Bisa Fatal, Jangan Remehkan Fungsi Ban Serep"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Bisa Fatal, Jangan Remehkan Fungsi Ban Serep


Auto2000.co.id – Tak bisa dipungkiri bila sampai saat ini masih banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan kondisi dari ban cadangan yang dimilikinya.
​​​​​​​
Bahkan tidak sedikit yang menganggap bahwa ban cadangan hanya sebagai pelengkap wajib pada mobil sampai akhirnya butuh servis dari ban serep.

Penting untuk diketahui, ban cadangan memiliki peran penting sebagai pengganti ban utama bila pengendara mengalami situasi darurat.

Contoh ketika dalam perjalanan mengalami masalah, seperti kebocoran atau pecah ban yang situasinya tidak mungkin untuk langsung diperbaiki.

BACA JUGA : Jangan Pakai Oli Transmisi Matik Biasa Untuk Matik CVT, Ini Alasannya

Mengingat peran penting pada ban cadangan, maka pemilik mobil juga wajib untuk memperhatikan dan melakukan perawatan berkala ban serep.

Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, mengatakan bila ban cadangan wajib diperlakukan layaknya ban utama yang digunakan.

“Jangan anggap hanya sebagai pelengkap atau hiasan saja, tapi juga perlu dikontrol kondisinya seperti apa,” terangnya.

“Banyak pemilik mobil yang sejak pertama membeli kendaraan sama sekali tidak memeriksa ban cadangan, akibatnya saat dibutuhkan dalam situasi darurat, ban tersebut tidak bisa digunakan,” tegasnya.

BACA JUGA : Demi Kenyamanan, Mohon Tidak Melakukan 6 Hal Ini di Cabang Auto2000

Merawat ban cadangan menurut Suparman tidak sulit, secara teknis prosesnya sama dengan ban utama. Pemilik mobil bisa melakukan pengecekan sendiri secara berkala dengan melihat langsung.

Paling utama, memperhatikan kondisi karetnya, apakah masih bagus atau sudah ada kerusakan seperti permukaannya yang getas.

Banyak kejadian akibat ban terlalu lama disimpan membuat kondisi karet menjadi turun, apalagi bagi ban yang tersimpan di bawah ruang bagasi.
​​​​​​​
Tak kalah penting adalah memeriksa tekanan udara ban serep. Menurut Suparman, tekanan udara memiliki peran penting untuk memastikan ban serep tetap dalam kondisi prima sehingga bisa langsung digunakan saat dibutuhkan.

BACA JUGA : Ini 4 Alasan Anda Wajib Tukar Tambah New Avanza di Dealer Auto2000
“Sama dengan ban yang kita gunakan, tekanan udara juga harus terjaga pada ban cadangan, karena bila sampai kurang tentu tidak bisa digunakan,” jelasnya.

“Bahkan bisa menimbulkan kerusakan yang serius. Intinya secara perlakukan ban serep itu juga harus sama dengan ban yang sedang digunakan,” lanjutnya Suparman.

Untuk lebih memaksimalkan peran ban cadangan dan menjaga fungsinya, Suparman menyarankan pemilik mobil melakukan rotasi atau penggantian dengan ban yang lain, terutama untuk ban serep yang ukurannya sama dengan ban utama.

Dengan adanya rotasi maka akan membuat karet dan kompon seluruh ban mobil bergerak sehingga meminimalkan risiko kerusakan.
 
Share this article
Tanya Tasia