Boleh Atau Tidak Mencampur Air Wiper dengan Sampo?"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Boleh Atau Tidak Mencampur Air Wiper dengan Sampo?


Auto2000.co.id – Cuaca belakangan ini sedang tidak tentu, terkadang hujan, kadang juga panas. Untuk pengguna mobil diharapkan tetap waspada agar selamat sampai di tempat tujuan.
​​​​​​​
Selain pengemudi, banyak faktor yang mendukung keselamatan dan kenyamanan ketika mengemudi. Salah satunya fungsi dari wiper.

Karena kalau hujan otomatis Anda menggunakan perangkat tersebut untuk menyapu air di permukaan kaca bagian depan agar pandangan tetap terjaga.

BACA JUGA : Sambut Ramadhan  dan Pemilu 2019, Auto2000 Menawarkan Diskon Biaya Jasa, Oli dan Spare Part dalam Program Pre Holiday Campaign dan Tunjukkan Jarimu

Nah, terkadang ada yang mengisi air wiper dalam tabung dicampur dengan sabun atau shampo. Tujuannya agar kaca tersapu lebih bersih, karena ketika meyemprotkan air ke kaca, ada kandungan sabun atau sampo.

Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan sebenarnya tidak masalah, tetapi alangkah baiknya diisi dengan cairan yang benar-benar khusus untuk kaca. Produk ini banyak tersedia di toko aksesoris mobil.

“Karena kalau dicampur sabun atau sampo untuk manusia, ada kandungan bahan kimia yang lama kelamaan justru merusak permukaan kaca,” kata Suparna belum lama ini di Jakarta.

Dalam jangka waktu panjang, permukaan kaca tersebut akan terkikis oleh zat kimia yang terkandung pada sabun atau sampo itu dan timbul baret di kaca yang mengganggu pandangan.

BACA JUGA : Waspadalah! Ini Pemicu Karat Tumbuh di Bodi Mobil Anda

Selain itu, bisa timbul jamur karena adanya bercak bekas sampo di bagian kaca yang tidak terkena sapuan wiper. Dan ini juga tidak kalah mengganggunya.

Jika sudah seperti itu, pemilik mobil harus mengeluarkan uang tambahan untuk membersihkan jamur pada kaca. Jadi sebaiknya, kata Suparna diisi air biasa atau water fluid khusus untuk air wiper.

Auto2000, kata dia, juga menyediakan water fluid sehingga mobil konsumen tetap aman karena tidak mudah timbul jamur pada kaca akibat penggunaan cairan wiper yang salah.

Penggantian bisa dilakukan ketika servis berkala atau tinggal datang ke bengkel resmi Auto2000 terdekat.

Share this article
Tanya Tasia