada mobil Anda.

Karena Anda tetap harus waspada dan memperhatikan kondisi di sekeliling kendaraan Anda. Jangan sampai bunyi klakson dari kendaraan lain tak dapat Anda dengar karena volume musik di mobil terlalu kencang. Nah, hal ini tak hanya bisa membahayakan diri Anda tapi juga pengguna jalan yang lain.

Jadi mendengarkan musik saat mengemudi boleh – boleh saja asalkan dengan syarat pengaturan volume dan pemilihan jenis musik yang didengarkan harus tepat agar tidak mengganggu fokus konsentrasi saat sedang berkendara.

Ingat selalu utamakan keselamatan. Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF