LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Benarkah Kode Produksi Ban Sebagai Tanda Ban Tidak Layak Pakai?

Auto2000.co.id

Ban memiliki kode produksi yang dicetak di dinding ban. Kode produksi tersebut umumnya dicetak menggunakan empat angka untuk memudahkan Anda membacanya.
Sederhananya, dua angka di depan menandakan minggu, dan dua lagi menandakan tahun pembuatan ban mobil.
Contoh seperti “1216”, angka 12 berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke-12 tahun tersebut, sementara dua angka di belakang yaitu 16 adalah tahun pembuatan, yakni 2016.
Tapi kode produksi tersebut tidak ada kaitannya dengan kedaluwarsa atau habisnya jangka waktu ban. Hal itu hanya berfungsi sebagai tanda produksi untuk kepentingan internal perusahaan dan memberikan Anda informasi waktu pembuatannya.
BACA JUGA : Sambut Tahun Baru Imlek, Auto2000 Punya Banyak Program Promo Memikat

Pada semua ban, kode produksi wajib ada karena merupakan aturan internasional. Keberadaan kode produksi dibutuhkan sebagai sebuah note production dari perusahaan ban yang memproduksinya dan standar lulus SNI di Indonesia.
Hal ini penting untuk mengidentifikasi ban bila sewaktu-waktu ada masalah dalam hal kualitas.
Contoh, bila ternyata ban tidak lulus quality control atau ada masalah saat dipakai konsumen, tinggal dipantau dari kode produksinya saja sehingga tidak harus sampai melakukan pengecekan ribuan ban yang sudah diproduksi.
Selain itu, kode produksi tersebut bisa menandakan habisnya masa jaminan ban dari pihak pabrikan kepada konsumen. Biasanya masa jaminan itu akan hangus dalam masa lima tahun sejak ban tersebut diproduksi.
BACA JUGA : Ini 5 Alasan Motivator Terkenal Merry Riana Beli Toyota Alphard di Auto2000

Contoh bila kodenya “0414”, artinya pada minggu ke 4 di tahun 2014 ban tersebut diproduksi. Bila saat ini sudah bulan Februari 2019, artinya masa berlaku garansi ban tersebut sudah habis karena usianya sudah lebih dari 5 tahun di bulan Januari 2019 silam.
Tapi perlu dicatat, itu bukan berarti ban telah melewati masa kedaluwarsa. Selama ban itu masih dalam kondisi baik, maka tidak masalah meski masa jaminan dari produsen telah habis.
Anda tetap bisa menggunakan ban yang sudah terpasang di mobil tersebut meski sudah lewat dari 5 tahun sepanjang kondisi fisiknya, baik telapak dan dinding ban, masih layak pakai.
Masalahnya justru pada ban yang dijual. Meski tak memiliki kedaluwarsa dan hanya disimpan di gudang, namun ban bisa mengalami kerusakan.
BACA JUGA : Viral! Ada Petani Beli Toyota Rush Pakai Uang Logam Receh Rp 40 Juta

Faktor penyebabnya bisa beragam. Mulai dari kurangnya perawatan, proses penyimpanan yang tidak layak, hingga penanganan ban yang tidak sesuai prosedur sehingga ban mengalami perubahan bentuk atau rusak.
Kerusakan yang timbul kerapkali tidak terlihat oleh mata dan baru menjadi masalah saat digunakan. Dan itu jelas sangat merugikan untuk Anda yang sudah terlanjur membeli dan menggunakannya.
Jadi untuk amannya memang lebih baik membeli ban yang kode produksinya masih kecil atau di tahun yang sama dengan pembelian, paling maksimal usianya sekitar 2 tahun dari kode produksi.
Asumsinya adalah, penggunaan ban normal memakan waktu sekitar 2 hingga 3 tahun. Artinya, ban mobil Toyota Anda masih dalam masa garansi produsen ban.
BACA JUGA : Ini Alasan Anda Dilarang Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras

Supaya tidak repot dan pasti mendapatkan ban asli berusia muda yang sesuai peruntukan, Anda bisa mendatangi dealer resmi Auto2000 untuk melakukan pembelian ban baru.
Auto2000 menjamin proses penanganan, perawatan hingga penyimpanan yang sesuai dengan standar prosedur sehingga mereduksi risiko ban rusak sebelum dipakai. Pun ban dijamin asli dan memiliki garansi sesuai ketetapan pembuat ban.
Ditambah dengan melakukan servis berkala ban mobil di bengkel resmi Auto2000, kondisi ban mobil Anda akan selalu terjaga optimal sehingga meminimalkan potensi kerusakan fisik yang bisa membahayakan keselamatan berkendara.

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF