LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Bisa Dilakukan Sendiri Ini 9 Langkah Atur Posisi Lampu Depan Mobil

Pernahkah mata Anda menjadi silau karena lampu mobil orang lain, atau lampu mobil Anda tidak menyorot ke jalan di depan mobil dengan benar? Jika yang dapat Anda lihat hanyalah dedaunan di pinggir jalan, atau jika pengemudi dari arah berlawanan mengedipkan lampu besar mereka atau membunyikan klakson kepada Anda, kemungkinan besar lampu depan Anda salah posisi dan menyilaukan pengemudi dari arah yang berlawanan. Anda dapat menyesuaikan posisi lampu depan mobil dengan mudah hanya dengan obeng dan pengaturan ketinggian.

1.    Parkirkan mobil Anda di jalan yang rata. Mulailah keluarkan benda-benda dari bagasi mobil yang memberi beban berat. Juga pastikan bahwa tekanan seluruh ban sesuai dengan ukuran yang direkomendasikan oleh produsen mobil. Jika mungkin, mintalah seseorang untuk duduk di bangku pengemudi dengan tangki bahan bakar terisi setengah penuh. Selain itu, periksa apakah gerigi pengatur arah sorotan lampu depan sudah berada di posisi nol.

2.    Atur posisi mobil Anda. Parkirkan mobil Anda di jalan yang rata, pada jarak kira-kira 3 m hingga 4,6 m dari tembok yang gelap atau pintu garasi, dengan bagian depan mobil mengarah ke tembok. Jalan aspal atau tempat parkir yang datar adalah tempat yang terbaik.

3.    Nyalakan lampu-lampu depan. Jangan gunakan lampu jauh atau lampu kabut. Berikan tanda garis tengah horizontal dan vertikal pada cahaya sorotan lampu dengan selotip untuk membuat dua tanda “T” pada dinding atau pintu garasi.

4.    Pastikan bahwa posisi kedua lampu rata. Letakkan alat waterpas yang biasa digunakan oleh tukang bangunan di antara dua tanda garis tengah untuk melihat apakah sorotannya rata. Jika tidak rata, gunakan meteran untuk mengukur jarak tanda bagian bawah pada tembok dan turunkan tanda garis tengah yang lainnya pada ketinggian yang sama. Kedua garis tengah ini seharusnya sama rata pada ketinggian tidak lebih dari 1,1 m dari permukaan jalan.

5.    Mundurkan mobil Anda hingga berjarak tepat 7,6 m dari tembok atau pintu garasi. Jangan sekadar memperkirakan jarak ini! Gunakan selotip untuk memastikan bahwa mobil Anda berada pada jarak yang tepat dari tembok tersebut. Matikan lampu-lampunya. Bukalah ring trim lampu-lampu tersebut dan carilah sekrup-sekrupnya. Sekrup-sekrup ini biasanya ditemukan berdekatan dengan lampu tersebut, walaupun beberapa  ada yang dipasangnya pada bagian mesin, di belakang lampu-lampu tersebut. Seharusnya terdapat tanda pengaturan horizontal dan vertikal.

6.    Aturlah posisi setiap lampu secara terpisah. Tutuplah salah satu lampu dengan sebuah kain atau benda lainnya sementara Anda mengatur posisi dan menguji lampu yang lainnya, karena sorotan cahaya yang berbaur dapat menyulitkan Anda membedakan cahaya dari lampu yang satu dengan lampu lainnya. Mintalah bantuan seseorang untuk duduk di bangku pengemudi sementara Anda melakukan pengaturan, untuk menyalakan dan mematikan lampu agar Anda dapat melakukan pengaturan dengan benar.

7.    Putarlah sekrup atau baut bagian atas untuk mengatur bagian yang vertikal. Putaran searah jarum jam seharusnya akan menaikkan posisi lampu tersebut, sementara putaran berlawanan dengan arah jarum jam akan menurunkan posisinya.

8.    Putar sekrup atau baut bagian samping untuk mengatur posisi lampu secara horizontal. Sekarang, pada dasarnya Anda akan melakukan hal yang sama dengan pengaturan ke kanan dan ke kiri. Bagian sorotan cahaya lampu yang paling terang seharusnya ada di bagian kanan pada garis yang vertikal.

9.    Ujilah pengaturan sorotan lampu Anda di jalan. Kemudikan mobil Anda untuk memastikan bahwa lampu-lampu depan mobil Anda telah diatur pada posisi yang benar. Aturlah kembali jika perlu, dengan mengulangi langkah-langkah di atas.

Jika mengalami kesulitan, ada baiknya segera bawa mobil anda ke Bengkel Resmi Toyota Auto2000 terdekat atau untuk daerah Tabanan bisa datang ke Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan Bali atau hubungi nomor telepon 0361-9332000 untuk Booking Service terlebih dahulu.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF