LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Benarkah Isi Daya Baterai Ponsel Bikin Aki Cepat Soak?

Auto2000.co.id

Anda mungkin pernah mendengar pernyataan yang mengatakan kalau sering mengisi daya baterai ponsel di mobil, bisa bikin aki menjadi cepat soak.
Mungkin maksudnya, umur aki yang seharusnya bisa bertahan sekitar lebih dari dua tahun, bisa lebih cepat habis karena perilaku tersebut. Benarkah?
Pada dasarnya, Anda tidak perlu takut kalau aki mobil menjadi cepat habis karena sering isi ulang baterai atau mengecas ponsel di mobil.
Sebab, menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, tidak masalah asalkan pengisian dari alternator ke aki berjalan dengan normal.
BACA JUGA : Sambut Tahun Baru Imlek, Auto2000 Punya Banyak Program Promo Memikat
“Jadi untuk mengecas ponsel di mobil sebenarnya tidak akan membuat aki menjadi cepat habis. Kalau pengisian aki berjalan normal dari alternator, maka dayanya akan terisi terus,” ungkap Sapta di Jakarta.
Menurut Sapta, secara fungsi aki terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai starter (electric starter), supply kelistrikan (lampu, klakson, signal, ECU, dll), dan penstabilan tegangan untuk melindungi alat-alat kelistrikan.
Dikarenakan aki adalah salah satu bagian vital pada kendaraan bermotor, maka aki sangat perlu diperhatikan. Terkadang para pemilik mobil suka lupa untuk melakukan perawatan.
BACA JUGA : Ini Alasan Anda Dilarang Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras
Dalam merawat aki sebenarnya gampang-gampang susah. Tetapi wajib diperhatikan dan dilakukan perawatan agar secara fungsi bisa berjalan dengan normal.
Paling utama adalah menjaga tegangan (voltage accu) di 12 Volt dengan cara tidak menambah beban standar pada aki standar atau bawaan mobil.
Contohnya, penambahan sistem audio yang berlebihan. Selain itu, ketika berhenti dan parkir, pastikan lampu-lampu kendaraan semuanya dalam keadaan mati.
BACA JUGA : Amazing! Ini 5 Fakta Keunggulan All New Camry Yang Bikin Anda Kagum
Selanjutnya, apabila kendaraan lama tidak digunakan, pastikan setiap tiga hari mobil dinyalakan kira-kira 5 menit agar aki mendapatkan pengisian (charge) dari alternator.
Perhatikan juga untuk selalu membersihkan terminal accu dari kotoran. Bisa menggunakan air panas, kemudian dilap sampai kering. Terakhir, melepas kabel aki saat mobil tidak digunakan dalam jangka waktu lama.
“Jadi bukan karena sering mengecas ponsel aki itu cepat habis, tetapi lebih karena tidak dirawat oleh sang pemilik,” tutup Sapta.

Toyota

Harga Toyota Supra Untuk harga memang harga Toyota Supra tergolong sangat mahal. Untuk sekarang yang dirilis adalah 1 varian yaitu hanya varian GR SUPRA 3.0 L A/T, dan untuk varian ini bernilai Rp. 1,995,000.00.

Share this article
Tanya Tasia