Bikin Gerah, Jangan Malas Periksa Kondisi AC Mobil"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Bikin Gerah, Jangan Malas Periksa Kondisi AC Mobil


Auto2000.co.id – Air Conditioner alias AC merupakan perangkat atau salah satu komponen paling penting dalam mobil. Apalagi di Indonesia sebagai negara tropis.
​​​​​​​
Secara fungsi, sesuai dengan artinya yaitu menyejukkan udara di dalam kabin mobil, sehingga seluruh penumpang yang ada di dalam kabin tidak merasa kepanasan.

Karena memiliki peran penting, maka harus diperhatikan bahwa mengecek dan merawat AC itu sangatlah penting, bahkan wajib!

Jika pemilik mobil cuek-cuek saja, maka suatu hari akan merasakan dampaknya, yaitu embusan udara di dalam kabin menjadi tidak dingin dan ruang kabin menjadi panas.

BACA JUGA : Ini Beda Transmisi CVT dan Matik Konvensional Biasa

Jika tidak mau mengalami hal seperti itu maka tidak ada salahnya untuk rajin mengecek, membersihkan serta melakukan perawatan berkala pada AC mobil. Minimal periksa ketika melakukan servis berkala di bengkel resmi Auto2000.

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat menjelaskan, paling tidak melakukan pemeriksaan pada bagian filter AC, karena bisa cepat kotor, apalagi mobil sering digunakan ke tempat yang banyak sekali debunya.

“Filter udara harus dibersihkan karena kotoran atau debu berpotensi masuk ke dalam sistem pendingin. Jika sudah kotor, bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin lagi,” ungkap Sapta.

Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu mengecek kondisi kondensor dan evaporator karena komponen ini yang paling banyak menyerap debu.

BACA JUGA : Benarkah Kode Produksi Ban Sebagai Tanda Ban Tidak Layak Pakai?

Kalau terlalu banyak kotoran atau debu yang menempel di kedua komponen itu, kinerja AC menjadi tidak maksimal lagi atau suhunya tidak dingin lagi.

“Jika ada masalah dengan AC, sebaiknya dibawa langsung ke bengkel resmi Auto2000 karena akan ditangani langsung oleh teknisi sesuai kompetensinya,” jelas Sapta.

‘Seluruh teknisi Auto2000 sudah tersertifikasi, sehingga mampu menyelesaikan masalah pada mobil Toyota dengan baik dan benar,” tegasnya.

Positifnya, kata dia apabila sering melakukan servis berkala di Auto2000 dan dicek setiap melakukan perawatan rutin maka kinerja AC mobil Toyota Anda bakal selalu optimal.
Share this article
Tanya Tasia