LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Bentuknya Yang Kecil Kerap Diremehkan Nyatanya Punya Peran Penting Bagi Mobil

Umumnya setiap ban mobil sudah dilengkapi dengan penutup udara yang kerap disebut tutup pentil alias valve caps. Para pemilik kendaraan pun kerap menganggap remeh keberadaan perangkat kecil ini. Bahkan tidak sedikit yang tidak sadar bahwa tutup pentil mereka sudah hilang. Padahal, kehilangan pentil bisa membawa kerugian bagi Anda. Kenapa? Nah berikut kami bahas seberapa penting sih sebenarnya tutup pentil ban itu.

Pertama perlu diketahui jika fungsi utama tutup pentil adalah bakal mencegah udara di dalam ban agar tidak keluar dari celah kecil pada katup pentil. Dengan begitu, kemungkinan ban tiba-tiba kehabisan udara tanpa sebab kebocoran tidak akan terjadi, apalagi pada kendaraan yang jarang digunakan.

Fungsi berikut dari valve caps adalah mencegah debu atau air masuk ke dalam bagian dalam ban atau ke dalam pelek jika sudah pakai tubeless. Lapisan karet di dalam tutup pentil berfungsi sebagai penyumbat supaya air dan debu agar tidak masuk.

Nah jika sekarang anda sudah paham pentingnya tutup pentil, sebaiknya mulai memperhatikan keberadaan si kecil yang sering luput dari penglihatan itu. Satu lagi, anda sebaiknya menggunakan valve caps yang berbahan plastik dan hindari bahan metal.

Kenapa? Ini dikarenakan material besi atau metal lainnya bisa memberikan dampak buruk. Faktanya metal merupakan sasaran empuk buat korosi yang menyebabkan karat. Bahayanya adalah jika tutup pentil sudah terkena karat, maka ada kemungkinan drat pentil juga bisa terjangkit karat.

Untuk itu, jangan sekali – kali sepelekan apabila melihat tutup pentil ban mobil anda tidak ada.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia