Berapa Lama Usia Ideal Ban Mobil? Benarkah Sampai 10 Tahun?"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Berapa Lama Usia Ideal Ban Mobil? Benarkah Sampai 10 Tahun?


Auto2000.co.id – Sebagian masyarakat mungkin ada yang belum tahu soal usia yang ideal untuk ban mobil. Jika dari pertama diproduksi umurnya ternyata bisa mencapai 10 tahun.
​​​​​​​
Tapi lain jika sudah digunakan, apalagi dengan intensitas yang lumayan berat, otomatis permukaan atau telapak ban tersebut menjadi cepat habis.

Jadi intensitas pemakaian mobil bisa menjadi faktor penyebab umur ban menjadi lebih singkat. Belum lagi faktor cuaca seperti hujan dan panas ikut mempengaruhi, hingga kesalahan spooring balancing dapat membuat permukaan ban cepat aus.

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat mengatakan, jika pada umumnya mobil yang sering dipakai maka usia bannya relatif lebih cepat, yakni sekitar 2 hingga 3 tahun.

BACA JUGA : Benarkah Kode Produksi Ban Sebagai Tanda Ban Tidak Layak Pakai?

Asalkan dengan catatan, tekanan udara pada ban tersebut selalu sesuai dengan yang sudah direkomendasikan oleh produsen.

Anda bisa melihat di daun pintu bagian pengemudi terdapat stiker bertuliskan ukuran tekanan angin untuk ban depan dan belakang mobil. Antara diisi pengemudi saja dan full muatan.

“Kalau selalu mengikuti aturan itu mungkin bisa lebih awet lagi, karena kurang atau kelebihan tekanan angin juga bisa menjadikan permukaan ban menjadi cepat habis,” kata Sapta belum lama ini di Jakarta.

Sapta melanjutkan, pada intinya ban tersebut sudah harus diganti atau belum bisa dilihat dari kondisi fisik ban itu sendiri.

BACA JUGA : Waspadalah, Ini Sebab dan Cara Mengatasi Aquaplaning

Apabila permukaannya sudah mulau gundul maka sebaiknya langsung diganti jangan menunggu ban tersebut bocor, karena untuk menjaga keamanan dan keselamatan bersama.

“Kalau sudah gundul seperti itu sangat rawan sekali ban tersebut meletus. Jadi sebaiknya jangan mengikuti patokan usia yang ideal, tetapi melihat kondisi fisik dari bannya itu sendiri,” jelas Sapta.

“Tetapi, kalau mobil jarang dipakai dan permukaan ban masih bagus sampai tiga tahun, sebaiknya cek juga apakah benar-benar masih bagus atau sudah mulai ada yang retak-retak karetnya,” tegasnya.

Share this article
Tanya Tasia