LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Begini Teknik Bawa Mobil Matik Lewati Genangan Air Banjir

Mobil ini di pasarkan pertama kali di era 80-an, mobil ini memang di gunakan sebagai kendaraan transportasi umum karena mampu menampung banyak penumpang.

Mobil ini sebuah kendaraan commuter yang banyak di gunakan untuk kegiatan komersial. Kemewahan mobil ini pun tidak hanya di dapatkan pada bagian luar tetapi juga di dalam mobil dibuat cukup mewah dan nyaman untuk penumpang yang menggunakannya.

Anda pemilik usaha travel? Ini 5 Alasan yang membuat Anda makin mantap memilih Toyota Hiace sebagai mobil travel Anda.

1. Desain Mewah Dan Elegan

Mobil ini pada bagian depannya bisa di bilang ingin menampilkan sisi gagah dan mewah yang dimilikinya. Headlamp desain yang cukup mewah bagi yang melihatnya. Fog lamp di bagian front bumper juga terpasang cukup rapih dan sesuai dengan bentukan dari wajah Toyota Hiace ini.

2. Body Samping Boxy

Pada samping mobil ini kita melihat kesan boxy dari mobil ini yang memang cukup jelas kita lihat. Pada jendela yang besar juga memudahkan penumpang untuk melihat kondisi di luar kendaraan. Untuk bagian pintu sendiri, mobil ini menggunakan pintu tipe sliding sehingga nampak lebih mewah dibandingkan dengan pesaingnya. Untuk bagian belakang pun tidak terlalu special dari mobil ini. Tampilannya sendiri pun cukup sederhana dengan stop lamp di bagian jendela dan juga rear wiper.

3. Interior Mewah

Formasi tempat duduknya pun memiliki kabin yang cukup luas untuk bergerak side pocket untuk setiap penumpang. Dan untuk atapnya pun tinggi serta jarak tempat duduk yang cukup lapang akan membuat anda cukup nyaman selama di dalam perjalanan.

4. Dashboard Simple & Elegan

Pada desain dashboard bagian tengah terdapat layar sentuh dengan ukuran 6 inch yang terdapat fitur-fitur penunjang seperti USB Port, Radio, iPod Ready, Bluetooth, AUX, dan CD/DVD Player. Dibagian AC Control yang terdapat fitur Climate Control yang memang sengaja dihadirkan untuk mengatur suhu kabin mobil secara mudah.

Fitur AC Control ini ditunjang dengan adanya lubang angin yang cukup banyak sehingga udara kesejukan dalam kabin akan terasa semakin maksimal. Kemudi Setir pada mobil Toyota Hiace ini sudah menggunakan Electronic Power Steering sehingga pengemudi bisa mengendalikan setir kemudi nya menjadi lebih mudah.

5. Kursi Penumpang yang Nyaman

Kursi penumpangnya pun cukup nyaman dan aman dengan seatbelt untuk setiap penumpang serta tempat menyimpan juga pada bagian samping kursi.

Informasi spesifikasi product dan promo silahkan kunjungi Dealer Resmi Toyota Auto2000 Tabanan di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan – Bali atau hubungi 0361-9332000. Wiraniaga kami siap melayani Anda.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000


Auto2000.co.id – Sampai saat ini kondisi cuaca masih belum menentu. Angin kencang serta curah hujan yang tinggi masih kerap terjadi di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta.

Kondisi ini tentu menuntut pengendara mobil lebih waspada saat berkendara, terlebih bagi yang menggunakan transmisi otomatis. Ketika dihadapi situasi harus melewati banjir, ada trik khusus yang harus diperhatikan agar mobil lancar melewatinya.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, menjelaskan gaya berkendara saat bawa mobil matik dan manual ketika melewati genangan air sangat berbeda. Perlu keahlian khusus mengoperasikan mobil matik supaya tetap aman.

“Paling utama adalah jangan sampai panik dulu. Tetap fokus dan jaga putaran mesin,” kata Suparna beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : Masuk Musim Hujan, Pastikan 7 Komponen Mobil Ini Dalam Kondisi Baik
Supaya Anda Tenang di Jalan

“Bila baru akan melewati, pertama-tama pastikan ketinggian air tidak terlalu dalam, minimal setengah roda, lebih dari itu lebih baik jangan dilewati,” tegasnya.

Ketinggian air yang lebih dari roda akan berisiko air masuk ke dalam mobil, ini juga berlaku untuk mobil bertransmisi manual.

Setelah memastikan air masih bisa dilewati, pengendara mobil matik baiknya memindahkan tuas transmisi menggunakan gigi rendah.

“Mudahnya, sebelum melewati genangan atau banjir, lihat dulu mobil lain yang melintas di lokasi yang sama, perhatikan juga apakah ada lubang yang membuat ketinggian air berbeda.
Bila sudah yakin, baru jalan,” katanya.

BACA JUGA : Dapat Oli Gratis, Ini Sebab Servis Berkala di Bengkel Auto2000 Penting

Pada mobil matik konvensional, arahkan tuas transmisi ke posisi L atau 1. Suparna mengingatkan agar transmisi tidak dipindah selama melewati genangan air agar kecepatan mobil bisa terjaga serta putaran mesin tetap bertahan.

Tujuannya agar sisa gas buang yang keluar dari knalpot bisa menahan laju air masuk ke dalam ruang mesin lewat jalur pembuangan.

Jangan lupa untuk mengatur jarak berkendara dengan mobil depan, karena bila terlalu dekat maka pengendara akan menginjak rem dan membuat rpm turun.

Ketika pedal gas kembali ditekan, tenaga akan turun dan bisa berbahaya bila sudah dalam genangan air karena mobil bisa kehilangan momentum.

BACA JUGA : Ini Daftar Promo Servis Berkala Bengkel Auto2000 Yang Kasih Oli TMO Gratis
Sebenarnya ada cara lain untuk menjaga rpm tetap pada putaran tertentu pada mobil matik,
yakni dengan menekan pedal gas dan rem secara bersamaan.

Teknik ini kerap dinamakan stall speed, tapi Suparna tidak menganjurkan pemilik mobil matik menggunakan teknik tersebut karena berisiko menimbulkan kerusakan.

“Teknik ini memang ampuh, tapi juga berisiko. Saya sendiri tidak menyarankan pengguna mobil matik Toyota menggunakan teknik tersebut, karena bisa membuat kerugian,” jelas Suparna.

​​​​​​​“Pertama sudah pasti kampas rem akan cepat haus, begitu juga kampas kopling transmisi otomatis,” tutupnya.

Share this article
Tanya Tasia