LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Bisa Jadi Fungsi Busi Ini Belum Banyak Diketahui Yuk Simak

 

Busi merupakan salah satu komponen yang terdapat pada mesin dengan fungsi yang cukup vital. Yang mana tugasnya adalah memercikkan bunga api di ruang bakar supaya dapat terjadi pembakaran. Dengan proses tersebut kemudian mobil dapat dihidupkan dengan memutar kunci kontak.

Apabila saat ingin menyalakan mesin namun busi tidak bekerja dengan baik maka bisa saja mobil tidak dapat dihidupkan. Namun ternyata terdapat beberapa fungsi busi pada mesin mobil yang belum diketahui. Apa saja?

1. Membakar bensin

Adapun fungsi busi pada mobil yang pertama adalah membakar bensin yang telah dikompresi. Jadi bensin dimasukkan ke bagian tangki, kemudian akan dicampur dengan udara pada karburator dan dikabutkan baru menuju ruang bakar. Pembakaran yang terjadi nantinya berguna untuk menghidupkan mesin Mobil dengan maksimal.

Jadi apabila busi mobil mengalami masalah atau kotor maka mesin mobil akan susah dihidupkan. Jika mau hidup terasa kurang maksimal seperti tersendat-sendat atau brebet. Oleh sebab itu, bagi Anda yang mengalami masalah ini bisa melakukan pengecekan pada bagian busi, apabila kotor segera dibersihkan.

2. Menjadi cadangan aki

Jadi ketika aki mobil soak atau tidak bekerja saat di perjalanan, ternyata masih terdapat cadangan listrik yang terdapat pada busi mobil. yang mana di bagian tengah komponen busi mempunyai elektroda yang dapat menyimpan tenaga listrik dan tersambung dengan koil pengapian. Jadi ketika aki tidak bekerja kadang masih bisa untuk menyalakan mesin, namun daya listrik yang dihasilkan juga terbatas.

Untuk penyimpanan listrik pada busi biasanya tidak bertahan lama. Selain itu umur busi lama kelamaan juga semakin pendek Karena kinerjanya terus menerus berjalan sementara aki tidak mengirim daya listrik. dengan begitu maka jika dirasa aki sudah kurang bekerja dengan baik perlu dilakukan pergantian atau perbaikan.

3. Menyalakan mesin kendaraan

Jadi apabila busi dalam kondisi kotor atau tidak bekerja dengan maksimal sebaiknya dilakukan pemeriksaan. Apakah busi masih dapat digunakan atau hanya perlu pembersihan atau malah perlu diganti. Jika telah ketemu masalahnya segera perbaiki  supaya mesin mobil kembali menyala dengan maksimal. mengingat kerusakan yang terjadi pada busi, dapat menyebabkan mesin brebet dan kadang tidak bisa hidup.

4. Dapat Menghasilkan Listrik

Pasti yang pernah melakukan pengujian terhadap kondisi busi akan tahu bahwa dapat menghasilkan listrik. jadi ketika mesin dihidupkan dan busi didekatkan dengan logam maka akan muncul percikan api. Hal ini menunjukkan bahwa komponen busi kondisinya masih cukup baik.

Dengan melihat hal tersebut bisa disimpulkan, bahwa pembakaran yang terjadi karena percikannya membakar bahan bakar yang telah dikabutkan bersama udara. Memang kondisi busi perlu dijaga karena tugasnya yang cukup vital. Pasalnya kalau busi mobil tidak memercikkan api atau listrik maka mesin tidak bisa hidup dan perjalanan tidak dapat dilakukan.

5. Menjaga mesin tetap dalam kondisi stabil

Perlu diketahui, bahwa listrik yang dihasilkan busi akan terus menerus seiring perjalanan berlangsung. Apabila dalam perjalanan listrik tidak muncul dari komponen busi maka mesin Mobil akan mati dan Mobil pun berhenti. Oleh sebab itu sangat diperlukan busi dengan kondisi yang baik supaya perjalanan tetap lancar. Jadi dengan busi yang baik maka mesin akan tetap stabil dalam mendukung perjalanan bersama keluarga.

Pemeriksaan busi mobil akan dilakukan bersamaan dengan servis berkala jadi lakukan servis berkala secara rutin di Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan yang beralamat di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan – Bali atau hubungi 0361-9332000 untuk Booking Service terlebih dahulu.

( Mitha Purnama Dewi )

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF